
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA
Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Game Edukasi ICANDO di Sekolah Dasar
Reference :
Bahri, S., & Wahdian, A. (2021). Penguatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui game edukasi ICANDO di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 23-41.
Aplikasi game edukasi ICANDO memberikan pengalaman baru bagi siswa sekolah dasar dalam mempelajari nilai-nilai pendidikan karakter
Memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menanamkan nilai-nilai untuk membentuk anak yang berkarakter
Menguatkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam diri siswa lewat sistem belajar sambil bermain melalui konten games edukatif, video, dan buku cerita
Penuh dengan nilai-nilai karakter, di antaranya percaya diri, hormat dan santun kepada orang tua, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu

PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2021)
Pemanfaatan Aplikasi ICANDO bagi Guru sebagai Inovasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Bintang Ceria Jakarta Pusat
Reference :
Hasanah, H., & Akhlak, F. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi ICANDO bagi guru. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 52-77.
Memudahkan guru dalam merencanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi peserta didik
Memfasilitasi proses pembelajaran yang efektif dan interaktif bagi peserta didik melalui aktivitas pembelajaran berupa games
Membantu guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran siswa dengan lebih sistematis dan komprehensif
Mempermudah guru untuk membangun diskusi yang intens dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
PROSIDING SEMNASLIT LPPM UMJ 2020
Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi
Reference :
Damayanti, A., Suradika, A. and Asmas, T., 2020. Strategi mengurangi kejenuhan anak dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui aplikasi ICANDO pada siswa kelas I SDN Pondok Pinang 08 pagi. In: Seminar Nasional Penelitian 2020. [online] Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Survei Mengenai ICANDO
Hasil survei pada 32 siswa di salah satu sekolah mengenai ICANDO, menunjukkan:
85 %
27 siswa
Mengatakan bahwa ICANDO memiliki tampilan menarik dan penyampaian materi yang kreatif.
85 %
27 siswa
Mengatakan bahwa ICANDO dapat mengurangi rasa kejenuhan saat belajar.
86 %
28 siswa
Mengatakan bahwa mereka sangat bersemangat saat belajar dengan menggunakan ICANDO.
85 %
27 siswa
Mengatakan bahwa mereka senang saat memakai aplikasi ICANDO saat belajar.
86 %
28 siswa
Mengatakan bahwa aplikasi ICANDO membuat mereka mudah memahami materi yang dipelajari.
91 %
29 siswa
Mengatakan bahwa aplikasi ICANDO sangat mudah digunakan saat proses pembelajaran.
91 %
29 siswa
Mengatakan bahwa merasa puas setelah memakai aplikasi ICANDO untuk belajar.

International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding
Vol 7, No 6 (2020)
Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation
Reference :
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in COVID-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491.
Belajar Jarak Jauh
ICANDO sebagai salah satu swasta memberikan kemudahan bagi siswa untuk belajar jarak jauh dengan menggunakan ponsel pintar (smartphone).
Mudah Untuk Guru
Sekolah dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ICANDO untuk memudahkan pekerjaan guru, sehingga dapat memberikan pengajaran yang terbaik saat pembelajaran jarak jauh.