Tips & Trik

8 Tips untuk Merawat Rambut Anak agar Sehat dan Berkilau

Admin ICANDO27 Apr 2021

Penampilan rambut anak memang terlihat sederhana, tetapi merawatnya tidak bisa sembarangan. Ayah dan Ibu harus berhati-hati, sebab rambut anak-anak lebih halus dan tipis daripada rambut orang dewasa.

Rambut anak tidak bisa mendapat perlakuan yang sama dengan rambut orang dewasa. Banyak yang harus diperhatikan. Mulai dari produk yang dipakai, sampai cara perawatannya. Perawatan yang salah dapat menyebabkan rambut kusut, bahkan kerusakan pada rambut.

Nah, untuk menghindari kerusakan pada rambut, penting bagi Ayah dan Ibu untuk mengetahui cara merawatnya dengan baik, serta membiasakannya pada si Kecil. Berikut adalah 8 tips untuk merawat rambut anak agar sehat dan berkilau.

1. Kenali jenis rambut si Kecil

Hal yang paling penting untuk mengetahui perawatan rambut yang tepat untuk anak adalah dengan mengenal jenis rambutnya. Jenis rambut sangat berpengaruh seberapa sering anak keramas. Jika rambut si Kecil cenderung berminyak, frekuensi keramasnya juga lebih sering daripada yang berambut kering.

2. Gunakan sampo dengan pH netral

Jenis sampo yang paling aman untuk bayi dan anak-anak adalah sampo dengan pH netral, yaitu sampo yang tidak mengandung sabun atau alkohol. Selain membantu melindungi kulit kepala anak, jenis sampo ini juga tidak perih jika tidak sengaja terkena mata.

Keunggulan lainnya adalah, sampo dengan pH netral tidak meninggalkan residu pada kulit kepala anak yang dapat meyebabkan ketombe.

3. Keramas dengan air dingin

Ketika mengeramasi si Kecil, gunakanlah air dingin. Jika si Kecil tidak suka menggunakan air dingin, maka gunakanlah air hangat. Pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas ya, Ayah dan Ibu. Air yang terlalu panas dapat merusak kulit kepala si Kecil.

4. Menghilangkan kusut tanpa merusak rambut

Kadang rambut anak dapat menjadi kusut. Hal ini bisa menjadi sangat merepotkan karena kita tidak mau merusak rambut si Kecil ketika sedang menguraikannya.

Ayah dan Ibu dapat menggunakan sisir yang bergigi jarang untuk mengurai rambut kusut si Kecil. Mulailah dari bawah rambut terlebih dahulu, apalagi jika rambutnya panjang. Jika masih kusut juga, sisirlah ketika sedang keramas dengan menggunakan kondisioner. Pastikan kondisionernya memang untuk anak-anak ya, Ayah dan Ibu.

5. Menyisir setiap hari

Untuk menghindari rambut kusut, sisirlah rambut si Kecil setiap hari di saat pagi dan malam. Ajari juga padanya untuk melakukan kebiasaan ini setiap hari. 

Jangan lupa untuk menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut anak. Jika rambut si Kecil keriting, gunakan sisir yang bergigi lebih jarang. Sebaliknya, jika rambutnya lurus gunakan sisir yang giginya lebih rapat. Namun, jangan menggunakan sisir yang giginya terlalu rapat karena dapat merusak rambut.

6. Memotong rambut secara rutin

Potong rambut secara rutin untuk menjaga rambut anak tetap sehat. Memotong rambut secara rutin dapat mengurangi rambut bercabang, sehingga rambut si Kecil dapat tumbuh dengan sehat.

7. Hindari parfum dan bedak pada rambut

Hindari penggunaan parfum dan bedak pada rambut anak-anak. Sebab, anak-anak dapat menghirup bedak dan alkohol yang terkandung dalam parfum yang dapat berbahaya bagi pernapasan mereka.

8. Gunakan produk rambut yang tidak mengandung alkohol

Jika Ayah dan Ibu suka menata rambut si Kecil dengan produk-produk tertentu, pilihlah produk yang tidak mengandung parfum dan alkohol. 

Nah, setelah mengetahui tips-tips di atas, jangan lupa mengajari si Kecil untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan ini agar ia juga terbiasa untuk kesehatan rambutnya sendiri.

Mengajari kebiasaan-kebiasaan baik dapat berdampak baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Ayah dan Ibu dapat mengajari si Kecil kebiasaan-kebiasaan baik dengan cara yang seru melalui aplikasi pendidikan anak ICANDO, lho! 

Selain itu, aplikasi ICANDO memiliki beragam mini games yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga edukatif. Yuk, download game anak ICANDO sekarang!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel