Parenting

6 Tata Cara Makan (Table Manner) Dasar yang Wajib Diajarkan Sejak Dini

Admin ICANDO27 May 2021

Tata cara makan atau table manner sangat penting untuk dimiliki. Karena jika tidak mempunyai etiket makan yang baik si Kecil bisa dicap tidak santun. Table manner sebaiknya diajari sejak dini agar si Kecil terbiasa. Kebiasaan yang dilakukan si Kecil sejak dini akan terbawa sampai dia dewasa kelak. 

Tapi, sulit tidak ya mengajari si Kecil table manner? Kami punya 6 tips ajari si Kecil tata cara makan (table manner) sejak dini. Ayah dan Ibu bisa mulai dari tips-tips ini.

1. Biasakan si Kecil mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

Mencuci tangan sebelum makan memang sesuatu yang sederhana namun banyak orang yang mengabaikannya. Padahal kebersihan saat makan merupakan hal yang penting. Tangan kotor bisa membawa penyakit. Terlebih lagi saat pandemi COVID-19 sekarang. Jika tidak mencuci tangan, bisa-bisa si Kecil terjangkit virus.

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) cuci tangan yang baik adalah 20 detik. Tuntunlah anak agar mencuci tangan dengan benar. Ibu juga bisa menyanyikan lagu kesukaan si Kecil agar kebiasaan ini menyenangkan.

2. Singkirkan gadget dan mainan dari atas meja

Banyak orang tua yang malah memberikan gadget atau mainan agar si Kecil diam dan mau makan. Hal ini justru akan merusak kedekatan yang seharusnya dimiliki anak dan keluarga saat makan bersama. Biasakan si Kecil untuk menyingkirkan gadget dan mainan sejenak dari atas meja. Ajari si Kecil untuk tenang dan hanya fokus untuk makan.

3. Jangan berbicara sambil mengunyah

Makan bersama kerap dijadikan momen berkumpul bersama keluarga. Tanya si Kecil bagaimana kabarnya hari itu, kegiatan apa saja yang dilakukannya di sekolah, atau mungkin kejadian lucu yang dia alami. 

Dorong si Kecil untuk berbicara apa pun. Namun, hal yang perlu Ayah dan Ibu ajari adalah jangan berbicara sambil mengunyah. Karena makanan bisa muncrat atau si Kecil bisa tersedak. Ajari untuk berbicara setelah selesai megunyah dan menelan makanan.

4. Ajari meminta tolong dengan sopan saat menginginkan sesuatu

Kadang kala saat makan ingin menambahkan saus, garam, atau makanan lain yang ada di meja. Jika si Kecil kesulitan menggapai sesuatu di meja, biasakan dia untuk minta tolong kepada orang yang berada di dekat makanan tersebut. Latih si Kecil cara minta tolong yang sopan dan juga mengucapkan terima kasih setelahnya. 

5. Ajari penggunaan alat makan

Ada berbagai macam alat makan mulai dari piring, mangkuk, sendok, garpu, sendok sup, dan lain-lain. Perkenalkan si Kecil kepada alat makan dan fungsinya, serta beri contoh cara pemakaiannya. Hal ini sudah bisa diajarkan sejak dini. Cara penggunaan alat makan ini akan sangat berguna untuk si Kecil di masa depan, lho.

6. Jangan mencela makanan

Apakah anakmu termasuk yang suka pilih-pilih makanan? Hati-hati jika suatu saat si Kecil akan berkomentar negatif tentang makanan yang disajikan di rumah saudara atau kerabat. Mereka bisa tersinggung. 

Mulai dari sekarang alangkah baiknya ajari si Kecil untuk tidak berkomentar saat makanan disajikan. Tunda sampai jam makan selesai. Dan jika ingin tetap mengkritik, ajari juga untuk pakai bahasa yang santun. Hal ini guna memberi pemahaman kepada si Kecil untuk menghargai orang yang sudah susah payah masak untuknya.

Itu dia 6 tips mengajari si Kecil table manner sejak dini. Mengajarkan tata cara makan kepada si Kecil memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, hal ini akan sangat bermanfaat bagi masa depannya kelak. Jangan lupa dipraktikkan, ya!

Untuk mengajarkan si Kecil berbagai kebiasaan baiknya, Ayah dan Ibu bisa menggunakan aplikasi pendidikan ICANDO. Di dalamnya terdapat games yang dapat mengasah berbagai kemampuan anak seperti berhitung, bahasa, menggambar, dan lainnya. Yuk, download ICANDO sekarang juga!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel