Rekomendasi

Mari Mengenal Seni Melipat Kertas (Origami) Bersama si Kecil!

Admin ICANDO13 Jun 2021

Ayah dan Ibu biasanya sudah tidak asing dengan pemandangan si Kecil sibuk mencoret-coret kertas dengan pensil atau krayon, bukan? Kegiatan seru si Kecil yang satu ini memang seakan sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Tapi, pernahkah Ayah dan Ibu mengajak si Kecil bermain kertas lipat atau origami? 

Permainan melipat kertas memang tidak hanya seru, tapi juga bisa sekaligus mengasah motorik dan sensorik si Kecil, lho. Selain itu, si Kecil juga bisa belajar tentang ketelitian dan kerapian. Ayah dan Ibu pun bisa ikut berimajinasi bersama si Kecil, untuk menghasilkan bentuk burung, ngengat, perahu, bunga, dan lain sebagainya. 

Nah, sebelum mulai mengajak si Kecil bermain melipat kertas, yuk, Ayah dan Ibu simak dulu informasi tentang seni melipat kertas (origami) berikut ini.

Pengertian Seni Melipat Kertas atau Origami

Ada beberapa pengertian dari seni melipat kertas atau origami yang perlu Ayah dan Ibu tahu. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menurut KBBI, origami merupakan sebuah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang.
  • Menurut situs web jurnal hasil riset Hira Karmachela (2008), menyebutkan bahwa origami berasal dari bahasa Jepang. Yaitu kata “ori” yang memiliki arti “melipat” dan kata “kami” yang memiliki arti “kertas”. Sehingga ketika digabungkan, berubah menjadi origami yang berarti melipat kertas.
  • Masih dilansir dari situs yang sama, menurut Dr. Sumanto (2006) origami merupakan sebuah teknik karya seni/kerajinan tangan yang dibuat dari bahan kertas. Tujuannya, untuk menghasilkan aneka bentuk mainan, benda, hiasan, alat peraga, fungsional, dan kreasi seni lainnya.

Kesimpulannya, seni melipat kertas atau origami merupakan sebuah seni dari Jepang, yang pada umumnya dibuat dari kertas. Tujuannya, untuk menghasilkan model-model objek sesuai dengan imajinasi si pembuat.

Sejarah seni melipat kertas

Seni melipat kertas atau origami tidak terlepas dari bahan yang digunakan, yaitu kertas.  Melansir dari Kompas.com bahwa Isao Honda, dalam bukunya The World Of Origami (1965) mengungkapkan sejarah origami, sebagai berikut:

  1. Origami diperkirakan mulai dikenal sejak manusia mulai memproduksi bahan kertas. Nah, produksi kertas ini terjadi di Tiongkok (China) pada abad pertama (sekitar tahun 105 Masehi).
  2. Setelah itu di abad ke-6, orang-orang Arab membawa cara pembuatan kertas ke Spanyol. Lalu pada tahun 610 Masehi, seni origami dibawa ke Jepang oleh Doncho (Dokyo), seorang biksu Budha dari Goguryeo (semenanjung Korea).
  3. Doncho (Dokyo) kemudian mulai memperkenalkan bagaimana kertas dan juga tinta pada masyarakat Jepang. Ini terjadi pada masa pemerintahan Kaisar wanita yaitu Suiko. Sejak itulah, origami pun menjadi dikenal oleh masyarakat Jepang, sampai saat ini secara turun-temurun.

Fakta-fakta menarik tentang seni melipat kertas

Seni melipat kertas sebenarnya bukan benar-benar berasal dari Jepang

Seperti yang terangkum dalam sejarahnya, seni melipat kertas atau origami memang bukan benar-benar berasal dari Jepang. Tapi berasal dari bangsa China, dan berkaitan dengan adanya penemuan kertas. 

Seni melipat kertas digunakan sebagai bagian dari ritual keagamaan

Pertama kalinya seni melipat kertas muncul adalah hanya sebagai bagian dari ritual keagamaan. Di mana menurut kepercayaan Shinto ketika memohon pada Dewa. Bentuk kupu-kupu yang dibuat dari origami, digunakan sebagai adat pernikahan yang melambangkan kedua pengantin.

Adanya desain modern pada seni melipat kertas merupakan pengaruh dari bangsa Eropa

Desain-desain modern yang dikenal sampai sekarang, merupakan pengaruh yang diberikan oleh bangsa Eropa. Bangsa Eropa memperkenalkan teknik baru origami dengan cara yang lebih mudah diikuti oleh anak-anak.

Seni melipat kertas merupakan seni tanpa memotong atau menyobek

Keunggulan dari kesenian ini adalah tanpa memotong dan menyobek tetap mampu membentuk suatu objek yang diinginkan. Mulai dari bentuk hewan, tumbuhan, bahkan karakter kartun. 

Manfaat Seni Melipat Kertas Bagi Perkembangan Si Kecil

1. Membantu melatih kemampuan berpikir si Kecil

Seni melipat kertas (origami) bisa digunakan oleh Ayah dan Ibu di rumah dan Bunda dan Yanda Guru di sekolah untuk melatih kemampuan si Kecil dalam berpikir. Bermain melipat kertas, akan membuat si Kecil berpikir tentang bermacam bentuk yang akan dibuat dari kertas yang tersedia. 

Meski contoh dan petunjuknya tersedia, si Kecil biasanya akan tetap harus berpikir tentang bagaimana cara melipat kertas yang benar. Seringkali petunjuk yang ada pun cukup sulit untuk dilakukan atau diikuti. Sehingga si Kecil tetap dituntut untuk mengasah kemampuan otaknya dan kemampuannya untuk berpikir.

2. Mengajarkan si Kecil untuk memecahkan masalah

Selain meningkatkan kemampuan berpikir, seni melipat kertas juga bisa mengajarkan si Kecil untuk menemukan solusi atas permasalahannya. Ketika si Kecil mencoba membuat suatu bentuk, biasanya ia juga akan menemukan kegagalan. Tapi, tentu saja dengan contoh yang ada, si Kecil akan terus berusaha untuk menemukan solusi dari kegagalannya. Sehingga, mampu membentuk kertas menjadi bentuk yang ia inginkan.

3. Meningkatkan ketekunan dan ketelitian

Ketika si Kecil bermain membentuk kertas lipat, maka ia juga sedang belajar tentang ketekunan dan ketelitian. Di mana untuk bisa membentuk suatu objek, maka perlu ada tahapan yang sesuai dengan petunjuknya. 

Nah, jika si Kecil terbiasa  membuat objek origami dengan cara tersebut, maka ia pun akan terbiasa melakukan kegiatan lainnya dengan cara yang sama.

4. Melatih kemampuan untuk mengikuti arahan

Pada permainan melipat kertas, biasanya disediakan petunjuk berupa gambar atau diagram, agar tahapannya semakin jelas. Ketika si Kecil mencoba untuk membuat suatu bentuk dengan mengikuti petunjuk tersebut, maka ia pun belajar tentang bagaimana mengikuti arahan dengan baik dan benar.

5. Mengasah daya ingat dan imajinasi

Bermain melipat kertas membutuhkan imajinasi agar bisa membayangkan bentuk objek yang akan dibuat. Jika si Kecil sudah berhasil membuat suatu bentuk yang diinginkan sesuai dengan petunjuknya, maka si Kecil akan mengingat hal tersebut. Nantinya, ketika si Kecil ingin membuat bentuk yang sama, ia akan menggunakan imajinasi dan daya ingatnya.

6. Sebagai sarana menyalurkan minat seni si Kecil

Seni melipat kertas menjadi salah satu bentuk kesenian yang sangat cocok bagi anak. Mengenalkan anak pada seni bisa melalui origami. Membuat berbagai macam bentuk objek, bisa melatih si Kecil untuk berkreasi menghasilkan sebuah karya seni, dengan kreativitas yang dimiliki.

Download Aplikasi ICANDO untuk Pengalaman Lebih Baik

ICANDO adalah aplikasi pendidikan anak yang berbasis game.  Aplikasi ICANDO  dapat digunakan dengan mudah oleh Ayah dan Ibu, Bunda dan Yanda Guru, dan juga si Kecil.  Jadi, jangan tunda untuk download aplikasi pendidikan anak usia dini ICANDO sekarang juga, ya!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel