Rekomendasi

11 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak

Admin ICANDO17 May 2021

Thomas Jefferson, presiden presiden ketiga Amerika Serikat, mengatakan bahwa setidaknya 2 jam dalam sehari harus digunakan untuk berolahraga. Ia memercayai bahwa berolahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan mental.

Membiasakan anak untuk aktif secara fisik sejak dini sangatlah baik untuk tumbuh kembangnya. Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan anak pada olahraga. Selain memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, anak juga dapat belajar tentang kemampuan bekerja sama dalam tim melalui olahraga.

Menemukan olahraga yang cocok untuk si Kecil memanglah tidak mudah. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis olahraga yang cocok untuk diperkenalkan pada anak.

1. Sepak bola

Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang paling populer dan disukai banyak orang, termasuk anak-anak. Bermain sepak bola dapat melatih ketahanan, keseimbangan, dan koordinasi kaki pada anak. Olahraga ini juga dapat mengajari anak tentang kerja sama tim dan disiplin.

2. Renang

Banyak manfaat yang didapatkan dari jenis olahraga ini. Dengan berenang, anak melatih cara mengontrol pernapasan saat berada di dalam air dan perhatian terhadap hal-hal detail seperti saat melakukan gerakan-gerakan tertentu. Berenang juga dapat melatih keberanian si Kecil terhadap kedalaman air.

3. Basket

Basket adalah olahraga yang baik untuk perkembangan otot karena melibatkan seluruh tubuh. Dengan bermain basket, anak belajar tentang kontrol tubuh melalui defense (pertahanan) dan offense (penyerangan). Bermain bola basket juga dapat meningkatkan kemampuan kerja sama tim.

4. Bersepeda

Salah satu cara untuk melatih otot kardiovaskular adalah dengan bersepeda. Secara fisik, bersepedan dapat meningkatkan kekuatan kaki, melatih keseimbangan, dan menurunkan resiko kelebihan berat badan. Selain untuk kesehatan fisik, manfaat bersepeda bagi anak lainnya juga dapat melatih kesabaran dan disiplin anak. 

5. Voli

Bermain bola voli dapat melatih otot lengan atas dan otot perut. Seperti sepak bola dan basket, bermain voli juga dapat melatih kemampuan kerja sama tim dan sosialisasi.

6. Lari

Berlari adalah olahraga yang mudah dilakukan untuk anak. Sebab, untuk memulainya ia tidak perlu mempelajari kemampuan khusus terlebih dahulu. Berlari secara rutin dapat mengembangkan kekuatan paru-paru dan ketahanan tubuh.

7. Gimnastik

Gimnastik adalah olahraga senam yang memiliki manfaat fisik bagi tubuh anak. Olahraga ini dapat melatih keseimbangan dan fleksibilitas pada anak. Selain itu, gimnastik juga melatih keberanian anak untuk belajar melakukan gerakan-gerakan yang berada di luar zona nyamannya.

8. Berjalan

Walaupun berjalan terkesan lebih ringan dibandingkan dengan olahraga-olahraga lainnya, berjalan memiliki banyak manfaat, apalagi jika dilakukan secara jangka panjang. Membiasakan anak untuk berjalan ke sekolah atau ke tempat-tempat yang jaraknya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sangatlah bermanfaat untuk kesehatan.

9. Bela diri

Jika sepak bola, basket, dan voli fokus pada kerja sama tim, bela diri seperti taekwondo, karate, atau judo berfokus pada pertumbuhan individu. Melakukan olahraga bela diri secara rutin dapat melatih kendali diri dan konsentrasi.

10. Panahan

Panahan adalah olahraga yang populer di antara anak-anak. Mereka ingin menjadi pahlawan seperti Katniss Everdeen dari The Hunger Games atau Hawkeye dari the Avengers. Selain terlihat keren, panahan juga meningkatkan stamina, kesabaran, serta kontrol diri.

11. Menari

Menari adalah kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Selain menyenangkan, menari juga membantu anak untuk tetap aktif secara fisik. Anak juga melatih daya ingatnya ketika berusaha menghafalkan gerakan-gerakan.

Nah, banyak sekali ya olahraga yang dapat dikenalkan pada si Kecil? Tidak usah khawatir jika si Kecil tidak menyukai olahraga tertentu. Butuh beberapa kali percobaan untuk menemukan olahraga yang cocok dan disukai oleh si Kecil.

Selain 11 olahraga di atas, ada satu lagi nih jenis olahraga anak yang tidak kalah seru, yaitu senam berirama atau yang biasa kita sebut SKJ. Nah, ICANDO sudah menyiapkan video-video senam dan olahraga anak yang tidak boleh Ayah dan Ibu lewatkan. Yuk, download aplikasi pendidikan anak ICANDO dan dapatkan akses ke ribuan game edukasi serta konten pendidikan anak berkualitas terbaik abad ini!

 

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel