Rekomendasi

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

Admin ICANDO19 Jun 2021

Siapa sih yang tidak kenal dengan permainan petak umpet? Permainan tradisional yang sederhana ini telah dimainkan dari generasi ke generasi di berbagai belahan dunia. Nama dan variasi permainannya juga beragam.

Menurut Britannica, permainan petak umpet pertama kali dideskripsikan oleh penulis asal Yunani Julius Pollux di abad ke-2. Di Yunani modern, permainan petak umpet disebut dengan kryfto.

Permainan ini dimainkan di seluruh dunia dengan nama yang berbeda-beda. Di Spanyol permainan ini disebut el escondite, di Prancis jeu de cache-cache, di Israel machboim, di Korea Selatan sumbaggoggil, dan, di Rumania de-av-ati ascunselea.

Di Indonesia, biasanya permainan ini dimainkan oleh minimal dua orang. Untuk menemukan yang jaga, para pemain memulainya dengan hompimpa. Yang jaga akan menghitung sampai 10, sementara yang lain mencari tempat untuk bersembunyi.

Jika si penjaga menemukan temannya, ia akan berteriak ‘inglo’ sambil menyentuh tempat jaganya. Yang jaga selanjutnya adalah yang pertama ditemukan. Sementara, jika yang bersembunyi menyentuh tempat jaga sebelum si penjaga, maka ia harus menjadi penjaga satu ronde lagi.

Tahukah, Ayah dan Ibu? Ternyata permainan yang telah dimainkan sejak dahulu kala ini dapat mengasah berbagai kemampuan anak, lho!

Nah, berikut adalah 8 manfaat dari bermain permainan petak umpet bagi anak.

1. Mengembangkan daya ingat

Saat bermain, tentu anak berusaha mengingat aturan-aturan apa yang ada di dalam permainan sehingga ia dapat memenangkan permainan tersebut. Nah, pada saat itulah anak mengembangkan kemampuan daya ingatnya.

2. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Untuk menang dalam permainan petak umpet, anak dihadapkan pada berbagai tantangan yang memaksanya untuk berpikir. Misalnya ketika ia harus mencari tempat persembunyian yang tidak bisa ditemukan oleh penjaga, dan bagaimana ia bisa menyelinap ke tempat jaga tanpa ketahuan oleh si penjaga. 

3. Mengembangkan kemampuan sosial

Petak umpet adalah permainan yang dimainkan oleh lebih dari satu orang. Semakin banyak, semakin seru. Saat anak bermain petak umpet, otomatis ia berinteraksi dengan teman-temannya. Anak juga dapat belajar bagaimana cara bekerja dalam tim lewat permainan sederhana ini.

4. Mengenal kontrol impuls

Bermain petak umpet dapat mengajari anak tentang bagaimana mengontrol impuls dengan belajar untuk berpikir sebelum bertindak. Sebab, tindakan yang tidak dipikirkan matang-matang dapat membuatnya kalah dalam permainan.

5. Belajar cara mengontrol emosi

Selain berlajar mengontrol impuls, bermain permainan petak umpet juga dapat membantu belajar cara mengontrol emosi. Saat sedang bersembunyi, mungkin anak merasa takut, tetapi ia harus tetap bersembunyi agar tidak tertangkap.

6. Menstimulasi kemampuan sensorik

Anak belajar merasakan apa yang ada di sekitarnya dengan menggunakan panca indera. Saat bersembunyi, anak secara aktif menggunakan indera pendengarnya, seperti ketika berusaha mendengar apakah ada langkah kaki yang mendekat ke tempat persembunyiannya. Di saat itu juga anak belajar membedakan berbagai jenis suara dan bunyi.

7. Melatih motorik kasar

Permainan ini banyak menggunakan otot-otot besar pada anak. Misalnya ketika anak berlari dan melompat ketika mencari tempat persembunyian atau ketika berusaha menyentuh tempat jaga sebelum si penjaga. 

8. Memberikan kebahagiaan

Dan yang utama adalah, bermain petak umpet dapat memberikan kebahagiaan untuk anak. Ada rasa puas tersendiri ketika ia berhasil memenangkan permainan tersebut yang dapat menghasilkan serotonin pada otak anak.

Ayah dan Ibu juga dapat membantu mengembangkan berbagai kemampuan si Kecil dengan mengenalkannya pada permainan edukasi anak yang ada di aplikasi ICANDO. Terdapat banyak sekali mini games yang seru dan edukatif yang dirancang khusus untuk mengasah kemampuan anak di era digital. Yuk, download aplikasi pendidikan anak ICANDO!

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel