Edukasi

Peran Guru Meningkatkan Keterampilan Abad 21 melalui Pembelajaran Berbasis Game

Admin ICANDO06 May 2021

(05/05) Dalam rangka memeriahkan Hardiknas 2021, ICANDO menyelenggarakan webinar bertajuk “Peran Guru Meningkatkan Keterampilan Abad 21 melalui Pembelajaran Berbasis Game” yang merupakan rangkaian dari Webinar Guru Era Digital. Webinar ini diselenggarakan melalui konferensi video Zoom dan live streaming Youtube dari channel ICANDO Aplikasi Belajar Anak Usia Dini.

Webinar kali ini menghadirkan RM. Hertriasning selaku direktur Tribhuana Bhakti Pertiwi dan pemerhati budaya, Arief Darmawan, S.T., M.Pd. selaku koordinator aplikasi Rumah Belajar, Zamzami Ulwiyati Darojad, S.Ag. selaku ketua HIMPAUDI D.I. Yogyakarta, dan Roro Ernawati, M.Pd. selaku Lead of Business Development ICANDO. Webinar dimoderatori oleh Devi Harvens, M.Psi.T. selaku Curriculum Developer ICANDO.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari RM. Hertriasning atau yang akrab dipanggil dengan Gusti Aning. Beliau menyatakan bahwa di era yang serba digital ini, harus ada perubahan-perubahan di sistem pendidikan. “Game-based learning ini bisa mengangkat beberapa game lokal sebagai salah satu penguatan budaya dan mungkin bisa menjadi rujukan untuk beberapa aplikasi game berkelas dunia,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Arief Darmawan, S.T., M.Pd. Pada sesi ini, beliau memaparkan materi tentang pentingnya peran guru dan orang tua dalam mengikuti perkembangan teknologi untuk mendidik anak-anak generasi Z dan alpha yang merupakan digital native. “Meskipun bukan digital native, tapi kita (guru dan orang tua) adalah digital immigrant, yang juga harus menyesuaikan dan menambah wawasan kita tentang teknologi,” paparnya. 

Selain itu, beliau juga menjelaskan pentingnya kreativitas pendidik dalam menentukan metode pembelajaran sesuai dengan gaya belajar anak dan bagaimana mengarahkan teknologi ke arah yang positif melalui pendidikan berbasis game.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Zamzami Ulwiyati Darojad, S.Ag. yang menjelaskan tentang peran guru PAUD dalam meningkatkan keterampilan pembelajaran berbasis game. Beliau menjelaskan bahwa guru memiliki peran sebagai fasilitator, motivator, inspirator, dan evaluator. “Guru dan orang tua harus menyiapkan fasilitas yang baik misalnya HP, dan kontennya harus dikuasai betul, apa (game) yang akan dimainkan,” jelasnya.

Selanjutnya, webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Roro Ernawati, M.Pd. tentang pembelajaran berbasis game untuk anak usia dini. Roro Ernawati, M.Pd. menjelaskan bahwa kini kita sering menggunakan aplikasi untuk kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam pendidikan pun perlu diterapkan. “Kami (ICANDO) mengangkat tema game ini untuk membantu inovasi dalam pembelajaran, karena pengguna internet setiap harinya terus bertambah,” tambahnya. Tak hanya itu, ICANDO juga memiliki aplikasi yang terintegrasi antara orang tua, guru, dan anak yang dapat memudahkan monitoring proses pembelajaran anak. 

Keseluruhan materi webinar ini menyimpulkan bahwa sudah saatnya guru dan orang tua berperan aktif dalam penyaluran inovasi pembelajaran digital yang efektif dan menyenangkan untuk menjawab tantangan di era digital abad 21. Berbeda dengan stigma yang masih kerap melekat di benak masyarakat terkait game, pembelajaran berbasis game justru telah terbukti mampu meningkatkan ketertarikan dan motivasi belajar anak.

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel