Edukasi

Pemanfaatan STEM dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Admin ICANDO09 May 2021

ICANDO menyelenggarakan webinar dengan tema “Pemanfaatan STEM dalam Pembelajaran Anak Usia Dini” yang merupakan bagian dari rangkaian Webinar Guru Era Digital dalam rangka merayakan Hardiknas 2021 pada Kamis (06/05). Webinar ini diselenggarakan melalui konferensi video Zoom dan siaran langsung kanal ICANDO.

Kali ini, webinar menghadirkan Agustiana Dewi, M.Pd. selaku PW HIMPAUDI Jawa Barat, Gogot Suharwoto, Ph.D. selaku atase Dikbud RI di Korea, serta Syaiful Lokan selaku direktur utama ICANDO. Webinar ini dimoderatori oleh Roro Ernawati, M.Pd. selaku lead of business development ICANDO.

Webinar dibuka oleh sambutan dari Agustiana Dewi, M.Pd. Beliau menjelaskan bahwa perkembangan zaman menuntut pendidik untuk terus meningkatkan kapasitas untuk bisa melayani dan mendidik anak usia dini. Oleh sebab itu, HIMPAUDI Jabar meluncurkan program SPD (Solusi PAUD Digital). “Solusi PAUD digital di Jawa Barat ini bekerja sama dengan ICANDO yang merupakan solusi kami saat ini untuk menjawab tantangan zaman yang terjadi saat ini,” tambahnya.

Selanjutnya, webinar dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Gogot Suharwoto, Ph.D. tentang STEM untuk meningkatkan keterampilan di abad ke-21. “Yang paling mudah memasukkan topik STEM ya di anak usia dini, karena belum terikat oleh guru-guru mapel, jadi lebih mudah untuk menyampaikan materi,” paparnya. Beliau juga menjelaskan bahwa STEM tidak terbatas pada jurusan eksak, tetapi prinsipnya adalah menggunakan pendekatan yang scientific atau bernalar. 

Kemudian, webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Syaiful Lokan, M.Pd. mengenai strategi pembelajaran berbasis STEM untuk anak usia dini. Beliau menjelaskan bahwa terkadang sebagai guru atau orang tua, kita ingin bersikap heroik dengan langsung menyediakan jawaban bagi anak, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi anak untuk bernalar secara kritis. “Jangan sampai tergoda menempuh jalan pintas dan kita (guru dan orang tua) merenggut sesuatu yang menjadi tanggung jawab anak-anak, yaitu menemukan,” tambahnya. Beliau juga menjelaskan bahwa anak harus diberi ruang untuk membuat kesalahan, sehingga terbentuk cara berpikir yang scientific.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa guru dan orang tua perlu mengenalkan STEM sejak usia dini dengan membentuk cara berpikir anak yang scientific dan mendorong anak untuk bereksperimen. Sesuatu akan melekat di kepala anak jika anak berpartisipasi di dalam penemuan itu sendiri, atau yang disebut dengan discovery learning.

 

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel