Rekomendasi

9 Rekomendasi Menu Buka Puasa Favorit Anak, Lezat dan Bergizi!

Admin ICANDO19 Apr 2021

Bulan suci Ramadhan akhirnya datang juga. Di bulan ini, waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Setelah berpuasa seharian, pasti Ayah, Ibu, dan si Kecil ingin berbuka dengan makanan yang lezat.

Namun, jangan lupa untuk memerhatikan gizi yang terkandung di dalam makanannya ya, Ayah dan Ibu! Menu buka puasa perlu diisi dengan makanan yang tidak hanya terasa enak, tetapi juga bernutrisi, sehingga Ayah, Ibu, dan si Kecil memiliki tenaga yang cukup untuk berpuasa di keesokan harinya.

Sambil menunggu buka puasa, Ayah dan Ibu bisa mencoba ide-ide menu buka puasa berikut ini yang enak dan bergizi, anak pun suka!

1. Popsicle buah

Berbuka puasa enaknya diawali dengan yang segar-segar, seperti popsicle buah. Selain menyegarkan, cara membuatnya mudah dan bahan-bahannya juga dapat ditemukan di banyak tempat. Ayah dan Ibu dapat memasukkan buah kesukaan si Kecil, seperti stroberi, kiwi, semangka, dan masih banyak lagi.

2. Omurice

Siapa sih, yang tidak suka dengan nasi goreng? Menu yang satu ini mudah ditemukan di mana saja. Mulai dari warung makan pinggir jalan, sampai restoran bintang lima. Ayah dan Ibu juga pasti sering membuat nasi goreng di rumah.

Tetapi jika bosan dengan nasi goreng yang itu-itu saja, Ayah dan Ibu bisa mencoba nasi goreng berselimut omelet ala Jepang alias omurice! Menu ini lezat, unik, dan banyak disukai anak-anak. Selain itu, telur adalah sumber protein dan kaya akan vitamin dan mineral.

3. Lumpia sayur

Lumpia adalah makanan khas Kota Semarang. Menu yang satu ini bisa dijadikan makanan ringan sebelum menyantap makanan utama. Biasanya, lumpia berisi rebung. Namun, jika anak tidak suka rebung, Ayah dan Ibu bisa menggantinya dengan berbagai macam sayuran. 

Lumpia sayur ini juga bisa dijadikan trik untuk anak yang susah makan sayur. Kulitnya yang renyah dan gurih membuat rasa sayur menjadi lebih lezat.

4. Katsu ikan dori

Katsu ikan dori ini bisa dijadikan alternatif dari chicken katsu. Selain lezat, ikan dori memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan anak, lho. Ikan dori mengandung omega 3 dan zat besi yang berperan penting untuk pertumbuhan sel otak. Selain itu, ikan dori juga mengandung vitamin A untuk memelihara kesehatan mata anak.

5. Pisang cokelat

Nah, untuk yang manis-manis, Ayah dan Ibu bisa membuat camilan dari pisang. Pisang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, salah satunya adalah pisang cokelat. Selain enak dan bergizi, pisang cokelat mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan.

6. Nugget wortel

Nugget adalah makanan yang disukai anak-anak. Umumnya, nugget terbuat dari ayam. Makanan ini sering menjadi pilihan anak-anak karena praktis dan enak.

Agar lebih sehat, Ayah dan Ibu bisa membuat nugget sendiri di rumah, lho. Tambahkan wortel atau sayuran-sayuran lain untuk menambah nutrisi sehingga nugget menjadi lebih sehat.

7. Sup ayam

Sup ayam adalah pilihan menu buka puasa yang sederhana dan disukai anak. Selain lezat, bahan-bahan yang ada di dalamnya seperti ayam dan sayur-sayuran juga bernutrisi yang membuat menu ini menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka.

8. Salmon panggang madu

Salmon adalah jenis ikan berlemak atau biasa disebut fatty fish, yaitu jenis ikan yang paling sehat di antara semua ikan. Jenis ikan ini kaya akan omega-3 dan asam lemak yang baik untuk jantung. 

Masakan salmon panggang madu dapat menjadi pilihan Ayah dan Ibu. Rasa gurih dan lembut dari salmon dipadukan dengan rasa manis dari madu menciptakan hidangan yang pas untuk menu buka puasa.

9. Kue mochi kacang merah

Mochi adalah kue khas Jepang berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan. Di Indonesia, biasanya kue mochi diisi dengan adonan kacang. Ayah dan Ibu bisa menggunakan berbagai macam jenis kacang, termasuk kacang merah.

Kacang merah memiliki berbagai khasiat, di antaranya adalah melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan mencegah diabetes.

Menurut penelitian, makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat memengaruhi performa akademik anak, lho. Selain makanan, metode belajar yang digunakan juga berpengaruh. Nah, lewat aplikasi pendidikan anak ICANDO, si Kecil bisa belajar lewat permainan yang menyenangkan dan edukatif.

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel