Edukasi

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

Admin ICANDO02 May 2021
gambar kartun hewan

Rutinitas malam sebelum tidur merupakan waktu yang tepat bagi Ayah dan Ibu untuk mengakrabkan diri dengan si Kecil. Bisa dengan bertanya tentang kisah si Kecil selama di sekolah, atau juga dengan berbagi kisah fiksi untuk menanamkan nilai-nilai moral si Kecil sejak dini. 

Salah satu kisah fiksi yang paling digemari si Kecil adalah cerita khayalan atau fantasi yang bertokohkan binatang. Binatang dianggap mampu menginterpretasikan imajinasi si kecil tentang suatu kejadian. 

Terlebih lagi jika berkaitan dengan sikap dan perbuatan manusia. Maka tidak mengherankan bila si Kecil lebih mudah menangkap pesan moral pada cerita fabel.

Apa itu fabel?

Fabel adalah cerita fiksi yang diperankan oleh binatang namun mampu menggambarkan watak serta perilaku manusia pada umumnya. Cerita fiksi ini menggunakan binatang sebagai tokoh pengganti manusia. 

Namun, karakter binatang pada fabel digambarkan seolah-olah memiliki sifat dan kemampuan seperti manusia. Misalnya berpikir, bersikap, berbicara, berinteraksi dan memiliki perasaan. Kadang kala pada fabel juga ada tokoh manusia yang menjadi minoritas dalam penokohan cerita. 

Tujuan dari adanya fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat jelek manusia yang ditokohkan oleh binatang. Apabila tokohnya berwujud manusia, dikhawatirkan si Kecil merasa manusia lain memiliki sifat buruk seperti yang diceritakan. 

Selain itu, binatang dinilai mampu mewujudkan imajinasi si Kecil karena bentuknya lucu dan unik.

Ciri-ciri Fabel

Pada umumnya, fabel adalah cerita fiksi yang dikarang oleh penulis dongeng. Fabel memiliki ciri-ciri yang berbeda daripada jenis cerita fiksi lainnya seperti novel, sagar, mitos, legenda, dan sebagainya. Berikut ini adalah ciri-ciri fabel yang membedakan dengan lainnya.

  • Tokoh utama adalah binatang
  • Pendahuluan sangat singkat dan langsung tanpa basa-basi
  • Alur ceritanya sederhana dan tidak terlalu panjang
  • Cerita berlangsung singkat dan waktu bergerak cepat
  • Karakter tokoh tidak diuraikan secara rinci
  • Gaya penceritaan secara lisan
  • Tema cerita biasanya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari atau interaksi sosial
  • Perwatakan yang digambarkan menyerupai manusia
  • Tokoh binatang dapat berpikir, berkomunikasi dan bertingkah laku seperti manusia
  • Menggunakan sudut pandang orang ketiga
  • Menggunakan alur waktu maju
  • Di dalamnya terkandung amanat dan pesan bagi pembacanya
  • Judul fabel biasanya berupa nama binatang

Salah satu ciri fabel yang khas adalah judulnya sangat khas dengan nama binatang. Itulah salah satu cara paling mudah untuk membedakan fabel dengan jenis cerita fiksi lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa judul fabel yang terkenal dan langsung dapat dikenali dari judulnya bahwa cerita fiksi di dalamnya berjenis fabel:

  • Kisah Kancil dan Buaya
  • Kura-Kura dan Sepasang Itik
  • Tupai yang Sombong
  • Burung Gagak dan Sebuah Kendi
  • Kisah Kera dan Ayam
  • Anjing dan Bayangannya
  • Monyet dan Kucing yang Memanggang Kacang
  • Ikan Emas Ajaib
  • Katak dan Permata
  • Gajah yang Baik Hati

Struktur Fabel

Adapun fabel memiliki struktur penceritaannya sendiri. Struktur fabel dimulai dari orientasi, mengarah ke komplikasi, lalu berlanjut ke resolusi dan berakhir pada kode. Berikut ini akan diuraikan secara rinci mengenai struktur fabel.

1. Orientasi

Orientasi merupakan sebuah pendahuluan atau permulaan pada sebuah cerita yang berisi tentang pengenalan tokoh, pengenalan latar tempat dan waktu, serta pengenalan latar belakang atau tema. Struktur ini diletakkan di bagian awal karena memiliki tujuan untuk memberikan gambaran umum isi fabel kepada pembacanya

2. Komplikasi

Komplikasi merupakan bagian dari fabel yang berisi tentang permasalahan yang dialami tokoh. Pada bagian ini, tokoh mengalami suatu kesulitan yang membutuhkan saran atau solusi dari tokoh lain.

3. Resolusi

Resolusi adalah bagian dari fabel yang menceritakan tentang pemecahan masalah atau rekomendasi solusi yang dapat dilakukan oleh tokoh utama. Dalam hal ini mengandung pesan tersirat yang mengajarkan pada nilai-nilai moral kehidupan

4. Koda

Koda adalah bagian akhir dari fabel yang berisi pesan moral atau amanat yang hendak disampaikan oleh pengarang. Pesan moral ini biasanya tertulis dengan jelas untuk menggarisbawahi pesan moral utama yang diangkat.

Jenis Fabel

Setelah memahami ciri-ciri dan struktur fabel, maka dapat dipahami bahwa fabel juga memiliki banyak jenis. Jenis fabel sendiri terbagi berdasarkan waktu kemunculannya. 

Ada fabel yang sudah cukup lama diterbitkan dan telah terkenal di telinga orang-orang, tetapi ada juga fabel yang baru diterbitkan baru-baru ini dengan ciri khas tertentu. Fabel dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu fabel klasik dan fabel modern.

1. Fabel Klasik

Fabel klasik merupakan cerita fiksi tentang binatang yang telah ada sejak zaman dahulu, bahkan tidak diketahui waktu kemunculannya secara persis. Kisah ini telah diwariskan secara turun-temurun kepada anak cucu secara lisan. 

Biasanya fabel klasik memiliki cerita yang sangat pendek dengan tema yang sederhana. Selain itu fabel klasik sangat kental dengan petuah atau moral karena menjadi salah satu sarana penyampaian pesan moral kepada anak-anak.  

2. Fabel Modern

Fabel modern merupakan cerita fiksi tentang binatang yang muncul dalam waktu yang relatif baru. Biasanya telah ada di buku-buku pengarang maupun tertulis dalam sebuah majalah ataupun artikel pada website. Fabel modern ini memiliki panjang cerita yang beragam, ada yang pendek maupun panjang.

Selain itu, fabel modern tidak lagi sesederhana dulu. Cerita telah melebar dan mengalami perluasan latar tempat dan waktu sehingga menjadikannya lebih rumit. Karakter di dalam fabel memiliki sifat yang unik. Biasanya fabel modern melahirkan banyak pesan moral yang dapat diambil oleh pembaca

Untuk anak yang masih berusia 2-5 tahun, Ayah dan Ibu dapat memberikan fabel klasik sebagai pengantar tidur si Kecil. Cerita yang sederhana dan tidak terlalu panjang, lebih mudah dipahami oleh si Kecil yang masih berusia balita. 

Apabila si Kecil sudah memasuki usia TK atau SD, maka Ayah dan Ibu dapat mengajaknya untuk mengenal fabel modern. Fabel modern memang lebih panjang dalam menguraikan kisahnya, maka dari itu Ibu dan Ayah dapat mengatasinya dengan cara membacakan cerita fabel dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, fabel modern yang terdiri dari 1000 kata baru bisa tamat pada hari ke-3 atau ke-4. 

Dalam hal ini Ayah dan Ibu dapat menerapkan makna kesabaran pada si Kecil. Selain itu, Ayah dan Ibu juga telah mengungkapkan konsistensi untuk tidur tepat waktu. Tidak perlu menghabiskan kisah fabel pada malam itu dikarenakan tubuh si Kecil perlu istirahat.

Ayah dan Ibu dapat memberikan penerapan yang baik kepada si Kecil melalui pesan moral di dalam fabel. Fabel mampu mewujudkan harapan Ayah dan Ibu untuk menyampaikan amanat berperilaku baik kepada si Kecil dengan cara yang menyenangkan.

Oh iya, ada kabar baik nih untuk Ayah dan Ibu. Ayah dan Ibu  bisa menerapkan tips di artikel ini lewat cerita fabel. Lewat cerita fabel, si Kecil bisa mengenal beraneka ragam hewan. Ayah dan Ibu hanya tinggal mengunduh aplikasi pendidikan ICANDO. Di dalam aplikasinya, ada banyak buku cerita menarik dan ensiklopedia. Yuk unduh ICANDO sekarang!

Referensi:

Arum Sutrisni Putri (Penulis Artikel), (2020, Januari 19). Fabel: Pengertian, Ciri dan Unsurnya. Retrieved February, 2021. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/19/070000469/fabel-pengertian-ciri-dan-unsurnya

Ase Satria (Penulis Artikel), (2016, Agustus). Pengertian, Struktur Teks Cerita Fabel, Kaidah Kebahasaan Serta Contoh Teks Cerita Fabel. Retrieved February, 2021. https://www.materibelajar.id/2016/08/pengertian-struktur-teks-cerita-fabel.html

Samhis Setiawan (Penulis Artikel), (2021, Januari 8). Fabel: Pengertian dan Ciri, Struktur, Jenis, Contoh. Retrieved February, 2021. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-fabel/

Artikel Populer

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

8 Rahasia Anak Tumbuh Ceria yang Wajib Diketahui

07 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Guru Nasional 2021: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

05 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Anak Sedunia Diperingati 20 November, Intip Temanya Tahun Ini!

22 Nov 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Kenalkan Hari Kesehatan Nasional 12 November pada si Kecil, Yuk!

12 Nov 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel