Tips & Trik

6 Cara Efektif Mengatasi Anak yang Susah Minum Susu

Admin ICANDO20 Jun 2021
anak minum susu

Susu memiliki peran yang penting dalam asupan makanan anak. Anak membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam susu untuk menjaga pertumbuhan tulang yang sehat, mengatur tekanan darah dan menjaga berat badan yang sehat. Anak mulai meminum susu dari lahir, mulai dari ASI sampai susu sapi.

Lalu bagaimana nih, kalau anak nggak mau minum susu?

Kenapa susu penting untuk anak?

Dikutip dari Cleveland Clinic, dokter anak David Shafran, MD mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu diketahui orang tua mengenai pentingnya susu untuk anak.

Setiap anak membutuhkan kalsium

 “Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang, terutama saat anak-anak tumbuh paling cepat, antara usia 9 dan 18 tahun,” kata Dr. Shafran. “Di usia 20-an, mereka akan mencapai massa tulang puncak. Semakin kuat tulang mereka, semakin kecil risiko terkena osteoporosis di kemudian hari. "

Menurut National Institutes of Health, berikut berapa banyak kalsium yang dibutuhkan anak setiap hari:

Di bawah 6 bulan: 200 mg.

6-12 bulan: 260 mg.

1-3 tahun: 700 mg.

4-8 tahun: 1.000 mg.

9-18 tahun: 1.300 mg.

Kalsium juga merupakan suatu keharusan bagi orang dewasa (1.000–1.200 mg / hari), tetapi hanya untuk mengisi kembali tulang yang rusak secara alami sepanjang hidup.

Susu dan produk susu lainnya adalah sumber terbaik

Susu, yogurt, keju, dan produk susu lainnya adalah cara terbaik dan termudah untuk mengonsumsi kalsium,” kata Dr. Shafran. Satu cangkir (8 oz.) Susu memiliki sekitar 300 mg kalsium. Jadi, tiga cangkir susu per hari dapat membuat remaja dan remaja mendekati asupan harian yang direkomendasikan.

“Bahkan susu coklat juga termasuk,” kata Dr. Shafran. “Es krim juga.”

Berapa banyak susu yang dibutuhkan anak?

Secara umum, sebagian besar anak mendapat manfaat dari mengonsumsi susu sapi, atau produk susu sapi, setelah mereka berusia 12 bulan (jika mereka tidak memiliki alergi susu). 

Perlu diingat bahwa balita yang menyusu dua hingga tiga kali sehari atau yang masih minum susu formula tidak perlu juga minum susu sapi. Namun, mereka membutuhkan vitamin D ekstra jika mereka menyusu dan tidak mendapatkan vitamin D dari sumber lain.

Berikut adalah banyaknya susu yang dibutuhkan anak berdasarkan usianya:

  • Usia 1 dan 2 tahun: 2 cangkir susu setiap hari
  • Usia 3 tahun ke atas: 3 cangkir susu setiap hari

Cara tepat mengatasi anak susah minum susu

Jika si Kecil susah untuk disuruh minum susu, Ayah dan Ibu bisa menggunakan cara-cara ini untuk mengatasinya.

1. Jadilah contoh

Anak seringkali meniru orang tuanya. Oleh sebab itu, sesekali Ayah dan Ibu bisa mengganti minuman yang biasa diminum seperti teh atau kopi dengan susu, dan mengajak si Kecil untuk minum susu bersama-sama.

2. Sajikan susu dengan lebih menarik

Jika anak tidak mau minum susu, Ayah dan Ibu dapat mengubah bentuknya menjadi lebih menarik. Misalnya, membuat es loli dari susu yang dimasukkan ke dalam cetakan, kemudian dimasukkan ke dalam freezer sampai membeku.

3. Hidangkan bersama sereal

Ayah dan Ibu juga bisa mengakali kebutuhan susu anak dengan sereal. Saat memakan sereal, secara otomatis anak juga meminum susu. Pilihlah jenis sereal yang bergizi dan disukai oleh anak.

4. Pasangkan dengan biskuit

Selain sereal, Ayah dan Ibu juga bisa mengakalinya dengan memasangkannya dengan biskuit. Pilih biskuit favorit anak dan biarkan anak mencelupkannya ke dalam susu dan memakannya.

5. Gunakan gelas atau sedotan lucu

Menggunakan gelas atau sedotan yang lucu dan berwarna-warni akan membuat minuman tersebut menjadi terlihat menarik dan membuat anak lebih tertarik untuk meminumnya.

6. Jangan langsung banyak

Mulailah dengan memberikan anak susu dalam gelas atau cangkir kecil terlebih dahulu untuk membuat anak menjadi terbiasa dalam meminum susu.

Selain asupan yang bergizi, anak juga membutuhkan metode belajar yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuannya. Salah satunya adalah dengan aplikasi pendidikan anak ICANDO yang memiliki permainan-permainan menyenangkan yang dirancang untuk mengasah kemampuan anak di era digital. Download aplikasi belajar anak ICANDO sekarang!

Referensi

Cleveland Clinic. (2020, February 7). What to Do When Your Child Won’t Drink Milk . Retrieved from Cleveland Clinic: https://health.clevelandclinic.org/child-wont-drink-milk/

Iannelli, V. (2020, February 3). Why Drinking Milk Is Recommended for Kids and What Milk Is Best . Retrieved from Verywell Family: https://www.verywellfamily.com/milk-nutrition-and-recommendations-for-kids-2633871

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel