Parenting

6 Cara Mengajari Anak Berdoa

Admin ICANDO01 Apr 2021

Menanamkan nilai agama dan moral pada anak dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan mengajari anak berdoa. Kebiasaan berdoa yang ditanamkan sejak kecil biasanya akan terus melekat sampai ia dewasa. Oleh sebab itu, alangkah baiknya Ayah dan Ibu mengajari si Kecil untuk berdoa sedini mungkin.

Mungkin Ayah dan Ibu pernah merasa bingung dalam mengenalkan doa pada anak. Atau mungkin Ayah dan Ibu pernah bertanya-tanya “bagaimana ya, cara mengajari si Kecil untuk berdoa?” 

1. Memberi contoh

Jika Ayah dan Ibu ingin si Kecil untuk berdoa secara rutin, Ayah dan Ibu juga harus berdoa secara rutin di depannya. Sebab, anak-anak belajar dengan meniru orang-orang yang ada di sekitarnya, terutama orang tuanya

Cara terbaik untuk mengajarkan si Kecil untuk berdoa adalah dengan mencontohkan cara berdoa itu sendiri. Ayah dan Ibu dapat membaca doa dengan lantang ketika sedang bersama si Kecil, misalnya ketika sebelum makan dan sebelum tidur.

2. Menjelaskan apa itu doa

Hal ini mungkin cukup rumit, sebab anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Namun, sulit bagi anak untuk berdoa jika ia tidak mengerti apa itu doa. Kita mau anak untuk mengerti apa makna dan tujuan dari berdoa dan tidak menganggap berdoa seperti sebuah ritual.

Bantu anak untuk mengerti bahwa berdoa adalah cara kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Seperti berbicara pada keluarga dan teman-teman, kita juga bisa berbicara kepada Tuhan.

3. Bantu dan dampingi anak saat berdoa

Setelah memberi contoh dan menjelaskan apa itu doa, Ayah dan Ibu dapat meminta si Kecil untuk ikut berdoa. Doa yang dibaca bisa dimulai dari doa-doa yang pendek dan mudah dimengerti oleh anak. 

Ayah dan Ibu juga bisa membebaskan si Kecil untuk berdoa tentang apa saja yang diinginkannya. Intinya adalah memberi pemahaman pada anak bahwa ia bisa bercerita dan meminta apa saja kepada Tuhan. Misalnya menceritakan pengalamannya ketika di sekolah, atau mengucap syukur atas hal-hal yang telah dimilikinya.

4. Membaca dan menghafal doa

Kadang si Kecil bingung tentang apa yang harus didoakan, atau ia merasa malu untuk mengatakan apa yang ia inginkan. Jika hal ini terjadi, Ayah dan Ibu bisa memulainya dengan mengajari doa-doa hafalan.

5. Berdoa tidak hanya pada waktu-waktu tertentu saja

Biasanya doa dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya sebelum makan, sebelum belajar, dan sebelum tidur. Penting bagi Ayah dan Ibu untuk memberi tahu pada si Kecil bahwa berdoa tidak terbatas pada waktu-waktu tersebut saja. Jelaskan bahwa kita dapat berdoa kapan saja, di mana saja, dan untuk alasan apa saja.

6. Ajarkan bahwa Tuhan menjawab doa dengan berbagai cara

Kita seringkali mengatakan pada si Kecil bahwa Tuhan selalu mendengar doa-doa kita. Ketika apa yang si Kecil minta dalam doanya tidak terkabul, ia mungkin merasa kecewa. Cara mengatasinya adalah dengan menjelaskan bahwa Tuhan menjawab doa kita dengan tiga cara: ya, tunggu, dan tidak. Tuhan terkadang memberi apa yang kita inginkan. Kadang kita disuruh menunggu, lalu diberikan yang terbaik. Namun jika tidak, Tuhan tahu apa yang lebih baik untuk kita.

Setelah menerapkan 6 cara di atas, jangan lupa beri apresiasi pada si Kecil ya, Ayah dan Ibu! Kata-kata apresiasi sederhana akan mendorong si Kecil untuk meneruskan hal-hal positif yang telah dilakukannya. 

Selain berdoa, Ayah dan Ibu juga bisa lho mengajari kebiasaan baik lainnya pada si Kecil lewat aplikasi ICANDO. Di aplikasi ini, si Kecil akan mengenal banyak sekali kebiasaan positif melalui ribuan game edukasi anak yang super seru dan interaktif. 

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel