Parenting

Generasi Alfa: Mengenal Keunikan dan Cara Mendidiknya

Admin ICANDO17 Mar 2021

Mungkin Ayah dan Ibu sering mendengar tentang generasi baby boomer, generasi X, atau yang kini sering diperbincangkan di mana-mana, generasi milenial, dan generasi Z. Tetapi pernahkah Ayah dan Ibu mendengar tentang generasi alfa?

Menurut Pew Research Center, beginilah kategori generasi berdasarkan kelompok tahun kelahiran:

  • Boomer (kelahiran 1946-1964)
  • Generasi X (kelahiran 1965-1980)
  • Milenial (kelahiran 1981-1997)
  • Generasi Z (kelahiran 1998-2012

 

Siapa Saja yang Dikategorikan sebagai Generasi Alfa?

Generasi alfa atau yang juga sering disebut dengan “children of millennials” sendiri diklasifikasikan sebagai orang-orang yang lahir pada tahun 2010 sampai 2024. Ada lebih dari 2,5 juta Gen Alpha lahir di seluruh dunia setiap minggunya. Generasi ini adalah generasi pertama yang seluruhnya lahir pada abad ke-21.

Pencetus Istilah ‘Gen Alpha’

Mark McCrindle, yang merupakan pembicara TEDx, ahli demografi dan futuris, menciptakan istilah 'Gen Alpha' atau generasi alfa. Alih-alih menamakannya kembali ke urutan abjad pertama, generasi A, generasi ini dinamai dengan huruf Yunani. Hal tersebut dilakukan untuk menandai bahwa generasi ini adalah generasi yang dibentuk di dunia yang benar-benar baru dan berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.

Ciri-ciri dan Keunikan Generasi Alfa

Setiap generasi pastilah memiliki ciri-ciri dan keunikannya masing-masing. Berikut adalah ciri umum generasi alfa yang perlu Ayah dan Ibu ketahui.

1. Cerdas dan teredukasi

Lahir di tengah perkembangan teknologi yang amat pesat, generasi alfa memiliki akses informasi yang tidak terbatas. Ketika mereka ingin mengetahui sesuatu, mereka dapat mencarinya sendiri dengan mudah melalui gawai. Hal ini juga akan memberikan pengaruh besar pada standar yang ada di institusi-institusi pendidikan.

2. Tech-savvy

Generasi ini adalah generasi yang terbentuk dengan adanya teknologi. Bahkan, awal generasi ini bertepatan dengan pertama kalinya iPad dirilis, yaitu tahun 2010. Sejak lahir, mereka tidak pernah mengenal dunia tanpa internet. Sehingga, mereka sudah mahir menggunakan teknologi sejak kecil, bahkan melebihi orang tua mereka.

3. Generasi paling “terhubung”

Anak-anak generasi alfa terbiasa menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka. Walaupun media sosial mempermudah adanya komunikasi, banyak dampak negatif yang dapat dirasakan oleh anak seperti cyber-bullying dan keinginan berlebihan untuk mendapat validasi.

4. Didominasi perkembangan artificial intelligence (AI)

Kehidupan anak-anak generasi alfa didominasi oleh teknologi artificial intelligence (AI). Mulai dari virtual assistant seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant sampai melacak kondisi kesehatan. Hal ini didukung oleh penelitian dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) bahwa lebih dari separuh orang tua milenial di berbagai wilayah merasa nyaman menggunakan perangkat pelacak kesehatan untuk bayi dan anak kecil.

5. Cenderung invidualistis dan sulit ditebak

Individualisme telah meningkat sekitar 12% sejak tahun 1960, menurut penelitian dari jurnal Psychological Science pada tahun 2017. Hal ini menyebabkan generasi alfa melahirkan anak-anak yang lebih individualistis, sehingga perilaku mereka sulit untuk diprediksi. 

Bagaimana Cara Mendidik Mereka?

Nah, setelah mengetahui keunikan mereka, tentunya Ayah dan Ibu juga perlu memahami bagaimana cara mendidik anak-anak yang tumbuh dalam era digitalisasi ini. 

1. Turut mengikuti perkembangan teknologi

Cara terbaik untuk mengawasi penggunaan teknologi oleh anak adalah dengan memahami teknologi itu sendiri. Tetaplah up-to-date dengan perkembangan teknologi sehingga Ayah dan Ibu mengerti apa yang baik dan tidak baik untuk si Kecil.

2. Edukasi tentang dampak internet dan media sosial

Internet dan media sosial telah mempermudah kehidupan manusia dengan segudang manfaatnya. Namun ketika digunakan secara berlebihan dan tidak bijak, tentunya dampak negatif juga sangat mungkin dihasilkan. Jelaskan pada si Kecil dampak positif dan negatif dari penggunaan internet dan media sosial. Berikan edukasi tentang apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan ketika mengeksplorasi dunia digital ini.

3. Atur screen-time dan waktu dengan keluarga

Buatlah aturan yang jelas tentang kapan dan berapa lama anak dapat menggunakan gadget sejak awal. Pantau juga konten-konten yang diakses si Kecil. Seimbangkan waktu menggunakan gadget dan waktu berkumpul bersama keluarga.

4. Memberi tahu pentingnya interaksi dunia nyata

Generasi alfa banyak membangun interaksi dan pertemanan lewat dunia maya. Penting bagi Ayah dan Ibu untuk menjelaskan pentingnya hubungan antar-individu di dunia nyata.

5. Berkomunikasi secara terbuka

Komunikasi adalah kunci dalam menyelesaikan masalah. Jadilah tempat yang aman dan nyaman bagi si Kecil untuk bercerita. Ketika anak sudah merasa nyaman dan percaya dengan orang tuanya, mereka akan menjadi lebih terus terang. Daripada membiarkan mereka melampiaskan unek-unek di sosial media, jauh lebih baik apabila si Kecil langsung bercerita dan mendapat nasihat dari Ayah dan Ibu, bukan?

Nah, itu dia berbagai keunikan umum dan cara mendidik anak-anak generasi alfa. Dengan mengetahui hal-hal ini, Ayah dan Ibu akan semakin mengenal si Kecil dan lingkungannya sehingga mampu memanfaatkan kesempatan maupun mengantisipasi tantangan dalam perkembangan si Kecil. 

Untuk mendukung perkembangannya di tengah dunia teknologi dan digitalisasi, Ayah dan Ibu perlu membekali si Kecil dengan literasi teknologi. Mulai kenalkan si Kecil dengan aplikasi pendidikan anak usia dini ICANDO. Di ICANDO, si Kecil akan menemukan ribuan permainan edukasi seru yang dirancang khusus untuk memenuhi seluruh aspek perkembangan anak.

Aplikasi Pendidikan ICANDO adalah alternatif terbaik untuk memaksimalkan kemampuan kognitif dan budi pekerti si Kecil, sembari mempersiapkannya menyongsong pesatnya laju teknologi digital. Yuk, download ICANDO untuk si Kecil sekarang!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel