Parenting

Cara Mendidik Anak di Era Digital dengan Tepat

Admin ICANDO16 May 2021

Di era digital ini, anak telah diperkenalkan dengan teknologi sejak kecil. Tidak heran jika kebanyakan anak-anak sudah menguasai smartphone atau tablet di usia yang sangat dini. 

Hal ini disebabkan karena anak sudah terekspos dengan teknologi saat mereka berada di fase perkembangan yang sedang pesat-pesatnya. Di usia ini, sangat mudah bagi anak untuk menyerap berbagai macam informasi.

Dampak teknologi pada anak

Menurut penelitian, rata-rata anak berusia 8 hingga 10 tahun menghabiskan hampir 8 jam sehari dengan berbagai media yang berbeda, dan anak-anak yang lebih tua serta remaja menghabiskan lebih dari 11 jam per hari.

Televisi yang tersedia di kamar tidur anak meningkatkan angka-angka ini lebih banyak lagi, dan 71% anak-anak dan remaja memiliki TV di kamar mereka. Anak-anak sekarang menghabiskan lebih banyak waktu dengan media daripada di sekolah dan merupakan aktivitas utama untuk anak-anak dan remaja lainnya daripada tidur.

Menurut Pew Research Center, orang tua yang memiliki anak kecil menjelaskan bahwa mereka mengkhawatirkan screen time. 71% orang tua dari anak di bawah usia 12 tahun mengatakan bahwa mereka setidaknya agak khawatir anak mereka akan menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar. Beberapa orang tua dengan seorang anak di rentang usia ini mereka sudah yakin anak mereka terlalu banyak menghabiskan waktunya di perangkat tertentu, termasuk smartphone.

Teknologi tentunya memberikan dampak besar bagi anak. Walaupun orang tua banyak yang khawatir dengan dampak negatif yang diberikan, teknologi juga memberikan banyak dampak positif bagi anak.

Dampak negatif

  • Rentang perhatian yang rendah. Dengan teknologi, semua bergerak dengan cepat. Hal ini dapat memberikan pengaruh langsung terhadap rentang perhatian anak.
  • Kecanduan teknologi. Banyak anak yang lebih banyak menghabiskan waktunya menggunakan teknologi, seperti media sosial atau bermain game, lebih banyak daripada belajar untuk sekolah. Hal ini berdampak pada performa akademik anak di sekolah.
  • Kurangnya interaksi tatap muka.

Dampak positif

  • Pengetahuan tanpa batas. Sekarang anak bisa memenuhi rasa ingin tahunya semudah mengetikkan kata-kata di search engine. Lewat teknologi, anak dapat mengakses informasi mengenai banyak hal di berbagai macam bidang.
  • Meningkatkan kemampuan multitasking. Studi menunjukkan bahwa menggunakan teknologi membantu anak belajar bagaimana melakukan banyak tugas secara lebih efektif. Anak dapat mempelajari cara mendengarkan sambil mengetik untuk membuat catatan, atau aktivitas multitasking lainnya yang dapat membantu mereka sukses di masa depan.
  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Teknologi sering kali menghadirkan masalah kepada anak, dan membantu mereka belajar bagaimana membuat keputusan dan memecahkan masalah tersebut.

Cara mendiidk anak di era digital

Orang tua memiliki peran penting untuk mendidik anak agar menggunakan teknologi dengan bijak, sehingga anak dapat merasakan dampak positifnya tanpa terpapar dampak negatifnya.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mendidik anak di era digital.

1. Terus update dengan perkembangan teknologi

Ikutilah perkembangan teknologi sehingga Ayah dan Ibu mengetahui apa saja yang diakses oleh anak dan mengetahu apa saja yang baik dan tidak baik untuk anak.

2. Awasi apa yang anak akses di internet

Gunakan fitur parental control untuk memonitor apa saja yang diakses oleh anak di internet.

3. Batasi waktu dengan teknologi dan bermain di luar

Interaksi tatap muka sangatlah penting untuk perkembangan anak. Berkomunikasi dua arah dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lebih dari mendengar atau berinteraksi satu arah. Atur waktu bermain secara offline atau bermain di luar untuk meningkatkan kreatvitas dan membuat anak aktif secara fisik.

4. Jadi panutan yang baik

Anak tumbuh dengan meniru orang-orang di sekitarnya, terutama orang tua. Oleh sebab itu, Ayah dan Ibu harus menjadi contoh yang baik bagi anak, mulai dari tidak memegang gadget di waktu-waktu yang tidak seharusnya sampai beretika yang baik di internet.

5. Atur waktu bebas teknologi

Atur waktu-waktu tertentu untuk tidak menggunakan teknologi baik itu smartphone, tablet, computer, atau televisi. Misalnya saat keluarga berkumpul atau saat makan bersama di meja makan.

Dengan cara-cara ini, Ayah dan Ibu dapat memakmsimalkan dampak positif dan meminimalisir dampak negatif yang diberikan oleh teknologi. Anak dapat belajar banyak melalui teknologi, seperti dengan aplikasi pendidikan ICANDO yang memiliki banyak permainan yang seru dan edukatif. Yang paling menarik, ICANDO memiliki fitur screen time untuk menghindari si Kecil menggunakan gadget terlalu lama.

Referensi

Auxier, B., et al. (2020). Parenting Children in the Age of Screens. Retrieved from Pew Research Center: https://www.pewresearch.org/internet/2020/07/28/parenting-children-in-the-age-of-screens/

Western Governors University. (2019). Impact of technology on kids today (and tomorrow). Retrieved from Western Governors University: https://www.wgu.edu/blog/impact-technology-kids-today-tomorrow1910.html

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel