Parenting

10 Manfaat Membesarkan Anak Secara Bilingual

Admin ICANDO18 May 2021

Bilingual adalah seseorang yang mampu berbicara dalam dua bahasa dengan baik. Menjadi bilingual bukanlah hal aneh di Indonesia mengingat Indonesia merupakan negara dengan tingkat keragaman bahasa yang tinggi. 

Menutur Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Badan Bahasa Kemendikbud), terdapat 652 bahasa daerah di Indonesia. Oleh sebab itu, kebanyakan penduduk Indonesia berbicara dengan lebih dari satu bahasa. 

Tidak hanya bahasa daerah, Indonesia juga memiliki banyak penutur bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Mandarin.

Semenjak era globalisasi, semakin banyak anak-anak yang belajar bahasa asing sejak dini. Terutama dua bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Anak-anak dapat belajar mulai dari kurikulum yang sudah ada di sekolah, sampai tempat kursus bahasa asing. 

Lalu, apa saja sih, manfaat mengajarkan bahasa kedua pada anak?

1. Tingkat perhatian dan konsentrasi yang lebih tinggi

Menurut penelitian dari University of Birmingham, penutur bilingual mempertahankan fokus dengan lebih baik daripada penutur monolingual. Dengan mempelajari bahasa kedua, anak-anak belajar untuk beralih antar bahasa, sehingga rentang perhatian dan konsentrasi mereka meningkat.

2. Keunggulan kognitif dalam belajar membaca

Anak-anak yang berbicara dengan dua bahasa mengembangkan kemampuan metalinguistik lebih awal daripada anak yang hanya berbicara satu bahasa. Ahli bahasa percaya bahwa dengan mempelajari bahasa sejak usia dini, anak menjadi lebih siap dalam memahami struktur kata. Hal ini dapat membantu anak penutur bilingual dalam mengembangkan kemampuan membaca lebih cepat daripada teman-teman sebayanya.

3. Kemampuan mendengar yang lebih baik

Menurut American Speech-Language-Hearing Association (ASHA), anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan multilingual memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Mereka mengembangkan kemampuan mendengar dengan mempelajari suara-suara dan kata-kata yang tidak familiar di telinga mereka.

4. Meningkatkan kemampuan problem-solving

Orang yang berbicara lebih dari satu bahasa telah terlatih untuk menerjemahkan konsep-konsep yang abstrak dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Oleh sebab itu, mereka cenderung memiliki kemampuan problem-solving yang lebih baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Skotlandia dan Italia, anak-anak bilingual mengungguli anak-anak yang hanya berbicara satu bahasa dalam keterampilan problem solving dan creative thinking.

5. Memperluas koneksi sosial

Anak-anak yang mempelajari lebih dari satu bahasa memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk memperluas koneksi mereka. Sebab, mereka juga dapat bersosialisasi dengan pengguna bahasa lain.

6. Kesempatan kerja yang lebih luas

Karena efek globalisasi, banyak pekerjaan yang mengharuskan karyawannya untuk memiliki kemampuan bahasa asing. Menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris, akan memperbesar peluang untuk mendapatkan kerja, terutama di perusahaan internasional.

7. Sumber pengetahuan yang lebih banyak

Banyak sumber ilmu pengetahuan seperti jurnal-jurnal dan buku-buku yang ada di seluruh ditulis dalam bahasa Inggris atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Sehingga, penutur bilingual memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengakses sumber pengetahuan.

8. Mencegah penyakit kognitif

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata bilingualisme juga bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa bilingualisme dapat menghambat Alzheimer, demensia, dan penyakit kognitif lainnya. 

9. Mengenal budaya dari bahasa yang dipelajari

Cara terbaik untuk mengenai budaya secara mendalam adalah dengan mempelajari bahasanya. Dengan mempelajari budaya lain, anak mengenali tentang adanya perbedaan-perbedaan sehingga dapat menumbuhkan rasa toleransi dan empati.

10. Memberi kemudahan saat traveling ke luar negeri

Kesulitan yang paling sering dialami ketika traveling ke luar negeri adalah adanya language barrier atau kendala berbahasa. Dengan mengenali bahasa lain, setidaknya bahasa Inggris yang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, berkomunikasi akan menjadi lebih mudah.

Manfaat-manfaat yang telah dipaparkan di atas dapat dirasakan secara maksimal ketika pembelajaran bahasa kedua (atau lebih) dilakukan sejak kecil. Semakin awal pembelajaran dilakukan, akan semakin baik!

Jika Ayah dan Ibu ingin mengajari si Kecil mengenai bahasa seperti kata, frasa, dan berbagai macam topik lainnya dengan cara yang menyenangkan, langsung saja download aplikasi ICANDO! Di sana terdapat permainan-permainan yang menyenangkan dan tentunya edukatif!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel