Rekomendasi

Yuk, Pilih Cat Kamar Anak Berdasarkan Psikologi Warna!

Admin ICANDO06 Apr 2021
anak kecil bermain cat warna warni

Apakah Ayah dan Ibu baru saja pindah rumah? Atau ingin memberikan suasana yang baru untuk kamar si Kecil? Tentu Ayah dan Ibu akan memikirkan warna cat apa yang akan digunakan untuk kamar si Kecil.

Banyak yang memilih jalan pintas, yaitu memilih warna biru untuk anak laki-laki dan pink untuk anak perempuan. Atau Ayah dan Ibu langsung melibatkan si Kecil untuk memilih warna cat yang disukainya.

Namun, tahukah Ayah dan Ibu? Ternyata warna cat pada kamar dapat mempengaruhi mood si Kecil, lho! Jadi, Ayah dan Ibu harus bijak dalam memilih warna untuk kamar anak.

Apa itu psikologi warna?

Psikologi warna adalah studi tentang hubungan warna dengan perilaku manusia. Warna dapat menimbulkan emosi tertentu pada manusia.

Hal ini banyak digunakan sebagai strategi marketing dan branding untuk memengaruhi emosi konsumen. Misalnya, banyak logo restoran makanan cepat saji seperti McDonald’s dan KFC yang menggunakan warna merah dan kuning. Sebab, warna kuning menimbulkan perasaan nyaman, sedangkan merah cenderung membuat orang merasa lebih lapar dan impulsif.

Menurut studi dari California State University, Fullerton yang dipublikasi dalam jurnal The Journal of Genetic Psychology, anak-anak mengungkapkan reaksi emosional terhadap warna. Reaksi terhadap warna juga bervariasi tergantung pada tingkat kecerahannya. Anak-anak cenderung memberikan respons positif pada warna-warna cerah.

Warna yang cocok untuk cat kamar anak

1. Hijau Muda

Hijau adalah warna yang menenangkan dan membawa kesegaran. Beberapa penelitian mengatakan bahwa warna hijau dapat berpengaruh pada konsentrasi dalam belajar. Pastikan memilih warna yang lebih muda seperti sage atau mint. Sebab warna hijau yang terlalu gelap dapat memberi kesan muram.

2. Pink

Warna pink identik dengan warna yang manis dan feminin. Namun, warna ini tidak terbatas dapat digunakan oleh anak perempuan saja. Warna ini dapat memberikan efek nyaman dan tenang. Namun, terlalu banyak warna pink juga dapat menyebabkan perasaan jengkel dan gugup.

3. Biru

Biru adalah pilihan warna yang tepat untuk tempat belajar anak. Sebab selain menenangkan, warna biru juga dapat meningkatkan produktivitas. Namun perlu diingat juga bahwa terlalu banyak warna biru dapat memberikan efek yang menyedihkan. Hal ini dapat diakali dengan mengkombinasikannya dengan warna lain.

4. Kuning

Warna kuning sering diasosiasikan dengan keceriaan dan kebahagiaan. Beberapa studi menyatakan bahwa cat berwarna kuning dapat meningkatkan konsentrasi dan ingatan yang lebih baik. Namun, kuning yang terlalu cerah dapat membuat mata lelah. Pilihlah shade yang lebih muda.

5. Ungu Muda

Warna ungu muda bisa menjadi alternatif dari warna pink. Warna-warna ungu yang lebih muda seperti lavender dan lilac dapat memberikan kenyamanan. Ungu yang lebih cool tone memiliki efek yang serupa dengan warna biru.

6. Cokelat Muda

One can never go wrong with earth tones. Warna klasik yang satu ini dapat membuat anak merasa tenang dan nyaman. Warna yang gelap cenderung memberikan kesan sempit. Untuk itu, Ayah dan Ibu dapat memilih spektrum warna cokelat yang lebih muda, seperti tan atau beige, sementara warna cokelat yang lebih gelap dapat digunakan sebagai aksen saja.

Menghindari warna-warna yang terlalu berani dan gelap seperti merah dan hitam dapat berdampak positif bagi anak. Kembali lagi, fungsi utama dari kamar adalah untuk tidur. Sebaiknya warna-warna yang digunakan adalah warna yang memberikan ketenangan dan tidak membuat anak merasa intens.

Meminta opini anak mengenai pilihan warna cat untuk kamarnya juga penting. Jika kamar dicat sesuai warna favoritnya, anak juga akan merasa lebih nyaman. 

Berbicara soal warna, sudahkah si Kecil belajar mengenai warna? Nah, ICANDO punya cara menarik untuk megajarkan konsep warna kepada si Kecil, lho Ayah dan Ibu! 

Melalui aplikasi pendidikan ICANDO, si Kecil dapat dengan mudah mengenal warna dan mempelajari berbagai hal lain melalui permainan edukasi yang super menyenangkan. Ayo, download ICANDO sekarang!

Referensi

Chris J. Boyatzis & Reenu Varghese. (1994). Children's Emotional Associations with Colors, The Journal of Genetic Psychology, 155:1, 77-85, DOI: 10.1080/00221325.1994.9914760

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel