Parenting

Ajak si Kecil Membantu Orang Tua dengan Kegiatan Ini

Admin ICANDO14 Apr 2021

Pernahkah Ayah dan Ibu membayangkan kelak si Kecil akan menjadi pribadi seperti apa? Apakah ia akan menjadi orang yang ringan tangan dalam membantu orang tua dan sekitarnya? Atau justru si Kecil akan sibuk dengan dunianya sendiri dan enggan menolong orang lain? 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa seiring berkembangnya teknologi dan modernisasi, sifat individualisme manusia juga turut meningkat. Wajar jika Ayah dan Ibu merasa khawatir akan hal ini. Sebagai orang tua, kita pastinya ingin melihat si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang ramah dan suka membantu sesamanya. 

Karena itu, penting bagi kita untuk melatih si Kecil agar lebih peduli dengan lingkungannya. Semua itu dapat dimulai dari kegiatan sederhana seperti membantu orang tua di rumah. Lalu kira-kira apa lagi sih manfaat membantu orang tua bagi tumbuh kembang si Kecil? Bagaimana cara mereka membantu Ayah dan Ibu di rumah? ICANDO punya jawabannya, baca di sini ya!

6 Manfaat Menanamkan Kebiasaan Membantu Orang Tua pada si Kecil

Hasil gambar untuk pekerjaan rumah

1. Mengasah Rasa Tanggung Jawab si Kecil

Manfaat pertama yang akan didapatkan dengan melatih si Kecil membantu orang tua di rumah adalah Ibu dan Ayah dapat menanamkrasa tanggung kepada si Kecil. Menanamkan tanggung jawab ini sangat penting bagi si Kecil. Ibu dan Ayah bisa memulainya dari hal-hal kecil, seperti meminta si Kecil membersihkan lantai yang kotor setelah ia gunakan untuk bermain atau meminta si kecil mencuci piring setelah selesai makan. Dengan diberi tanggung jawab seperti ini biasanya si Kecil bisa lebih menurut dibandingkan hanya disuruh atau diminta oleh Ibu dan Ayah. Dengan mengajari si Kecil membantu orang tua juga akan membantu ketika si Kecil nantinya berada di rumah orang lain atau berada di rumah sendirian.

2. Melatih Kemandirian

Pernah nggak sih Ibu dan Ayah memperhatikan anak yang pemalas dan sering menyuruh karena terlalu dimanjakan saat kecil? Sebagai orang tua tentunya Ibu dan Ayah tidak ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang pemalas, bukan? Nah, Ibu dan Ayah bisa menghindarinya dengan melatih si Kecil membantu orang tua. Membantu orang tua akan melatih kemandirian si Kecil. Si Kecil jadi bisa melakukan keperluannya sendiri dan tidak merepotkan orang lain.

3. Meningkatkan Konsentrasi si Kecil

Agar hasilnya baik, membantu orang tua di rumah membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Ini bisa melatih si Kecil untuk meningkatkan konsentrasi saat membantu orang tua di rumah. Misalnya, saat si Kecil merapikan mainan yang baru saja ia gunakan, ia akan fokus merapikannya, mulai dari mengumpulkan mainannya, meletakannya di tempat yang disediakan, sampai memastikan mainan tersebut tidak tercecer. 

4. Melatih Kerapian dan Kebersihan

Melatih kerapian dan kebersihan si Kecil dapat Ibu dan Ayah lakukan dengan melatih si Kecil membantu orang tua di rumah. Ibu atau Ayah bisa mengajak si Kecil turut andil dalam membersihkan rumah, seperti menyapu atau membersihkan meja. Dengan melibatkan si Kecil, si Kecil akan lebih menghargai tempat yang bersih dan rapi karena untuk mendapatkannya diperlukan usaha membersihkan terlebih dahulu.

5. Mendekatkan Si Kecil dengan Ibu dan Ayah

Ibu dan Ayah bisa mengajak si Kecil mengobrol sembari mengerjakan pekerjaan rumah bersama si Kecil. Ibu dan Ayah bisa menanyakan tentang kegiatan si Kecil di sekolah atau teman-teman si Kecil. Ini akan membantu mendekatkan hubungan si Kecil dengan Ibu dan Ayah. Jika hubungan Ibu dan Ayah dekat dengan si Kecil dekat, si Kecil tidak ragu untuk cerita kepada Ibu dan Ayah, bahkan setelah mereka dewasa.

6. Melatih Kemampuan Motorik si Kecil

Melatih si Kecil membantu orang tua juga dapat melatih kemampuan motorik yang dimiliki oleh si Kecil. Anak usia prasekolah membutuhkan latihan-latihan khusus untuk melatih motorik halus dan motorik kasar yang dimilikinya. Ibu dan Ayah bisa melatihnya dengan meminta si kecil membantu menyapu lantai. Menyapu lantai akan membuat kekuatan jari dan lengan si Kecil akan meningkat. Begitu juga dengan kegiatan melipat baju, ini akan membantu melatih kekuaran jari-jari di Kecil.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang didapatkan si Kecil dengan membantu orang tua, kira-kira tugas rumah apa saja yang bisa diberikan kepada si Kecil untuk melatihnya membantu Ibu dan Ayah di rumah?

Contoh Pekerjaan Sederhana untuk Membantu Orang Tua

Hasil gambar untuk pekerjaan rumah

1. Menyapu Lantai

Tugas pertama yang bisa diberikan kepada si Kecil untuk melatihnya membantu orang tua di rumah adalah menyapu lantai. Menyapu lantai merupakan pekerjaan yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh si Kecil. Ibu dan Ayah bisa meminta bantuan si Kecil untuk menyapu lantai kamarnya sendiri. Ini akan melatih si Kecil bertanggung jawab terhadap tempat yang ia gunakan. Ibu dan Ayah bisa menyediakan serokan dan kotak sampah di sudut kamar si Kecil untuk memudahkan tugas ini.

2. Mencuci Piring

Banyak anak-anak yang dilatih oleh orang tuanya mencuci piring sejak kecil. Ibu dan Ayah juga bisa memberikan tugas ini kepada si Kecil. Ibu dan Ayah bisa meminta si Kecil mencuci peralatan yang ia gunakan sendiri, karena biasanya peralatan makan cukup berat dan berisiko pecah.

3. Membuang Sampah

Tugas membuang sampah merupakan tugas yang sangat mudah dilakukan oleh anak-anak. Ibu dan Ayah bisa memberikan tugas ini kepada si Kecil. Berikan si Kecil tanggung jawab membuang sampah yang ada di kamarnya. Ini menjadi tugas yang berkelanjutan setelah tugas menyapu yang diberikan kepada si Kecil.

4. Merapikan Mainan

Merapikan mainan wajib dibiasakan kepada si Kecil setelah ia selesai menggunakannya. Ini akan melatih si Kecil untuk menjaga dan merawat mainan yang ia miliki. Ibu dan Ayah bisa menyediakan tempat khusus untuk menyimpan mainan dan memudahkan si Kecil untuk menggunakan dan merapikan kembali mainannya.

5. Menyiapkan Peralatan Makan

Tugas yang bisa diberikan Ibu dan Ayah kepada si Kecil lainnya adalah meminta si Kecil menyiapkan peralatan makan dan menyusunnya secara rapi di atas meja makan. Selain bisa dijadikan sarana melatih si Kecil membantu orang tua, menyiapkan peralatan makan juga akan memberikan semangat kepada si Kecil ketika tiba waktu makan bersama keluarga.

6. Melipat Pakaian

Melipat pakaian juga bisa dijadikan tugas untuk melatih si Kecil membantu orang tua di rumah. Melipat pakaian merupakan tugas yang cukup mudah untuk dilakukan si Kecil. Ibu dan Ayah bisa meminta si Kecil melipat pakaian yang digunakan si Kecil sendiri. Selain pakaian, Ibu dan Ayah juga bisa melatih si Kecil melipat selimut dan handuk yang telah digunakan oleh si Kecil.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dan contoh kegiatan untuk melatih si Kecil membantu orang tua di rumah. Dengan menanamkan kebiasaan baik ini sejak dini, tentunya kelak ia juga tak segan membantu orang lain yang membutuhkan. 

Oh iya, ada kabar baik nih untuk bunda, bunda bisa mengajarkan si kecil pentingnya membantu orangtua lewat cerita fabel. Lewat cerita fabel, si kecil bisa mengenal beraneka ragam hewan dan nilai kehidupan tentang betapa pentingnya membantu orangtua. Bunda hanya tinggal menginstal aplikasi ICANDO, di dalam aplikasinya, ada banyak buku cerita menarik dan ensiklopedia. Yuk install ICANDO sekarang agar si kecil makin rajin bantuin bunda beres-beres rumah.

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel