Parenting

Apa Manfaat Tidur Siang untuk Anak?

Admin ICANDO24 Apr 2021
dua anak perempuan bersiap tidur dengan selimut

Semua orang tahu bahwa tidur malam yang berkualitas sangatlah penting untuk perkembangan anak. Namun, ternyata tidur siang juga memiliki peran yang tidak kalah penting untuk si Kecil lho, Ayah dan Ibu!

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tidur siang juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Tidak hanya untuk si Kecil saja, bahkan juga untuk Ayah dan Ibu. Yang membedakan adalah waktu dari tidur siang itu sendiri.

Lalu, apa saja yang perlu diketahui tentang tidur siang?

Manfaat tidur siang

Dalam perkembangannya, tidur siang memberi tubuh dan pikiran anak waktu untuk beristirahat dan “diisi ulang”. Berikut adalah manfaat-manfaat lainnya:

1. Meningkatkan performa akademik

Berdasarkan penelitian dari University of Pennsylvania dan University of California yang dipublikasikan di jurnal SLEEP, hampir 3.000 siswa kelas 4, 5, dan 6 yang berusia 10-12 tahun yang sering tidur siang memiliki tingkat kebahagiaan, control diri, dan IQ yang lebih tinggi, terutama pada anak-anak kelas 6.

2. Membantu perkembangan memori pada anak

Setelah mempelajari lebih dari 200 anak, para peneliti dari University of Sheffield tidur siang selama 30 menit atau lebih dapat membantu bayi untuk mempertahankan dan mengingat perilaku baru. 

Menariknya, studi menunjukkan bahwa waktu yang paling baik untuk belajar bagi bayi bukanlah saat mereka terjaga, tetapi malah ketika mereka mengantuk sebelum tidur siang.

3. Membantu menjaga kesehatan fisik

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki jam tidur yang kurang atau tidur secara tidak teratur memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi. Hal ini terjadi sebab anak-anak cenderung makan lebih banyak ketika mereka kurang tidur.

Belum lagi, jika tidak tidur siang, anak-anak terlalu lelah untuk berolahraga yang cukup. Padahal, berolahraga yang cukup dan teratur sangat berpengaruh pada kesehatan anak.

4. Istirahat cukup = mood yang baik

Mungkin Ayah dan Ibu sudah menyadari yang satu ini. Si Kecil cenderung memiliki mood yang kurang baik ketika merasa lelah dan kurang tidur. Ternyata, hal ini didukung oleh penelitian.

Menurut sebuah studi dari University of Colorado, Boulder, balita yang melewatkan waktu tidur siang selama 90 menit menunjukkan peningkatan respons emosional negatif sampai 31% saat menyelesaikan sebuah teka-teki.

5. Kualitas tidur malam yang lebih baik

Banyak dari Ayah dan Ibu yang tidak terlalu mementingkan tidur siang karena beranggapan bahwa jika si Kecil sudah lelah di siang hari, ia akan lebih mudah tidur di malam hari.

Namun ternyata, menurut St. Louis Children’s Hospital, ketika anak melewati tidur siang, biasanya ia akan merasa terlalu lelah saat waktunya tidur malam. Bukannya menjadi lebih mudah, yang terjadi malah sebaliknya. Ketika terlalu lelah, seringkali anak malah menjadi sulit tidur.

Berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan anak?

Masih menurut St. Louis Children’s Hospital, inilah lama waktu tidur yang dibutuhkan anak berdasarkannya usianya.

  • 9-12 bulan: 10-12 jam tidur malam, ditambah 2 kali tidur siang teratur
  • 15-24 bulan: 10-12 jam tidur malam, ditambah 1 kali tidur siang (1½-2 jam)
  • 24-36 bulan: 12 jam total tidur dalam sehari
  • 5 tahun ke atas: Dapat menghilangkan tidur siang agar tidur lebih nyenyak di malam hari, namun jangan berhenti sebelum anak siap.

Si Kecil tidak mau tidur siang, bagaimana mengatasinya?

Ada saat-saatnya ketika si Kecil menolak untuk memejamkan matanya. Baik karena masih ingin bermain, maupun karena belum merasa lelah. Ayah dan Ibu dapat mencoba beberapa strategi berikut.

1. Biasakan jam tidur yang konsisten

Buatlah rutinitas tidur siang. Buatlah si Kecil untuk tidur siang di jam yang sama setiap harinya, sehingga lama-lama ia merasa familiar.

2. Atur suasana yang nyaman

Sebelum tidur siang, buatlah rutinitas untuk membuat si Kecil merasa lebih rileks. Misalnya membacakan buku cerita atau mendengarkan alunan musik yang lembut.

3. Biarkan anak beraktivitas di kamar

Terkadang, anak benar-benar tidak mau disuruh untuk tidur, dan kita juga tidak bisa memaksanya. Kalau hal ini terjadi, tinggalkanlah si Kecil di kamar dengan lampu redup bersama mainannya. Jika anak tidak tertidur juga, setidaknya ia sudah beristirahat untuk memulihkan energinya.

Selain dengan tidur siang, Ayah dan Ibu bisa mengunduh aplikasi pendidikan anak ICANDO untuk mengembangkan berbagai kemampuan si Kecil, lho. ICANDO hadir dengan banyak sekali mini games yang seru dan edukatif.

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel