Parenting

10 Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga yang Jarang Diketahui

Admin ICANDO10 Jun 2021

Setiap harinya, banyak orang yang larut dalam kesibukannya. Mulai dari pekerjaan di kantor, pekerjaan rumah, sampai berbagai macam jenis kegiatan lainnya. Mungkin Ayah dan Ibu juga sering merasakan hal yang sama.

Terkadang segala kesibukan ini membuat kita tidak sempat untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Padahal, “harta yang paling berharga adalah keluarga”. Tentunya kita tidak ingin dong menyia-nyiakan harta kita yang satu ini. Selain karena harganya yang tak ternilai, menghabiskan waktu bersama keluarga terbukti sangat penting untuk kesehatan kita. 

Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Menurut Dr. Todd Thacher pada artikelnya, inilah manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga:

1. Meningkatkan kesehatan mental

Berinteraksi tatap muka dapat mengurangi terjadinya depresi, kecemasan, dan penyakit mental lainnya secara signifikan.

2. Membantu meningkatkan performa akademik anak

Rata-rata, anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang tuanya cenderung memiliki peforma yang lebih baik di sekolah, sebab mempelajari keterampilan komunikasi dan pentingnya pendidikan.

3. Menurunkan resiko masalah perilaku

 Anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya menunjukkan risiko yang lebih kecil terhadap masalah perilaku, seperti kekerasan dan penyalahgunaan narkoba. Menerima perhatian positif untuk perilaku positif dapat meningkatkan keinginan mereka untuk melanjutkan pola sehat tersebut.

4. Mendorong rasa percaya diri

Orang tua dapat mengajari anak membangun kepercayaan diri melalui keterampilan khusus seperti pemecahan masalah dan komunikasi.

5. Membantu anak belajar tentang kemampuan parenting di masa depan

Kenangan yang Ayah dan Ibu ciptakan bersama si Kecil akan menanamkan pada anak-anak keinginan untuk menumbuhkan suasana penuh kasih yang sama di rumah masa depan mereka sendiri.

6. Mempelajari cara mengatasi konflik yang efektif

Menjadi bagian dari keluarga memang menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi sulit. Ketika ada konflik yang muncul, kita tidak mungkin pergi begitu saja. Jadi anggota keluarga harus bekerja sama untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Waktu bersama keluarga mengajarkan keterampilan komunikasi antarpribadi termasuk cara yang sehat dan konstruktif untuk berdiskusi, berdebat, dan memecahkan masalah.

7. Mengurangi stress

Mereka yang memiliki hubungan yang sehat cenderung mencari mekanisme penanganan stres lebih sehat — seperti curhat pada teman dan keluarga

8. Mendorong kemampuan beradaptasi dan resiliensi

Kemampuan untuk menghadapi perubahan dan tantangan hidup sangat dipengaruhi oleh ikatan keluarga yang kuat. Rasa memiliki, diperhatikan, dan dibutuhkan dapat memberikan rasa memiliki makna dan tujuan. Hal ini memberkan motivasi untuk maju, tumbuh, dan sukses.

9. Meningkatkan kesehatan fisik

Dengan jenis aktivitas yang tepat, waktu bersama keluarga dapat berdampak positif pada kesehatan fisik. Misalnya, keluarga yang makan makanan rumahan bersama cenderung memiliki pola makan yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Berpartisipasi dalam aktivitas luar ruangan seperti permainan olahraga, mendaki, atau berkebun bersama membantu meningkatkan kebugaran.

10. Memperpanjang harapan hidup

Hubungan yang sehat dapat meningkatkan umur hingga 50%. Gabungkan semua manfaat kesehatan fisik dan mental yang di atas, dan Ayah dan Ibu dapat melihat mengapa waktu keluarga dikaitkan dengan menjalani hidup yang lebih lama, lebih sehat, dan lebih bahagia.

Banyak sekali bukan, manfaat yang didapatkan dari menghabiskan waktu bersama keluarga? 

Ide Aktivitas Seru untuk Dilakukan Bersama Keluarga

berikut ini adalah ide aktivitas yang dapat dilakukan oleh Ayah dan Ibu bersama si Kecil di sela-sela kesibukan.

1. Makan bersama

Menghabiskan waktu bersama keluarga bisa dimulai dengan hal yang sederhana, seperti makan bersama. Jika jadwal Ayah dan Ibu cukup padat, setidaknya luangkan waktu untuk makan bersama satu kali dalam sehari.

2. Berolahraga bersama

Carilah olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama seperti jogging atau bersepeda untuk meningkatkan kesehatan fisik anggota keluarga.

3. Bermain board game

Bermain board game adalah alternatif kegiatan yang sangat menyenangkan untuk bonding bersama keluarga. Sekarang telah tersedia bermacam-macam board game yang asyik untuk dimainkan Ayah, Ibu dan si Kecil bersama-sama, salah satunya adalah board game dalam paket Magic Box ICANDO. Tidak hanya asyik, tetapi juga sangat edukatif untuk si Kecil, lho!

4. Staycation

Untuk mengganti suasana, sesekali Ayah dan Ibu juga bisa melakukan staycation dengan si Kecil. Tidak perlu yang jauh, Ayah dan Ibu bisa memesan hotel yang tidak jauh dari kota tempat tinggal dan menghabiskan waktu bersama anak.

5. Memasak bersama

Libatkan anak dalam proses memasak. Suruh anak mengambil bahan yang dibutuhkan dari kulkas atau memotong bahan makanan jika ia sudah cukup besar.

6. Family movie night

Siapkan film keluarga dan camilan seperti popcorn dan tonton bersama si Kecil. Hal ini dapat dijadikan kegiatan rutin mingguan yang menyenangkan.

7. Berkebun

Jika Ayah dan Ibu suka berkebun, ajaklah si Kecil untuk berkebun bersama. Anak dapat belajar banyak hal mengenai alam dari kegiatan berkebun. Sembari berkebun, Ayah dan Ibu juga bisa mengajak si Kecil melakukan piknik kecil-kecilan di tengah taman yang dikelilingi tumbuhan hijau. Pasti menyegarkan sekali!

8. Membantu anak mengerjakan PR

Membantu anak ketika kesulitan mengerjakan PR juga dapat mempererat hubungan keluarga. Menyisihkan waktu untuk anak akan menumbuhkan rasa percaya diri padanya dan membuatnya menjadi lebih terbuka tentang kesulitan yang dimilikinya.

Selain itu, Ayah dan Ibu juga bisa menghabiskan waktu bersama si Kecil dengan mendampinginya bermain aplikasi untuk belajar anak, yaitu ICANDO. Terdapat banyak sekali mini games yang seru dan edukatif yang dapat membantu meningkatkan kemampuan si Kecil, lho! Yuk, download aplikasi pendidikan anak ICANDO di Play Store!

Artikel Lainnya

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 2 Tahun

14 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Mari Mengenal Seni Melipat Kertas (Origami) Bersama si Kecil!

13 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pererat Hubungan Keluarga dengan 5 Ide Kerjasama di Rumah Ini

12 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Ajari Sikap Menolong Teman Kepada Anak di Rumah, Yuk!

11 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel