Parenting

7 Manfaat Luar Biasa Mendongeng untuk Anak

Admin ICANDO03 May 2021
ibu membacakan buku dongeng untuk anak

Membacakan dongeng untuk anak adalah salah satu cara yang efektif untuk mengantar anak tidur. Mungkin Ayah dan Ibu juga ingat betapa menyenangkannya mendengarkan dongeng semasa kecil. Ternyata, selain menyenangkan, mendengarkan dongeng memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk anak.

Kita semua tahu kalau belajar membaca sangat berpengaruh pada kualitas kemampuan literasi anak. Namun, manfaat yang didapatkan dari mendengarkan dongeng bahkan lebih luas daripada meningkatkan kemampuan literasi saja. Sebuah cerita mengajarkan kita tentang kehidupan, tentang diri kita sendiri, dan tentang orang lain.

Albert Einstein pernah mengutip, “jika Anda ingin anak-anak Anda cerdas, bacakan dongeng untuk mereka. Jika Anda ingin mereka lebih cerdas, bacakan lebih banyak dongeng".

Apa itu mendongeng?

Mendongeng adalah ketika kita menerjemahkan imajinasi ke dalam kata-kata. Mendongeng bisa menjadi sesederhana membacakan buku cerita kepada anak-anak atau menceritakan pengalaman yang pernah Ayah dan Ibu alami di masa kecil. Pendongeng yang baik menarasikan cerita dengan berbagai suara dan nada, sehingga membuat anak tertarik untuk mendengar sampai akhir cerita.

Manfaat mendongeng untuk anak

1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Anak-anak memiliki rentang perhatian yang lebih pendek dibandingkan dengan orang dewasa. Banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, sehingga mereka cenderung lebih banyak berbicara daripada mendengarkan. Mendengarkan dongeng yang menarik dapat mendorong anak untuk mendengarkan secara aktif dan fokus pada alur cerita.

2. Meningkatkan kemampuan verbal

Membacakan dongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa si Kecil. Ketika mendengarkan dongeng, anak-anak belajar untuk mengenali kosakata dan frasa baru. Ayah dan Ibu dan bereksperimen untuk menggunakan kata-kata baru yang belum dikenali si Kecil. Jangan lupa untuk membacanya dengan lantang dan jelas, sehingga anak dapat mengerti dengan lebih cepat.

3. Mengasah kemampuan berkomunikasi

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Namun, terkadang mereka bingung bagaimana cara mengkomunikasikannya. Ketika sedang mendongeng, jangan lupa mendorong si Kecil untuk bertanya dan berdiskusi mengenai jalan ceritanya. Dengan begitu, anak akan belajar untuk mengkomunikasikan apa yang ada di dalam pikirannya dengan baik.

4. Mengenal berbagai macam budaya

Melalui sebuah cerita, anak mengenali banyak hal yang belum diketahuinya, termasuk berbagai macam budaya yang menjadi latar cerita tersebut. Mereka dapat mengenal dan memahami tradisi-tradisi dan hal-hal baru yang dilakukan oleh karakter cerita tersebut. Mengenal berbagai macam budaya dan segala keberagamannya dapat mengembangkan empati mereka.

5. Meningkatkan daya ingat

Tidak hanya untuk pengantar tidur, mendongeng dapat dijadikan trik untuk mengembangkan daya ingat anak. Setelah membacakan cerita, mintalah si Kecil untuk menceritakan kembali alur dari cerita tersebut dengan kata-katanya sendiri serta pesan moral apa yang bisa diambil. Dengan begitu, anak akan berushaa untuk mengingat dan memahami isi cerita.

6. Mendorong kreativitas dan imajinasi

Mendengarkan dongeng mendorong anak untuk berimajinasi tentang tokoh, alur cerita, latar, dan sebagainya. Berbeda dengan media visual, ketika mendengarkan dongeng, anak-anak akan berusaha untuk membuat gambaran-gambaran di dalam otaknya. Selain meningkatkan daya imajinasi anak, hal ini juga mengasah kreativitas dan membuat pikiran mereka terbuka terhadap ide-ide baru. 

7. Menanamkan nilai-nilai kebaikan

Ketika anak menyukai tokoh sebuah cerita, ia ingin untuk mengetahui lebih banyak tentang tokoh tersebut, bahkan menirunya. Oleh sebab itu, penting bagi Ayah dan Ibu untuk memilih cerita yang baik untuk si Kecil. Pilihlah cerita yang dapat membangun nilai-nilai kebaikan seperti kejujuran, keberanian, kebijaksanaan, dan sebagainya.

Ternyata mendongeng memiliki manfaat sangat luar biasa untuk si Kecil ya. Ayah dan Ibu bisa membacakan dongeng favorit anak-anak, mulai dari cerita fabel klasik, seperti kancil dan buaya, kelinci dan kura-kura, hingga membacakan dongeng modern modern dengan tema princess dan superhero. Kira-kira si kecil paling suka yang mana ya? 

Oh ya, Ayah dan Ibu juga bisa menemukan ragam cerita anak di aplikasi edukasi anak ICANDO. Tak hanya itu, ICANDO juga menyediakan ribuan pilihan game edukasi anak yang pastinya seru dan bermanfaat untuk si Kecil. Yuk, download aplikasi pendidikan anak ICANDO sekarang!

Artikel Populer

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

8 Rahasia Anak Tumbuh Ceria yang Wajib Diketahui

07 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Guru Nasional 2021: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

05 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Anak Sedunia Diperingati 20 November, Intip Temanya Tahun Ini!

22 Nov 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Kenalkan Hari Kesehatan Nasional 12 November pada si Kecil, Yuk!

12 Nov 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel