Edukasi

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

Nadhira Ryana26 Oct 2021
extensive reading anak

Mempelajari bahasa asing memiliki banyak sekali manfaat. Selain menajamkan daya ingat dan memperlambat demensia, belajar bahasa asing memberikan kesempatan bagi kita untuk terhubung dengan banyak orang dan memperluas akses untuk memperoleh pengetahuan. Itu baru beberapa, masih banyak lagi manfaat dari mempelajari bahasa asing.

Ada banyak cara untuk mempelajari bahasa asing, salah satunya adalah dengan extensive reading. Mengutip dari Universitas Surabaya, extensive reading adalah kegiatan membaca teks panjang dengan isi yang menarik dan kosakata yang mudah dipahami.

Saat pelajar membaca secara ekstensif, mereka membaca buku yang relatif mudah dan menyenangkan untuk membangun kecepatan dan kelancaran membaca. Dengan kata lain, siswa belajar membaca dengan benar-benar membaca daripada menganalisis teks dengan mempelajari kosakata, tata bahasa dan frasa.

Perbedaan dengan intensive reading

Menurut situs web Teaching English, intensive reading melibatkan peserta didik membaca secara rinci dengan tujuan dan tugas pembelajaran tertentu. Hal ini dapat dibandingkan dengan membaca ekstensif, yang melibatkan peserta didik membaca teks untuk kesenangan dan untuk mengembangkan keterampilan membaca umum.

Pada intensive reading, biasanya merupakan bacaan pendek dan instruksinya difokuskan pada pemeriksaan pemahaman dengan cermat, mempelajari tata bahasa dan/atau kosakata, serta mengembangkan keterampilan membaca.

Dikutip dari Extensive Reading Central, intensive reading memiliki keterbatasan jika tidak diimbangi dengan extensive reading:

  • Bacaannya sulit, sehingga siswa memiliki sedikit kesempatan untuk membangun kecepatan dan kelancaran membaca.
  • Bacaannya pendek dan karena sulit, soswa membaca dengan lambat dan mereka sulit menguasai banyak bahasa.
  • Seluruh kelas membaca materi yang sama, sehingga menjadi terlalu mudah bagi sebagian orang, tetapi terlalu sulit bagi sebagian yang lain.
  • Semua siswa harus membaca dengan kecepatan yang sama saat mereka mengerjakan tugas bersama.
  • Membaca menarik untuk beberapa pelajar, tetapi tidak dengan yang lain.

Kelebihan extensive reading

Ada beberapa alasan mengapa extensive reading dapat membantu dalam proses mempelajari bahasa asing.

1. Menambah kosakata

Ketika siswa banyak membaca, mereka bertemu dengan ribuan kata yang tidak diajarkan dalam buku teks. Extensive reading memungkinkan siswa untuk mengembangkan kesadaran kolokasi dan ribuan frasa leksikal.

2. Membantu memahami tata bahasa. 

Extensive reading memberikan kesempatan untuk melihat tata bahasa dalam konteks sehingga pembelajar dapat memperdalam pemahaman mereka tentang bagaimana tata bahasa benar-benar digunakan.

3. Membantu siswa untuk membangun kecepatan dan kelancaran membaca. 

Mengembangkan kecepatan dan kelancaran membaca merupakan hal yang penting penting karena membantu pelajar memahami bahasa lebih cepat dan lebih baik.

4. Membaca untuk kesenangan. 

Salah satu tujuan dari extensive reading adalah membaca untuk kesenangan, sehingga membangun kepercayaan diri dan motivasi agar siswa menjadi pengguna bahasa yang lebih efektif.

5. Memotivasi untuk membaca lebih lanjut

Ketika kita berhasil membaca buku dalam bahasa asing untuk pertama kalinya, maka kita terdorong untuk membaca lebih banyak lagi.  Hal ini juga berkaitan dengan bacaan yang menarik. Dengan bacaan yang menarik, siswa akan terdorong untuk terus membaca kelanjutannya.

Intensive reading dan extensive reading saling melengkapi. Oleh sebab itu, guru harus menggunakan keduanya. Intensive reading digunakan untuk memperkenalkan bahasa baru, kemudian dilengkapi dengan extensive reading yang meningkatkan kesadaran akan bahasa, sehingga akan mencapai kelancaran dalam membaca.

Extensive reading juga dapat digunakan untuk menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini. Caranya adalah dengan memberikan bacaan-bacaan yang menarik dan sesuai dengan usianya. ICANDO adalah aplikasi untuk belajar anak yang memiliki ribuan permainan yang bisa memperkaya kosakata bahasa Inggris si Kecil. Download aplikasi anak-anak ICANDO di Google Play Store dan App Store!

Referensi

Extensive Reading Central. (n.d.). What is Extensive Reading? Retrieved from Extensive Reading Central: https://www.er-central.com/contributors/learn-about-extensive-reading-and-listening/what-is-extensive-reading/

Rasjid, F. E. (2012). Belajar Bahasa Asing Lebih Mudah Dengan Extensive Reading Program. Retrieved from Universitas Surabaya: https://ubaya.ac.id/ubaya/news_detail/907/Belajar-Bahasa-Asing-lebih-Mudah-dengan-Extensive-Reading-Program.html

Teaching English. (n.d.). Extensive reading: why it is good for our students and for us. Retrieved from Teaching English: https://www.teachingenglish.org.uk/article/extensive-reading-why-it-good-our-students-us

Teaching English. (n.d.). Intensive Reading. Retrieved from Teaching English: https://www.teachingenglish.org.uk/article/intensive-reading

Artikel Populer

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

8 Rahasia Anak Tumbuh Ceria yang Wajib Diketahui

07 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Guru Nasional 2021: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

05 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Anak Sedunia Diperingati 20 November, Intip Temanya Tahun Ini!

22 Nov 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Kenalkan Hari Kesehatan Nasional 12 November pada si Kecil, Yuk!

12 Nov 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel