Parenting

10 Manfaat dan Tips Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini

Admin ICANDO19 Apr 2021

Bulan Ramadan yang dinanti telah kembali. Selama sebulan, umat muslim yang telah baligh diwajibkan untuk berpuasa sebagai bentuk keimanan terhadap Allah SWT. Nah, hadirnya bulan Ramadan ini juga dapat dijadikan momen yang tepat untuk melatih anak ibadah puasa.

Hmmm… Tapi sebenarnya perlu nggak sih si Kecil mulai berpuasa sejak dini? Lalu bagaimana cara mengajarkannya? Simak selengkapnya di sini!

Usia Ideal Melatih Puasa

Sebelum Ayah Ibu mulai melatih si Kecil, ada baiknya Ayah Ibu pahami dulu usia yang ideal dalam melatih si Kecil untuk berpuasa. Ibadah puasa mulai dapat diperkenalkan dengan mempertimbangkan kemampuan anak untuk menahan rasa lapar dan haus.

Menurut laman Rumah Sakit Anak Universitas Gadjah Mada  anak berusia tujuh tahun umumnya memerlukan waktu selama 4-6 jam untuk mencerna makan. Hal ini berbeda dengan orang dewasa yang memerlukan waktu lebih lama dalam mencerna makanan, serta mampu mempertahankan metabolisme tubuh dengan lebih lama.

Secara psikologis, ibadah puasa mulai bisa dikenalkan ketika anak telah  berusia empat tahun. Pada usia tersebut, kemampuan untuk memahami aturan dan moral mulai berkembang oleh anak. Selain itu di usia ini anak juga sudah memasuki fase yang lebih siap untuk menerima dan memahami informasi mengenai aturan dan norma.

Manfaat Melatih si Kecil Berpuasa

Ibadah puasa memiliki berbagai macam manfaat dan hikmah bagi umat muslim, tidak terkecuali bagi anak di usia dini. Meski ibadah puasa bersifat tidak wajib bagi anak yang belum baligh, berlatih melakukan ibadah puasa dapat berguna bagi perkembangan diri anak. Berikut adalah manfaat melatih si Kecil berpuasa yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Memelihara kebugaran tubuh

Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia, puasa dapat digunakan sebagai upaya menjaga agar tubuh selalu dalam kondisi bugar. Saat berpuasa, metabolisme tubuh cenderung melambat, namun bekerja dengan lebih efisien. Hal ini membuat kerja sistem pencernaan anak bekerja dengan lebih optimal.

2. Mengembangkan rasa tanggung jawab

Berpuasa secara tidak langsung dapat menjadi momen si Kecil untuk belajar tentang konsep konsekuensi dan tanggung jawab. Saat si Kecil memutuskan untuk ikut berpuasa, ia belajar untuk menahan rasa lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba.

3. Melatih kedisiplinan diri

Saat si Kecil berlatih berpuasa, ia juga secara tidak langsung belajar untuk disiplin, khususnya dalam hal ibadah. Misalnya dengan mengajak anak untuk bangun sahur dan berhenti makan minum setelah adzan subuh berkumandang, lalu berbuka saat adzan magrib dan melakukan salat tarawih setelah adzan isya.

4. Menumbuhkan empati

Ibadah puasa menumbuhkan rasa empati si Kecil terhadap orang lain. Saat anak menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa, anak belajar memahami apa yang dihadapi oleh orang lain yang memiliki nasib yang tidak seberuntung dirinya. Rasa empati yang tumbuh dapat meningkatkan rasa peduli anak dan keinginan untuk menolong orang lain.

5. Melatih berbagi

Berpuasa juga membantu si Kecil melatih kemampuannya untuk berbagi. Sejalan dengan tumbuhnya empati dalam diri anak, Ayah Ibu bisa mulai membiasakan anak untuk berbagi dengan orang lain yang membutuhkan, misalnya dengan berbagi takjil.

6. Melatih kesabaran

Berpuasa bisa menjadi momen yang tepat bagi si Kecil untuk melatih kesabaran. Saat berpuasa, anak belajar untuk bersabar dalam menunggu waktu berbuka puasa.

7. Meningkatkan rasa syukur

Berpuasa dapat meningkatkan kepekaan si Kecil dalam menghargai rezeki yang ia punya, khususnya makanan dan minuman. Dengan menahan rasa lapar dan haus, anak akan lebih menghargai dan bersyukur atas makanan dan minuman yang selama ini ia bebas makan sesuka hatinya.

8. Mengembangkan kontrol diri

Saat berpuasa, si Kecil tidak hanya menahan haus dan lapar, tapi juga menahan emosi negatif yang muncul. Kondisi lapar dapat membuat anak mudah marah dan kesal. Momen ini bisa menjadi waktu yang pas bagi Ayah Ibu untuk mengajarkan anak cara mengendalikan diri. Misalnya dengan melakukan kegiatan bersama.

9. Mengenal nilai-nilai agama

Mengajarkan si Kecil berpuasa dapat menjadi salah satu cara agar ia lebih mengenal nilai dan ajaran agama. Misalnya dengan menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan menurut ajaran agama. Membekali anak dengan pemahaman ajaran agama sejak dini dengan baik dapat menjauhkan anak dari perilaku negatif.

10. Mengajarkan kerja sama

Melibatkan si Kecil saat proses menyiapkan buka puasa bisa menjadi momen belajar baginya. Saat menyiapkan hidangan berbuka, Ayah dan Ibu bisa mengajarkan pentingnya berkolaborasi dan melatih kemampuan si Kecil dalam bekerja sama.

Tips Melatih Si Kecil Berpuasa

  • Jelaskan keutamaan puasa dengan bahasa yang mudah dipahami, bisa dengan buku cerita, berkisah, atau menonton video
  • Biasakan untuk latihan berpuasa beberapa hari sebelumnya
  • Mulai puasa dari setengah hari dan sedikit demi sedikit ditambah waktunya
  • Ajak anak sahur agar ia memiliki tenaga yang cukup
  • Libatkan anak dalam kegiatan menyiapkan bukaan sebagai pengisi waktu
  • Beri aktivitas untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa laparnya
  • Puji usaha anak untuk menahan diri dari godaan-godaan dalam puasanya
  • Jadikan diri sebagai panutan berpuasa yang baik menurut anak

Nah, itu lah manfaat dan tips untuk mengenalkan puasa ke si Kecil. Yuk, Ayah Ibu ajak si Kecil berpuasa!

Bingung cara mengisi waktu hingga waktu berbuka puasa tiba? Download aplikasi ICANDO! Momen Ramadan semakin menyenangkan dengan ribuan game edukasi anak yang super seru dan penuh pengetahuan dari ICANDO.

 

Referensi

Manfaat dan tips berpuasa untuk anak. (2015, July 10). Rumah Sakit Akademik UGM Yogyakarta | Friendly and Caring Hospital. Retrieved April 14, 2021, from https://rsa.ugm.ac.id/2015/07/manfaat-dan-tips-berpuasa-untuk-anak/

Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2012). Experience human development (12th ed.). McGraw-Hill.

Prawitasari, T. (2015, May 27). Mempersiapkan anak berpuasa. IDAI. Retrieved April 14, 2021, from https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/mempersiapkan-anak-berpuasa

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel