Rekomendasi

Ternyata Ini Lho Manfaat Bermain Squishy!

Admin ICANDO05 Mar 2021

Siapa sih yang tidak kenal squishy? Squishy adalah mainan anak-anak yang tidak asing lagi di zaman sekarang. Bentuknya yang unik dengan tekstur kenyal membuatnya menjadi sangat menarik. Apalagi setelah diremas dan menjadi gumpalan, mainan tersebut bisa kembali seperti semula. 

Selain itu, squishy dibuat dalam bermacam-macam bentuk. Bisa menyerupai tokoh kartun, kue, boneka, dan karakter-karakter kesukaan anak lainnya, Warnanya pun cerah dan biasanya memiliki aroma yang wangi. Pastinya membuat si kecil betah berlama-lama memainkannya. Dengan banyaknya mainan modern saat ini, ternyata squishy mampu bertahan di pasaran lho.

Tapi pernah nggak sih Ibu bertanya-tanya apa manfaat bermain squishy? Memang karena konsep memainkannya yang cukup sederhana dan tampak hanya sebagai benda “lucu-lucuan”, banyak orang mengabaikan manfaat mainan satu ini. Padahal ada banyak sekali manfaat bermain squishy. Jadi apa sih sebenarnya manfaat mainan ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Meningkatkan Kreativitas dan Wawasan

Bermain squishy bisa meningkatkan kreativitas si kecil lho. Jadi tidak perlu khawatir ya jika anak hobi mengoleksi squishy. Bisa membuat bentuk apapun sesuai yang si kecil mau. Maka dari itu, ia akan mencurahkan kreativitasnya melalui mainan tersebut. Misal bisa membuat kreasi buah – buahan ataupun sayur – sayuran. Tapi tetap harus dalam pengawasan ya bun.

Selain itu, bermain squishy bisa menambahkan wawasan juga. Sebagai orang tua, bunda bisa memperkenalkan jenis benda, hewan, ataupun tumbuhan. Bisa langsung membentuknya menyerupai bentuk asli.

Dengan begitu anak akan semakin mengekslpore hal – hal yang seru. Membeli squishy juga tidak boleh asal ya bun, sebisa mungkin beli yang bagus dengan cat yang aman agar tidak menimbulkan resiko dikemudian hari. 

Memperkuat Koordinasi Motorik 

Memainkan squishy cukup dianjurkan untuk melatih kemampuan motorik si kecil. Cara memainkannya yang memerlukan pijatan dan remasan, membuat koordinasi motorik halus semakin kuat. Semua itu dikarenakan adanya tekanan pada tangan dan otot-otot jari.

Tidak hanya itu, aktivitas ini juga bisa membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan kemampuan indera peraba. Lewat squishy, anak semakin bisa mengenal macam-macam tekstur benda. 

Membuat Anak Tetap Tenang

Dengan pesatnya laju modernisasi, mainan anak-anak juga semakin beragam. Namun jarang kita temui mainan yang bisa membuatnya tetap tenang. Nah, squishy adalah salah satu pilihan mainan penenang. Cara memainkan yang begitu mudah membuat mainan ini begitu digemari.

Ketika si kecil rewel, Ibu bisa berikan mainan tersebut ya, anak bisa melampiaskan kekesalan dengan meremas squishy. Teksturnya yang lembut pasti bisa bikin anak lebih rileks.  Bukan hanya itu saja, bentuknya yang menggemaskan anak – anak pasti suka sekali.

Mengajarkan Kemampuan Sosialisasi

Biasanya anak kecil memiliki imajinasi yang luar biasa, apalagi jika ada temannya. Nah sebagai orang tua bunda bisa mengarahkan. Seperti bermain jual – jualan. 

Si kecil dan temannya bisa menjadi pedagang atau pembeli. Dengan barang yang dijual terbuat dari squishy tentunya. Dari situ kemampuan sosialisasi dan interaksi anak akan bertambah dengan teman sebayanya. 

Sebelum bunda membelikan squishy untuk si kecil, perlu diarahkan detail ya bahwa itu bukan makanan. Jelaskan juga cara bermainnya seperti apa. Dan untuk bermainnya pun harus dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu yaa.

Well, dari manfaat diatas sudah cukup membuka fikiran bukan jika squishy ternyata cukup memberikan dampak positif. Jadi, squishy model apa saja yang sudah si kecil punya di rumah? 

Referensi :

Nurfita Indarini (Writer), (2017, Desember 21). Manfaat Bermain Squishy untuk Anak-anak. Retrieved February, 2021 from; https://www.haibunda.com/parenting/20171221135507-61-11567/manfaat-bermain-squishy-untuk-anak-anak

Suparinah Mumpuni (Writer), (2018, Maret 25). Balita Sering Main Squishy? Jangan Cemas, Ini 5 Manfaat Squishy untuk Anak. Retrieved February, 2021 from; https://review.bukalapak.com/mom/balita-sering-main-squishy-jangan-cemas-ini-5-manfaat-squishy-untuk-anak-19147

  

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel