Parenting

Makan Ikan Tingkatkan Kecerdasan Anak, Mitos atau Fakta?

Admin ICANDO20 May 2021

Dari dulu, kita sering mendengar bahwa mengonsumsi ikan-ikanan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat meningkatkan kecerdasan. Seperti slogan mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Ibu Susi Pudjiastuti yang sempat viral, “kalau nggak makan ikan, saya tenggelamkan!”.

Namun, apakah benar ikan dapat meningkatkan kecerdasan bagi anak? Apa saja manfaat mengonsumsi ikan? Apakah semua ikan aman untuk dikonsumsi anak-anak? Simak penjelasannya berikut!

Anak makan ikan, apa manfaatnya?

Untuk berkembang dengan optimal, anak-anak membutuhkan vitamin. Ikan adalah salah satu pilihan makanan yang sehat untuk anak-anak, sebab ikan kaya akan nutrisi dan cenderung rendah kalori. Ikan mengandung protein, yodium, dan berbagai macam vitamin dan mineral. American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu.

Baik untuk kesehatan mata dan otak

Ikan-ikan yang dikategorikan sebagai fatty fish atau ikan berminyak memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan mata dan otak, bahkan dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker jika dikonsumsi secara jangka panjang.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLEFA, anak-anak yang mengonsumsi makanan laut memiliki risiko gangguan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD) yang lebih rendah, nilai sekolah yang lebih baik, dan IQ yang lebih tinggi. sebanyak 9,5 poin dibandingkan dengan yang tidak makan ikan.

Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan anak. Berdasarkan studi dari University of Pennsylvania yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, anak-anak yang mengonsumsi ikan seminggu sekali atau lebih memiliki pola tidur yang lebih baik.

Membantu resiko diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah kelainan autoimun yang memengaruhi sekitar 1,25 juta orang dewasa dan anak-anak di Amerika Serikat. Dilansir dari healthline.com, berdasarkan penelitian, asam lemak omega-3, yang dapat ditemukan di ikan jenis ikan berminyak, dapat mengurangi respons autoimun dari penyakit ini.

Jenis-Jenis ikan yang aman dikonsumsi anak

Walaupun memiliki segudang manfaat, tidak semua ikan aman untuk dikonsumsi, terutama untuk anak-anak. Sebab, banyak ikan yang sudah terkontaminasi merkuri. Ikan yang aman untuk dikonsumsi adalah yang memiliki kandungan merkuri rendah, 

Environmental Protection Agency (EPA) dan Food and Drug Administration (FDA) telah mengkategorikan jenis ikan menjadi 3: best choices, good choices, dan choices to avoid (pilihan terbaik, pilihan bagus, dan pilihan yang perlu dihindari).

Best choices (2-3 porsi dalam seminggu)

  • Teri
  • Lele
  • Mackerel atlantis
  • Kod
  • Salmon
  • Sarden
  • Tilapia
  • Tuna (kaleng)

Good choices (1 porsi dalam seminggu)

  • Kakap
  • Tuna putih
  • Tuna sirip kuning
  • Mackerel spanyol

Choices to avoid (memiliki kandungan merkuri yang tinggi)

  • King mackerel
  • Orange roughy
  • Hiu
  • Todak (swordfish)
  • Tilefish (Teluk Meksiko)
  • Tuna mata besar

Porsi anak makan ikan dengan aman 

FDA menyarankan untuk mengonsumsi 2-3 porsi ikan dalam seminggu. Namun, usia anak juga berpengaruh terhadap banyaknya ikan dalam satu porsi yang aman untuk dikonsumsi.

  • Anak umur 6 tahun ke bawah: 85-140 gram
  • Anak umur 6-8: 113-170 gram
  • Anak umur 9 tahun ke atas: 226-340 gram (porsi ini juga direkomendasikan untuk orang dewasa)

Setelah mengenal manfaat-manfaat dan jenis-jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi anak, jangan lupa memasukkan ikan dalam menu makanan si Kecil ya, Ayah dan Ibu! Walaupun begitu, tetap perhatikan apakah ada reaksi alergi yang timbul setelah memakan ikan. Jika muncul gejala-gejala alergi, segera hindari konsumsi ikan.

Ikan memang merupakan salah satu makanan yang paling lezat dan bergizi untuk anak. Ikan juga merupakan sumber protein terbaik dalam rangkaian makanan 4 sehat 5 sempurna. Nah, selain ikan, masih ada banyak sekali lho sumber protein yang menyehatkan bagi si Kecil. 

Yuk, mulai kenalkan macam-macam makanan sehat ini pada si Kecil dari sekarang. Ayah dan Ibu bisa mengenalkannya dengan cara yang menyenangkan melalui aplikasi game anak ICANDO. Yap! Di ICANDO, terdapat ribuan game edukasi anak yang mampu mengasah kemampuan dan kebiasaan baik si Kecil. Download aplikasi pendidikan anak ICANDO sekarang juga!

Referensi

Hibbelna, J. R., et al. (2019). Relationships between seafood consumption during pregnancy and childhood and neurocognitive development: Two systematic reviews. Prostaglandins, Leukotrienes and Essential Fatty Acids, 14-36.

Liu, J., et al. (2017). The mediating role of sleep in the fish consumption – cognitive functioning relationship: a cohort study. Scientific Reports.

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel