Parenting

Main Hujan: Sering Dilarang, tapi Ternyata Banyak Manfaatnya!

Admin ICANDO06 Jun 2021

Rain, rain, go away (hujan, hujan, pergilah)

Come again another day (datanglah di lain hari)

Little Johnny wants to play (Johny kecil ingin bermain)

Rain, rain go away (hujan, hujan, pergilah)

Pasti kita sering mendengar lagu dengan lirik tersebut, bukan?

Ketika langit mulai berubah kelabu dan hujan mulai turun rintik-rintik, terkadang si Kecil ingin pergi keluar untuk bermain-main di bawah air hujan. Mungkin Ayah dan Ibu juga ingat bagaimana serunya bermain hujan-hujanan dan melompati genangan air di masa kecil dulu.

Walaupun begitu, sudah menjadi naluri bagi Ayah dan Ibu untuk melindungi si Kecil agar ia tidak terkena penyakit, sehingga Ayah dan Ibu melarangnya untuk bermain hujan-hujanan.

Namun, tahukah Ayah dan Ibu? Ternyata main hujan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan anak, lho. Tentu saja Ayah dan Ibu harus memerhatikan pakaian yang digunakan agar tubuh si Kecil tidak basah kuyup dan tetap hangat.

Agar si Kecil bisa bermain-main di saat hujan dengan aman dan nyaman, pastikan anak-anak menggunakan pakaian yang menunjang seperti jas hujan dan sepatu bot. Selain itu, jangan lupa untuk memerhatikan durasinya agar si Kecil tidak terlalu lama terkena air hujan dan udara dingin.

Lantas, apa saja sih, manfaat yang bisa didapatkan dari main hujan?

1. Meningkatkan keterampilan fisik

Ketika bermain di saat hujan, anak aktif menggunakan otot-otot besarnya, sehingga dapat melatih kemampuan motorik kasarnya. Anak berusaha agar tidak jatuh ketika bermain di permukaan yang licin. Di saat itu, Anak mengembangkan kekuatan, keseimbangan, dan ketangkasannya.

2. Baik untuk kesehatan

Bermain hujan membuat anak menjadi aktif secara fisik. Aktivitas fisik dapat mengembangkan otot dan meningkatkan kesehatan tulang. Bermain di luar rumah secara rutin dapat membuat anak terbiasa untuk menjadi aktif secara fisik, sehingga dapat mengurangi resiko kelebihan berat badan.

3. Memberikan pengalaman sensorik

Bermain di luar di saat hujan dapat memberikan pengalaman sensorik yang luar biasa bagi anak. Ketika hujan, anak belajar mengenali berbagai macam suara seperti suara percikan air ketika melompati genakan air, pemandangan, dan aroma khas ketika air hujan bertemu dengan tanah. Hal ini tidak bisa didapatkan jika ia hanya berdiam diri di dalam rumah.

4. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

Saat bermain di luar, apalagi jika ia bermain bersama teman-temannya, imajinasi anak menjadi aktif. Mereka dapat bermain dengan berpura-pura dikejar-kejar monster ketika melompati rintangan yang merupakan genangan-genangan air dan sebagainya.

5. Menciptakan koneksi dengan alam

Cara terbaik untuk anak belajar mengenai alam adalah dengan terjun langsung ke alam itu sendiri. Ketika main hujan, anak menjelajahi apa yang ada di sekitarnya belajar mengenali cuaca. Dari situ, anak telah memulai untuk menciptakan koneksinya dengan alam.

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia dapat mempelajari alam secara lebih dalam ketika ia merasa penasaran dan bertanya pada Ayah dan Ibu tentang konsep cuaca, bagaimana hujan terbentuk, dan sebagainya.

Nah, sekarang Ayah dan Ibu sudah mengenal manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari main hujan. Mulai sekarang, izinkan si Kecil untuk sesekali bermain hujan ya, Ayah dan Ibu!

Namun, jika ternyata hujannya terlalu deras untuk bermain di luar, Ayah dan Ibu bisa mengajak si Kecil untuk bermain dengan ICANDO di rumah. ICANDO adalah aplikasi game anak terpopuler dengan ribuan permainan edukatif yang sangat cocok untuk menstimulasi kemampuan si Kecil sejak dini. Pastinya seru sekali, yuk download game anak-anak ICANDO sekarang juga!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel