Rekomendasi

Manfaat Bermain Sepeda bagi Perkembangan Anak

Admin ICANDO05 Apr 2021

Beberapa waktu belakangan ini, bersepeda kembali menjadi tren di kalangan masyarakat. Olahraga ini menjadi favorit berbagai macam kalangan. Mulai dari orang dewasa, remaja, sampai anak-anak. 

Tidak hanya orang dewasa, bermain sepeda memiliki banyak manfaat untuk anak. Mungkin kita semua udah tahu kalau bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik. Namun ternyata manfaat yang diberikan lebih banyak daripada itu.

Tahapan Bersepeda

Sebelum mengenalkan sepeda pada si Kecil, penting bagi Ayah dan Ibu untuk mengetahui jenis sepeda apa yang baik untuk anak berdasarkan usianya. Menurut federasi sepeda di Amerika Serikat, National Center for Bicycling and Walking, beginilah tahapannya:

Sepeda roda tiga (usia 2-5 tahun)

Jenis sepeda ini sempurna untuk usia anak pra-sekolah. Sepeda roda tiga sebaiknya digunakan di taman atau di halaman rumah, bukan di jalan raya. Jangan lupa berikan si Kecil helm yang sesuai dengan ukuran kepalanya ya, Ayah dan Ibu!

Sepeda roda empat (usia 5-6 tahun)

Sebelum belajar mengendarai sepeda roda dua, Ayah dan Ibu dapat membiasakan si kecil dengan menggunakan training wheels terlebih dahulu. Setelah sekiranya anak siap untuk mengendarai sepeda roda dua, Ayah dan Ibu dapat melepas training wheels-nya.

Sepeda single speed (usia 6-9 tahun)

Ketika mencoba menggunakan sepeda roda dua untuk pertama kalinya, anak belum siap untuk rem tangan dan persneling. Pilihan sepeda yang tepat adalah sepeda single speed atau yang hanya memiliki satu kecepatan.

Sepeda multi speed (usia 9 tahun ke atas)

Setelah anak sudah lancar menggunakan sepeda roda dua, anak dapat mulai mencoba sepeda yang lebih besar dengan rem tangan dan persneling.

Manfaat bermain sepeda

1. Melatih otot kardiovaskular

Bermain sepeda adalah salah satu jenis olahraga yang baik untuk kesehatan fisik, terutama otot kaki. Ketika otot kaki dilatih ketika bersepeda, detak jantung meningkat dan mempercepat stamina dalam tubuh, sehingga melatih otot-otot kardiovaskular.

2. Baik untuk kesehatan mental dan otak

Tidak hanya berpengaruh baik untuk kesehatan fisik, bermain sepeda juga berpengaruh pada kesehatan mental dan otak. Bersepeda dapat meningkatkan kebahagiaan dan melepaskan stres. Berdasarkan studi dari Denmark yang merupakan bagian dari Mass Experiment 2012, anak-anak yang berjalan atau menggunakan sepeda ke sekolah memiliki kemampuan untuk berkonsentrasi yang lebih tinggi.

3. Waktu berkumpul dengan keluarga

Bersepeda merupakan kegiatan yang diminati dan dapat dilakukan oleh orang-orang dengan berbagai macam usia, sehingga kegiatan bersepeda ini juga menjadi waktu yang tepat untuk bonding bersama keluarga. Mulai dari saat Ayah dan Ibu mengajari si Kecil mengendarai sepeda, sampai bersepeda bersama keluarga besar.

4. Baik untuk lingkungan

Membiasakan anak untuk mengendarai sepeda dapat berpengaruh pada lingkungan secara jangka panjang. Memilih menggunakan sepeda daripada kendaraan bermotor saat berpergian dapat mengurangi emisi karbon dan mengurangi kemacetan. Menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dapat berkontribusi pada berkurangnya polusi dan lingkungan yang lebih sehat.

5. Meningkatkan kemampuan sosial

Di era digital ini, banyak anak berinteraksi menggunakan media sosial. Dengan bersepeda, anak-anak dapat bertemu dan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya yang juga suka bersepeda. Ketika anak berinteraksi, ia telah mengembangkan kemampuan sosialnya.

Banyak sekali kan, manfaat yang bisa didapatkan dari bermain sepeda? Ayo mulai biasakan si Kecil untuk bermain sepeda. Jangan lupa untuk memerhatikan jenis sepeda, tempat, dan peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan usianya ya, Ayah dan Ibu! 

Ayah dan Ibu juga bisa mengasah kemampuan si Kecil melalui aplikasi pendidikan ICANDO, lho! Di aplikasi ini, banyak sekali permainan yang seru dan edukatif untuk si Kecil. Ayo, download ICANDO sekarang!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel