Rekomendasi

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 2 Tahun

Admin ICANDO14 Jun 2021
mainan anak 2 tahun

Tahukah Ayah dan Ibu bahwa si Kecil mengalami perkembangan yang pesat saat usianya menginjak 2 tahun? Pada usia ini si Kecil mulai banyak berbicara dan mulai bisa mengerjakan beberapa hal sederhana. Tidak heran jika banyak yang menyebut usia ini sebagai ‘golden age’, dimana di usia ini terjadi perkembangan yang signifikan baik itu dari segi kepribadian maupun dari segi kemampuan. 

Menurut American Academy of Pediatrics, bermain sangat penting untuk perkembangan karena berkontribusi pada kesejahteraan kognitif, fisik, sosial, dan emosional anak-anak dan remaja. Bermain juga menawarkan kesempatan yang ideal bagi orang tua untuk terlibat penuh dengan anak-anak mereka.

Ayah dan Ibu bisa mengoptimalkan perkembangan si Kecil dengan memberikan stimulasi berupa mainan edukasi kepada si Kecil. Mainan edukasi ini akan menstimulasi kemampuan si Kecil dan juga bisa dijadikan sarana belajar dengan cara yang menyenangkan. Lalu apa saja mainan yang bisa digunakan untuk stimulasi perkembangan si Kecil ini?

 Berikut daftar 10 mainan yang bisa Ibu dan Ayah gunakan untuk stimulasi perkembangan si Kecil:

Hasil gambar untuk mainan anak usia 2 tahun

1. Mainan Balok 

Mainan pertama yang bisa menjadi pilihan Ibu dan Ayah untuk si Kecil adalah permainanan balok. Mainan balok ini akan mendukung perkembangan si Kecil karena pada usia 2 tahun, si Kecil mulai memiliki keterampilan untuk menyusun mainan yang terdiri dari beberapa bagian. 

Tetapi perlu diingat bahwa Ayah dan Ibu harus memilih balok dengan ukuran yang lebih besar dari mulut si Kecil dengan ujung-ujung tumpul agar tetap aman selama ia mainkan.

2. Boneka untuk Bermain Peran

Saat si Kecil menginjak usia 2 tahun, ia mulai gemar mengamati apa yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Biasanya pada usia ini, si Kecil akan berakting seperti orang dewasa dan ini dapat membantunya mengembangkan berbagai emosi. 

Ayah dan Ibu bisa memberikan mainan boneka untuk mendukungnya. Boneka ini bisa digunakan untuk berbagai jenis peran, mulai dari peran rumah-rumahan atau berperan layaknya dokter yang menyembuhkan pasien anak.

Ayah dan Ibu dapat menemani si Kecil saat bermain peran ini dan terlibat langsung dalam kegiatan bermain peran ini. Selain boneka, Ayah dan Ibu juga bisa memberikan mainan berupa rumah-rumahan, mainan masak-masakan, ataupun mainan dokter-dokteran.

3. Clay atau Playdough

Pada usia 2 tahun si Kecil mulai terampil dalam menggerakan tangannya dengan gerakan motorik halus. Ia mulai terampil ketika memegang atau menyentuh sesuatu. Untuk mendukungnya, Ayah dan Ibu bisa memberikan mainan clay atau playdough

Mainan seperti clay atau playdough dapat dibentuk sesuai dengan apa yang diinginkan si Kecil. Ayah dan Ibu bisa mendampingi si Kecil dengan mengajarinya membuat sesuatu atau bisa juga membiarkan imajinasi si Kecil berkembang saat membuat bentuk clay sesuai keinginannya.

Mainan ini sangat direkomendasikan karena dapat melatih kreativitas si Kecil.

4. Mainan Huruf atau Angka

Untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan si Kecil dalam berbicara, Ayah dan Ibu bisa memberikan mainan huruf atau angka. Mainan huruf dan angka akan membantu si Kecil menyerap dan belajar kata-kata baru. 

Selain mainan huruf dan angka, mainan yang dapat mengeluarkan suara juga dapat membantu si Kecil belajar kata-kata baru. Ayah dan Ibu bisa juga memberikan mainan yang mengeluarkan doa-doa. Dengan begitu si Kecil dapat belajar dan menirukan dari apa yang ia dengar.

5. Alat Musik

Hasil gambar untuk mainan anak usia 2 tahun

Selain mainan huruf dan angka, pada usia 2 tahun ini Ayah dan Ibu juga bisa mengenalkan alat musik kepada si Kecil. Biasanya di usia 2 tahun ini si Kecil mulai bisa membedakan tinggi rendah suatu nada. Ini adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan nada kepada si Kecil. 

Ayah dan Ibu bisa memberikan mainan piano kecil atau xylophone yang akan menghasilkan nada-nada berbeda saat si Kecil memukulnya. Mainan alat musik juga dapat digunakan untuk melihat kemampuan si Kecil dalam bidang seni musik. Jika memang si Kecil memiliki minat dan kemampuan di bidang musik, ke depannya Ayah dan Ibu bisa memaksimalkan kemampuan tersebut.

6. Papan Tulis

Mainan papan tulis bisa dijadikan Ayah dan Ibu sebagai media untuk mengajarkan si Kecil menulis dan menggambar. Ayah dan Ibu bisa meletakan papan tulis di tempat yang bisa dijangkau oleh si Kecil dan memberikan spidol warna-warni. 

Mainan papan tulis ini akan membantu meningkatkan rasa ingin tahu dan imajinasi si Kecil. Di papan tulis ini, Ayah dan Ibu juga bisa mengajari si Kecil untuk mengenal huruf dan angka.

7. Buku

Selain papan tulis, Ayah dan Ibu juga bisa memberikan buku, baik itu buku tulis ataupun buka bergambar. Buku tulis akan menjadi tempat si Kecil untuk belajar menulis seperti layaknya papan tulis. 

Sedangkan buku bergambar dapat digunakan untuk kegiatan bercerita. Dengan memberikan buku kepada si Kecil, Ayah dan Ibu juga dapat menciptakan kecintaan si Kecil terhadap buku.

8. Mobil-Mobilan

Mainan mobil-mobilan yang memiliki roda dan bisa ditarik atau didorong sangat menarik bagi si Kecil. Meski mainan mobil-mobilan ini identik dengan anak laki-laki, namun Ayah dan Ibu juga bisa memberikan mainan mobil-mobilan kepada anak perempuan. 

Ada berbagai jenis mainan mobil-mobilan, mulai dari mobil truk, mobil pemadam kebakaran, mobil sedan atau mobil pribadi, mobil ambulan, ekskavator, dan lainnya. Mainan mobil-mobilan juga dapat dijadikan sarana bagi si Kecil mengenal jenis-jenis kendaraan dan fungsinya.

9. Sepeda Roda Tiga

Pernahkah Ayah dan Ibu melihat anak usia 2 tahun bermain sepeda beroda tiga? Mainan sepeda ini dapat membantu si Kecil dalam mengkoordinasikan sesuatu. Makanya tidak heran jika banyak orang tua yang memilih mainan ini. 

Selain itu, sepeda juga dapat dijadikan Ayah dan Ibu sebagai ganti stroller saat mengajak si Kecil bermain ke luar rumah. Pastikan juga Ayah dan Ibu menggunakan pengaman saat si Kecil menggunakan sepeda, seperti selalu memakai sabuk pengaman yang ada di bagian tempat duduk sepeda.

10. Bola

Ada berbagai jenis mainan olahraga yang bisa dipilih untuk anak 2 tahun, namun yang paling umum dipilih adalah bola. 

Bermain bola dapat membantu si Kecil dalam melatih koordinasi kaki, tangan, dan juga otak. Selain itu, olahraga-olahraga ringan juga dapat melatih keseimbangan tubuh si Kecil, melatih gerak motorik, dan membiasakan si Kecil berolahraga sejak dini yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi kesehatannya. 

Dengan bermain bergantian dan sistem menang-kalah, si Kecil juga dapat belajar menerima kekalahan dan juga mengenal aspek sosial lainnya. Selain bola sepak, mainan olahraga yang bisa dipilih lainnya adalah bola basket, bulu tangkis, ataupun tenis.

Selain lewat kesepuluh mainan di atas, Ayah dan Ibu juga bisa memberikan permainan belajar untuk anak berupa aplikasi, nih! Aplikasi tersebut adalah ICANDO! Terdapat lebih dari 1000 mini games yang dapat mengasah kemampuan si Kecil. Yuk, segera download aplikasi pendidikan anak ICANDO di App Store maupun Play Store!

Referensi:

Ginsburg, K. R. (2007). The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds . Pediatrics, 182-191.

Putri Normalita (writer), (2020, April 12). 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun. Retrieved February, 2021 from https://my-best.id/74680

Sarrah Ulfah (writer), (2020, April 7). 5 Jenis Mainan Edukasi untuk Anak 2 Tahun Beserta Manfaatnya. Retrieved February, 2021 from https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/sarrah-ulfah/jenis-mainan-edukasi-untuk-anak-2-tahun-beserta-manfaatnya/

Melly Febrida (writer), (2020, December 2). 12 Mainan untuk Anak Usia 2 Tahun, Bunda Jangan Sampai Salah Pilih Ya. Retrieved February, 2021 from https://www.haibunda.com/parenting/20201126185627-61-177034/12-mainan-untuk-anak-usia-2-tahun-bunda-jangan-sampai-salah-pilih-ya/2 

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel