Parenting

7 Kewajiban Anak di Rumah yang Perlu Diajarkan Sejak Dini

Admin ICANDO17 Jun 2021

Hak adalah segala sesuatu yang harus diterima dan dimiliki, sementara kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan sesuai aturan dan norma yang berlaku. Setiap orang memiliki hak dan kewajiban, tidak terkecuali anak-anak. Jika sebelumnya ICANDO telah menjelaskan tentang hak anak di rumah, sekarang mari kita bahas kewajiban mereka!

Penting sekali bagi Ayah dan Ibu untuk mengajarkan si Kecil mengenai apa saja hak dan kewajiban yang ia miliki sejak dini agar ia mengenali tentang rasa tanggung jawab. Memiliki rasa tanggung jawab sejak dini akan berguna sampai ia tumbuh besar nanti.

Dilansir dari UNICEF, berikut adalah hak dan kewajiban yang dimiliki oleh anak berdasarkan United Nations of the United Nations Convention on the Rights of the Child:

HakKewajiban
Dianggap serius oleh orang lainMendengarkan orang lain
Mendapatkan perawatan medis yang berkualitasMengurus diri sendiri
Mendapatkan pendidikan yang baikBelajar dan menghormati guru
Dicintai dan dilindungi dari bahayaMenunjukkan cinta dan hormat pada orang lain
Mendapatkan perawatan khusus bagi yang berkebutuhan khususMenjadi sebaik mungkin
Bangga dengan warisan dan kepercayaanMenghormati asal-muasal dan kepercayaan orang lain
Mendapatkan tempat tinggal yang aman dan nyamanMembersihkan dan merapikan tempat tinggal
Membuat kesalahanBelajar dari kesalahan
Diberi makan yang cukupTidak membuang-buang makanan

Anak dapat belajar mengenai tanggung jawab mulai dari melaksanakan kewajiban yang ada di rumah. Lantas apa saja kewajiban anak di rumah yang perlu Ayah dan Ibu ajarkan?

1. Menjaga kebersihan diri 

Menjaga kebersihan diri adalah salah satu hal paling dasar yang dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mengajari anak untuk menjaga kebersihan mulai dari mandi dan menyikat gigi sendiri secara rutin akan membuatnya terbiasa untuk melakukan hal-hal tersebut bahkan tanpa disuruh.

2. Merapikan tempat tidur dan menjaga kerapian kamar

Selain kebersihan diri sendiri, kebersihan dan kerapian lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan. Biasakan si Kecil untuk mengawali harinya dengan merapikan tempat tidurnya setiap hari setelah bangun tidur. Kemudian, biasakan juga untuk meletakkan benda yang telah digunakan pada tempatnya, sehingga kamar si Kecil selalu bersih dan tertata rapi.

3. Membantu membersihkan rumah

Setelah belajar untuk bertanggung jawab pada kebersihan kamar sendiri, Ayah dan Ibu dapat membiasakan si Kecil untuk turut menjaga kebersihan rumah. Tidak perlu mengerjakan hal-hal yang berat dulu, melainkan bisa dimulai dari membawa piring kotor ke cucian piring setelah makan atau mebereskan mainan pada tempatnya setelah bermain.

4. Belajar dengan giat

Salah satu cara untuk giat belajar adalah dengan membiasakan belajar secara rutin. Ayah dan Ibu bisa menetapkan jadwal belajar bagi si Kecil, sehingga ia terbiasa untuk meluangkan waktu dalam sehari baik untuk belajar maupun mengerjakan tugas.

5. Selalu menghabiskan makanan

Ada saatnya ketika anak tidak mau menghabiskan makanannya. Jika segala cara tidak berhasil untuk membuatnya menghabiskan makanan, edukasi si Kecil tentang dampak dari tidak menghabiskan makanan.

Jelaskan bahwa limbah makanan memberikan banyak sekali dapak negatif dalam berbagai aspek. Salah satuhnya, limbah makanan adalah salah satu kontributor terbesar dalam pemanasan global.

6. Menghormati orang lain

Mengajari sopan santun dan toleransi sejak dini pada si Kecil sangatlah penting untuk pembentukan karakternya. Menghormati orang lain dapat dimulai dari menghormati orang tua dan keluarga terdekat. 

Kemudian Ayah dan Ibu dapat mengajarkan tentang toleransi dengan memberikan penjelasan bahwa setiap orang datang dari latar belakang yang berbeda-beda. Terlepas dari semua perbedaan itu, kita harus tetap bersikap baik dan menghormati orang lain.

7. Mengambil pelajaran dari kesalahan yang diperbuat

Melakukan kesalahan merupakan sesuatu yang normal dan tidak terhindarkan. Bahkan orang dewasa pun melakukan banyak kesalahan. Yang penting adalah bagaimana menanggapi hal tersebut. 

Saat si Kecil merasa sedih atau ingin menyerah saat melakukan kesalahan, doronglah ia untuk bangkit dan mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut agar ia bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Hal-hal ini memang kelihatannya sederhana. Namun, mengenalkan anak cara bertanggung jawab lewat hal-hal kecil sejak dini akan sangat berpengaruh pada pembentukan karakternya sampai ia sudah besar nanti.

Ayah dan Ibu juga bisa mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik lewat aplikasi, lho. Caranya adalah dengan mengenalkan anak pada aplikasi ICANDO. Banyak sekali game pembelajaran anak yang seru dan edukatif untuk si Kecil. Penasaran kan? Yuk, langsung download aplikasi pendidikan anak ICANDO.

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel