Tips & Trik

Pererat Hubungan Keluarga dengan 5 Ide Kerjasama di Rumah Ini

Admin ICANDO12 Jun 2021
kerjasama di rumah

Apakah Ayah dan Ibu pernah merasa bingung bagaimana cara agar Ayah dan Ibu bisa dekat dengan si Kecil? Sebagai orang tua pastinya Ayah dan Ibu ingin bisa dekat dengan si Kecil layaknya seorang teman. Dengan memiliki hubungan dekat, si Kecil akan lebih mudah menceritakan segala sesuatu yang dialaminya ke Ayah dan Ibu, bahkan hingga si Kecil tumbuh dewasa. 

Namun ternyata, membangun hubungan dekat dengan si Kecil bukan sesuatu yang mudah. Ayah dan Ibu sering merasa kebingungan untuk memulainya dan itu sesuatu yang wajar. Memang harus ada cara khusus agar hubungan dengan si Kecil menjadi erat, salah satunya adalah dengan membiasakan kerjasama di rumah. 

Tidak hanya dengan Ayah dan Ibu, kerjasama di rumah juga dapat mempererat hubungan si Kecil dengan anggota keluarga lainnya. Kakak dan adik bisa belajar kerjasama dan membantu melalui kegiatan kerjasama ini.

Dikutip dari Our Everyday Life, anggota keluarga yang bekerja bersama dapat membantu menyeimbangkan kekuatan dan kelemahan satu sama lain dan mendekatkan semua orang, menurut University of Illinois Extension

5 Contoh Kegiatan Kerjasama di Rumah 

Berikut adalah ide-ide kegiatan kerjasama yang bisa Ayah dan Ibu berikan kepada si Kecil agar lebih dekat dengan anggota keluarga, baik itu Ayah dan Ibu, kakak dan adik, ataupun kakek dan nenek:

1. Makan bersama keluarga

Kerjasama di rumah pertama yang bisa Ayah dan Ibu lakukan bersama di Kecil adalah dengan makan bersama keluarga. Meski terkesan sederhana, makan bersama bisa berdampak positif untuk perkembangan si Kecil, lho. 

Makan bersama keluarga akan meningkatkan kebiasaan makan yang baik bagi si Kecil. Kebiasaan makan yang baik tentunya akan berpengaruh ke kesehatan si Kecil. Selain itu makan bersama keluarga juga dapat melatih kekuatan mental, emosional, dan juga mental si Kecil. 

Ayah dan Ibu bisa menggunakan momen sarapan untuk makan bersama keluarga ini. Pastikan juga Ayah dan Ibu membuat suasana makan bersama ini menjadi menyenangkan dan jangan lupa untuk ajak ngobrol si Kecil. Minta si Kecil menceritakan rencananya hari ini atau apa yang telah dilakukan selama seharian ini.

2. Bermain bersama keluarga

Selain makan bersama keluarga, Ayah dan Ibu juga bisa mempererat hubungan dengan si Kecil melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, seperti berkumpul bersama. Berkumpul bersama ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. 

Bermain bersama di dalam rumah dapat dilakukan dengan permainan-permainan sederhana seperti lego atau monopoli. Di sini Ayah dan Ibu bisa kerjasama bersama si Kecil dalam permainan yang dilakukan.

Sedangkan, untuk kegiatan permainan di luar rumah dapat dilakukan dengan bersepeda bersama atau bermain bola. Selain dapat meningkatkan semangat si Kecil, bermain bersama keluarga juga dapat membuat hubungan Ayah dan Ibu semakin erat dengan si Kecil.

3. Melatih anak membantu orang tua

Melatih anak membantu orang tua menjadi cara selanjutnya untuk mempererat hubungan Ayah dan Ibu dengan si Kecil melalui kerjasama di rumah. Jika Ayah dan Ibu merasa ragu meminta si Kecil membantu, Ayah dan Ibu bisa memulainya dengan hal-hal kecil. 

Misalnya saat Ibu sedang menyapu atau mengepel, Ibu bisa meminta si Kecil untuk mengambilkan peralatan yang Ibu gunakan. Ayah juga bisa meminta bantuan si Kecil sesuai dengan kemampuan si Kecil, seperti membantu merapikan tempat tidur dan lainnya. 

Momen membantu orang tua ini akan membuat si Kecil merasa dibutuhkan oleh orang tua dan bisa mempererat hubungan Ayah dan Ibu bersama si Kecil.

4. Belajar bersama

Selain bermain bersama, belajar bersama keluarga juga dapat mempererat hubungan dengan si Kecil, lho. Ayah dan Ibu bisa menjadi guru pertama si Kecil sebelum si Kecil masuk sekolah. Ayah dan Ibu bisa mengajari si Kecil dengan hal-hal dasar terlebih dahulu, seperti berdoa, menghafalkan nama-nama binatang, sampai mengenal huruf dan angka. Pastikan baik Ayah maupun Ibu turut andil dalam kegiatan belajar ini.

Ayah dan Ibu juga bisa melibatkan si Kakak untuk membantu si Kecil belajar. Dengan belajar bersama keluarga, Ayah dan Ibu dapat melatih si Kecil untuk menyukai kegiatan belajar sejak dini. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kedekatan si Kecil bersama keluarga. Jika sewaktu-waktu si Kecil kesulitan di sekolah, ia tidak ragu bertanya kepada keluarga.

5. Merapikan kamar

Terakhir, kerjasama di rumah yang bisa dilakukan untuk mempererat hubungan dengan si Kecil adalah dengan merapikan kamar bersama. Jika si Kecil belum memiliki kamar sendiri, Ayah dan Ibu bisa meminta bantuan si Kecil untuk merapikan kamar bersama Ayah dan Ibu. Ayah dan Ibu bisa meminta bantuan mulai dari hal-hal kecil seperti melipat selimut, merapikan bantal dan guling, ataupun membantu Ayah dan Ibu membersihkan kamar.

Tumbuhkan rasa tanggung jawab kepada si Kecil atas tempat atau benda-benda yang ia gunakan dan ia miliki untuk menjaga dan membersihkannya setelah digunakan. Selain bisa meningkatkan kedekatan dengan si Kecil, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepedulian si Kecil atas barang-barang yang ia miliki.

Apresiasi Kerjasama si Kecil 

Setelah penjelasan beberapa kerjasama yang bisa dilakukan Ayah dan Ibu bersama si Kecil, Ayah dan Ibu juga bisa memberikan apresiasi kepada si Kecil setelah si Kecil berhasil kerjasama bersama Ayah dan Ibu. Apresiasi ini bertujuan agar si Kecil merasa dihargai atas apa yang telah dilakukan. Ayah dan Ibu bisa memberikan apresiasi sederhana seperti beberapa hal di bawah ini:

1. Memberikan Pujian

Apresiasi pertama yang dapat Ayah dan Ibu berikan kepada si Kecil adalah dengan memberikan pujian. Memberikan pujian merupakan cara termudah namun bisa memberikan kesenangan kepada si Kecil. Si Kecil juga merasa lebih dihargai dengan adanya pujian ini dan jika diberikan tugas di rumah lainnya si Kecil tidak ragu untuk melakukannya. Pujian juga bisa memberikan rasa percaya diri kepada si Kecil. Jadi, pastikan Ayah dan Ibu memberikan pujian atas hal-hal baik yang telah dilakukan si Kecil di rumah.

2. Memberikan Pelukan

Selain secara lisan, apresiasi kepada si Kecil juga dapat dilakukan dengan memberikan pelukan. Memberikan pelukan dapat mempengaruhi si Kecil dewasa. Pelukan akan membuat si Kecil merasa dicintai oleh keluarga dan akan mempererat hubungan si Kecil dengan Ayah dan Ibu.

3. Mengajak Si Kecil Jalan-Jalan

Pernah nggak sih Ayah dan Ibu memperhatikan apa yang dibutuhkan di Kecil? Selain kebutuhannya akan barang-barang yang membuatnya gembira, ternyata kebersamaan keluarga juga dapat membuat si Kecil gembira. Ayah dan Ibu bisa mengajak si Kecil jalan-jalan ke tempat-tempat yang menyenangkan, seperti kebun binatang ataupun taman bermain. Selain apresiasi, mengajak si Kecil jalan-jalan juga dapat mempererat hubungan si Kecil dengan Ayah dan Ibu.

4. Berikan Hadiah Sederhana

Sesekali Ayah dan Ibu bisa memberikan apresiasi kepada si Kecil melalui hadiah-hadiah sederhana. Ayah dan Ibu bisa memberikan mainan yang sangat diinginkan si Kecil atau memasakkan makanan kesukaan si Kecil. Selain akan membuat si Kecil merasa dihargai, hadiah juga akan memberikan semangat kepada si Kecil.

Selain yang telah disebutkan di atas, Ayah dan Ibu juga bisa mempererat kedekatan dengan si Kecil dengan bermain aplikasi belajar anak usia dini ICANDO bersama. Selain menyenangkan, 1000+ mini games yang terdapat di dalamnya dapat mengasah berbagai kemampuan si Kecil. Yuk, segera download aplikasi pendidikan anak ICANDO!

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel