Parenting

Berikan Kalimat Pujian agar si Kecil Bersemangat!

Admin ICANDO04 Jun 2021

Sudahkah Ayah dan Ibu memberikan pujian kepada si Kecil atas semua kebaikan yang dilakukan hari ini? Jika belum, cobalah untuk mulai membiasakan diri memberi pujian sebagai bentuk apresiasi kepada anak. Sebab, pujian yang diberikan dapat memberikan dampak luar biasa bagi psikologis mereka. 

Dilansir dari situs web Klik Dokter, Ikhsan Bella Persada, M. Psi, Psikolog mengungkapkan bahwa memberikan apresiasi atau pujian pada hal-hal baik yang telah dilakukan si Kecil dapat mendorong mereka untuk melakukan perilaku positif lainnya. 

Pujian berperan penting dalam tumbuh kembang anak, meski tidak selalu dengan hadiah barang atau lainnya. Seberapa penting pujian terhadap perkembangan anak? 

Pentingnya pujian bagi perilaku positif anak

Beberapa ahli psikologi dan pakar pendidikan  menekankan bahwa memberikan pujian merupakan langkah tepat untuk membentuk pribadi baik pada anak.  Menurut Wikipedia, pujian diartikan sebagai ucapan yang dapat membuat tersanjung, dan dapat memberikan motivasi pada orang yang dipuji. 

Seringkali orang tua kurang merespon perilaku baik yang ditunjukkan anak karena menganggap bahwa sudah sepatutnya mereka bersikap seperti itu. Padahal, perilaku baik yang ditunjukkan anak dalam keseharian juga perlu direspon. Sebab respon yang disampaikan orang tua dapat membantu si Kecil mengembangkan rasa percaya diri dan penghargaan anak terhadap diri mereka. 

Berikut ini beberapa manfaat lain dari pentingnya memberi pujian kepada si Kecil, antara lain :

Membantu anak mengembangkan kepribadian baik dan positif

Melansir dari laman Ibu dan Balita, menurut Elizabeth Hartkey-Brewer bahwa memuji anak merupakan bagian penting dari pola asuh atau metode mendidik anak.  Elizabeth menambahkan bahwa pujian menjadi dasar dalam mengembangkan pribadi anak menjadi individu yang lebih menghargai diri sendiri. 

Michael Grose, seorang educator parenting mengatakan bahwa dalam memberikan pujian, Ayah dan Ibu harus fokus pada hasil akhir yang telah dilakukan anak. Sebaiknya, pujilah anak dengan cara yang efektif. Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pujian dengan self-esteem yang tinggi. 

Dapat memicu kreatifitas

Pujian dapat pula mendorong anak memiliki motivasi tinggi dalam hidup, untuk selalu melakukan hal-hal baik bagi diri sendiri atau lingkungan. Pujian yang diucapkan dengan tulus tanpa berlebihan membuat anak merasakan bahwa dirinya benar-benar diakui oleh orang tuanya.  

Pujian ibarat penyemangat yang membantu si Kecil terus belajar. Dengan pujian, si Kecil akan menjadi bersemangat untuk bangkit atau mempertahankan kemampuannya. 

Membangun kedekatan di antara orang tua dan anak

Anak yang mendapat pujian dari Ayah dan Ibu akan merasa diakui oleh orang lain. Pujian yang efektif tidak berlebihan dapat membangun komunikasi yang semakin hangat

5 Hal Yang Perlu Ayah dan Ibu Lakukan Saat Memuji si Kecil

1.Puji si Kecil dengan dalam hal yang realistis

Memuji anak bukan sekadar memainkan kata agar membuatnya tersanjung saja. Ayah dan Ibu perlu membuat penekanan pada perilaku positif yang menjadi kekuatan anak. Ayah dan Ibu juga perlu memberi masukan pada beberapa hal yang memang perlu diperbaiki. 

Misalnya, pada saat mengantri giliran memesan makanan, apabila Ayah dan Ibu hanya memuji “wah, anak pintar!”. Pujian tersebut tidak salah, hanya kurang penekanan, mengapa anak dipuji pintar. 

Akan lebih baik apabila Ayah dan Ibu memuji dengan kalimat yang lebih bermakna. Seperti mengatakan “Kamu pintar sekali, Nak. hari ini sudah mau sabar dan berdiri tenang berada di dekat Ibu”. Pujian ini akan memberi penekanan yang dapat mengubah sikap anak secara tidak langsung. 

Seperti yang diungkap oleh Devi Sani, M. Psi seorang psikolog di dalam artikel Rainbow Castle bahwa teknik memuji seperti ini akan bekerja pada anak yang berusia 2-7 tahun. 

2. Beri pujian dengan tulus

Agar si Kecil lebih percaya diri, beri pujian dengan tulus dan tidak berlebihan. Pujian yang berlebihan akan membuat si Kecil tidak berani untuk mempelajari hal-hal baru. Selain itu, juga dapat membuat si Kecil ketergantungan dipuji, sehingga apapun yang dilakukannya hanya demi mendapat pujian saja. 

Ayah dan Ibu bisa menatap mata si Kecil pada saat memberikan pujian. Yakinkan kepada si Kecil bahwa pujian yang diberikan tersebut tulus. 

3. Fokuslah pada usaha yang dilakukan si Kecil

Ada kalanya si Kecil akan gagal dalam mengerjakan sesuatu  dan di luar harapan Ayah dan Ibu. Bangkitkan semangat si Kecil dengan menghargai proses yang telah dilakukannya dan tetap memberi pujian pada usaha anak. Misalnya, si Kecil sudah berusaha mendapatkan nilai yang terbaik, namun hasilnya belum maksimal, Ayah dan Ibu tetap perlu memuji kerja keras anak. 

4. Sebaiknya hindari memberi julukan khusus

Ketika memuji anak, sebaiknya tidak memberi julukan khusus/ labelisasi, seperti “si ahli matematika”. Selain dapat membuat si Kecil menjadi sombong, hal ini juga akan berdampak pada psikologis mereka. Bagaimana bisa? 

Labelisasi dapat membuat harga diri anak menurun. Misalnya, label “ahli matematika” telah melekat di pikiran anak, lalu suatu hari anak mendapatkan nilai matematika yang rendah. Kejadian tersebut dapat menyebabkan perasaan gagal dan frustasi pada anak. 

5. Perhatian pada hal-hal yang kecil

Seringkali Ayah dan Ibu hanya memuji anak ketika berprestasi, namun lupa bahwa ada kebaikan lain yang dilakukan anak. Misalnya saja, si Kecil yang telah merapikan kamar sendiri tanpa diminta oleh orang tua. Pujilah hal tersebut, sebagai tanda Ayah dan Ibu memperhatikan mereka secara lebih mendetail. 

Contoh Kalimat Pujian yang Tidak Berlebihan

Berikut beberapa contoh kalimat pujian yang bisa menjadi referensi Ayah dan Ibu saat hendak mengapresiasi si Kecil.

1. Wah, kamu berhasil melakukannya sendiri!

Alih-alih mengatakan “Hebat” atau “ Bagus”, Ayah dan Ibu telah mengakui kemampuan mandiri anak. Pujian ini akan dapat membuat anak tertantang untuk melakukan semua sendiri.

2. Ayah dan Ibu bersyukur karena kamar menjadi lebih rapi berkat bantuanmu, nak. 

Pujian ini juga mengandung ucapan terima kasih atas bantuan dan perilaku baik si kecil.

3. Terima kasih sudah menemani ibu belanja hari ini, ibu senang sekali belanja bersamamu. 

Pujian yang sederhana namun berhasil membuat anak merasa telah diapresiasi. 

4. Wah, imajinasimu bagus sekali, nak!

Pujian ini dapat diutarakan pada saat belajar tentang seni. Seringkali orang tua memaksa agar anak menggambar realistis dengan warna-warna menarik. Dan lupa, bahwa seni itu bebas. Pujilah proses anak membuat karya seni dengan imajinasi mereka, bukan hasil akhirnya. 

5. Wah, kamu benar-benar kakak yang baik karena sudah mau bekerja sama dengan adik!

Pujian ini akan membuat si Kecil memahami arti tolong menolong dan menjaga kerukunan dengan orang lain. Pujian seperti ini dapat menjadi bekal tumbuh kembangnya sebagai makhluk sosial dalam masyarakat. 

Selain mengucapkan secara langsung, Ayah dan Ibu juga bisa memberi kalimat-kalimat pujian melalui aplikasi permainan anak edukatif ICANDO. Ayah dan Ibu dapat memantau perkembangan belajar si Kecil secara real-time melalui pencapaiannya dalam berbagai tahapan permainan edukasi di ICANDO. Yuk, download aplikasi belajar anak terpopuler ICANDO dan jangan lupa untuk selalu berikan pujian kepada si Kecil usahanya untuk terus belajar bersama ICANDO! 

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel