Rekomendasi

Tetap Berkesan, 8 Ide Rayakan Ulang Tahun Anak Sederhana di Rumah

Admin ICANDO08 Jun 2021
ide ulang tahun anak di rumah

Perayaan ulang tahun biasanya identik dengan kemeriahan dan keramaian baik bersama keluarga maupun teman. Ayah dan Ibu pastinya menginginkan perayaan ulang tahun yang berkesan bagi si Kecil. Namun, di kala pandemi COVID-19 ini, tentu hal tersebut tidak dapat dilaksanakan demi menjaga keamanan semua orang.

Sebagai alternatif, Ayah dan Ibu dapat merayakan ulang tahun si Kecil di rumah. Eits, tapi Ayah dan Ibu tidak usah khawatir. Merayakan ulang tahun di rumah juga bisa dibuat menjadi berkesan, lho. Simak 8 ide untuk merayakan ulang tahun anak di rumah berikut ini!

1. Lakukan sesuatu yang istimewa

Karena hari ulang tahun adalah hari istimewa si Kecil, lakukanlah hal-hal istimewa. Sesuatu yang istimewa ini bisa berupa hal-hal kecil seperti menyanyikan lagu ulang tahun dan memberikan ucapan ulang tahun untuk anak di pagi hari saat ia baru bangun.

Ayah dan Ibu juga bisa mengizinkan si Kecil melakukan hal-hal yang biasanya tidak diperbolehkan di hari-hari biasa. Misalnya, si Kecil boleh sarapan di tempat tidur atau boleh menonton kartun di televisi lebih lama daripada hari-hari biasa.

2. Dekorasi ruangan dengan tema pilihan si Kecil

Merayakan ulang tahun di rumah bukan berarti tidak bisa membuatnya menjadi meriah. Ayah dan Ibu bisa menyiapkan pesta ulang tahun kecil-kecilan dengan mendekorasi ruang keluarga ataupun kamar si Kecil sesuai tema pilihannya, misalnya tema princess, superhero, kebun binatang atau apapun yang disukai oleh si Kecil. Caranya mudah, cukup cetak beberapa gambar yang sesuai dengan tema dan tempelkan atau gantungkan gambar di area dinding, meja, dan perabot lainnya. 

3. Pesta ulang tahun belum lengkap kalau tidak ada kue

Kue adalah salah satu elemen paling penting dalam sebuah pesta ulang tahun. Ayah dan Ibu bisa memesan kue yang sesuai dengan tema ulang tahun si Kecil. Perlu dicatat, kue ulang tahun juga tidak harus fancy. Ayah dan Ibu juga bisa membuat sendiri kue atau cupcake untuk ulang tahun si Kecil.

4. Dress up!

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mengenakan kostum di pesta ulang tahun bertema. Berikan si Kecil kostum karakter favorit dari tema yang sudah ditentukan. Agar lebih meriah, Ayah dan Ibu dapat membuat properti kostum sederhana dengan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah.

5. Berkumpul secara virtual

Walaupun tidak bisa bertemu dengan keluarga besar dan teman-teman secara langsung, bukan berarti si Kecil tidak bisa merayakannya bersama mereka. 

Ajaklah keluarga besar Ayah dan Ibu untuk menghadiri pesta ulang tahun virtual melalui layanan video call. Ayah dan Ibu juga bisa meminta keluarga untuk turut memeriahkan pesta dengan menyanyikan lagu ulang tahun dan memberikan ucapan ulang tahun untuk si Kecil.

6. Membuat piñata

Girl in Red Dress Holding Umbrella

Agar perayaan ulang tahun si Kecil semakin meriah, Ayah dan Ibu dapat membuat piñata untuk dimainkan oleh si Kecil di halaman rumah. Piñata dapat dibuat dengan menggunakan kardus bekas dan kertas krep yang diisi oleh permen, cokelat, dan hiasan-hiasan kecil.

7. Biarkan si Kecil memilih menu makanan

Ayah dan Ibu dapat menyediakan makanan favorit si Kecil di hari ulang tahunnya atau menanyakan makanan apa yang diinginkannya pada hari itu. Jika memesan makanan dari luar, jangan lupa melakukan contactless delivery dan mencuci tangan ketika memegang tempat makanannya ya, Ayah dan Ibu!

8. Movie/game night

Untuk menutup pesta ulang tahun si Kecil, Ayah dan Ibu dapat mengadakan movie night dengan menonton film kesukaan si Kecil lewat layanan streaming yang tersedia di internet. Matikan lampu dan gunakan proyektor agar kegiatan menonton menjadi lebih seru.

Selain menonton film, Ayah dan Ibu juga bisa mengadakan game night dengan bermain kartu, board game, ataupun permainan digital bersama si Kecil. Nah, Ayah dan Ibu dapat mengunduh aplikasi game pendidikan anak ICANDO dan mengajak si Kecil untuk memainkannya bersama-sama agar momen ulang tahun makin meriah! Tidak hanya menyenangkan, ribuan game edukasi dalam aplikasi ICANDO juga dapat meningkatkan kemampuan si Kecil, lho! Yuk, download aplikasi permainan anak edukatif ICANDO sekarang!

Artikel Populer

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

8 Rahasia Anak Tumbuh Ceria yang Wajib Diketahui

07 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Guru Nasional 2021: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

05 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Anak Sedunia Diperingati 20 November, Intip Temanya Tahun Ini!

22 Nov 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Kenalkan Hari Kesehatan Nasional 12 November pada si Kecil, Yuk!

12 Nov 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel