Rekomendasi

Super Seru, Intip 10 Ide Kegiatan di Rumah untuk Dilakukan Bareng si Kecil

Admin ICANDO13 Apr 2021
anak anak menonton tv bersama ibu

Semenjak ada pandemi virus Corona (COVID-19), aktivitas si Kecil jadi terbatas. Yang awalnya si Kecil bisa bermain dengan teman-temannya baik di sekolah maupun di lingkungan rumah, kini waktu kebanyakan dihabiskan di dalam rumah. 

Wajar jika si Kecil, dan bahkan juga Ayah dan Ibu, untuk merasa jenuh dan bosan karena rutinitas yang monoton dan begitu-begitu saja. Nah, berikut adalah aktivitas yang dapat dilakukan bersama si Kecil untuk mengatasi rasa bosan.

1. Membaca buku karakter favorit

Membaca buku sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Selain menambah wawasan dan melatih perkembangan bahasa membaca, mendengarkan cerita dalam buku dapat mendorong imajinasi dan rasa ingin tahu anak. Pilihlah buku yang disukai si Kecil atau berikan ia kebebasan untuk memilih. Setelah itu, mintalah si Kecil untuk menceritakan kembali isi buku tersebut.

2. Menggambar dan mewarnai

Menggambar dan mewarnai dapat melatih motorik halus dan konsentrasi si Kecil. Dengan menggenggam pensil atau krayon saat menggambar dan mewarnai, si Kecil melatih kekuatan tangannya. Sediakan kertas dan media warna yang disukai si Kecil dan biarkan ia bermain dengan kreativitasnya.

3. Membuat prakarya dari barang-barang bekas

Jika Ayah dan Ibu punya barang-barang bekas di rumah, benda-benda tersebut dapat disulap menjadi kreasi yang unik. Ajak si Kecil untuk berkreasi dengan benda-benda tersebut. Misalnya seperti bus dari kardus susu atau tempat pensil dari kaleng bekas.

4. Membuat eksperimen sains sederhana

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal-hal baru. Oleh sebab itu, melakukan eksperimen sains sederhana adalah kegiatan yang menyenangkan untuk si Kecil. 

Eksperimen yang dilakukan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Misalnya membuat lampu lava dengan menggunakan botol bekas, minyak sayur, air, pewarna makanan, dan tablet Alka-Seltzer. Jangan lupa untuk menjelaskan kenapa hal tersebut dapat terjadi untuk menambah wawasan si Kecil.

5. Menonton film bersama

Menonton film adalah kegiatan yang asyik dilakukan bersama si Kecil. Agar kegiatan menonton film bisa semakin seru, Ayah dan Ibu bisa menyediakan proyektor dan kain putih untuk memberikan kesan seperti menonton film di bioskop.

6. Belajar memasak

Pernahkah si Kecil penasaran atau ingin nimbrung ketika Ibu sedang memasak? Ternyata belajar memasak memiliki banyak manfaat untuk anak. Ketika belajar memasak, si Kecil mulai mengenal alat dan bahan-bahan digunakan, sehingga menambah pengetahuan kosakatanya. Selain itu, memasak juga melatih motorik halus dan konsentrasi.

7. Bermain permainan papan

Selain menyenangkan, permainan papan atau board game, seperti scrabble dan monopoli, memiliki banyak manfaat untuk perkembangan otak. Dengan bermain, si Kecil belajar memahami instruksi. Selain itu, si Kecil juga belajar tentang kompetisi dan bagaimana cara menghadapi kegagalan ketika mengalami kekalahan.

8. Bermain game edukasi di smartphone atau tablet

Selain bermain permainan papan, Ayah dan Ibu juga bisa mengajak si Kecil untuk memainkan game yang tersedia di smartphone atau tablet. Jangan lupa pilih game yang tidak hanya seru, tetapi juga edukatif. ICANDO, aplikasi game edukasi anak yang dirancang untuk membekali anak dengan kecakapan hidup abad 21, dapat menjadi salah satu pilihan bagi si Kecil. Aplikasi ini dapat diunduh melalui App Store maupun Google Play

9. Bercocok tanam

Selain berkegiatan di rumah, si Kecil juga butuh untuk pergi keluar untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi stres. Karena situasi di masa pandemi ini memungkinkan untuk pergi jauh, Ayah dan Ibu bisa mengajak si Kecil untuk bercocok tanam di halaman rumah.

10. Piknik di halaman rumah

Selain bercocok tanam, piknik adalah kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di luar rumah bersama si Kecil. Gelar tikar piknik di halaman rumah dan siapkan makanan kesukaan si Kecil. Makan siang akan terasa menjadi lebih menyenangkan! 

Dengan melakukan aktivitas di atas, hari-hari di rumah tidak akan terasa membosankan lagi. Apalagi kalau ditemani oleh ICANDO! Ada 1000+ variasi game edukasi anak di aplikasi ICANDO yang bisa dimainkan bersama si Kecil, lho!

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel