Rekomendasi

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

Admin ICANDO12 May 2021

Album foto merupakan kumpulan sebuah kenangan yang terkumpul rapi pada lembaran kerta di dalam sebuah buku. Kerapkali digunakan sebagai penyimpan kenangan manis yang ingin sekali untuk diingat karena kehangatannya, kisahnya, perjalanannya, pengalamannya, ataupun rasanya. Termasuk dalam menyimpan kenangan si kecil.

Kelahiran si kecil merupakan momen yang amat mengharukan bagi Ibu dan Ayah. Perwujudan akan perjuangan Ibu dalam melahirkan serta kesetiaan Ayah mendampingi Ibu serta menati kelahiran buah hati. 

Tumbuh kembang anak juga merupakan salah satu momen istimewa yang kerapkali diabadikan. Tawanya yang riang, kali pertama duduk, kali pertama berdiri, bahkan ekspresi si kecil mencoba makanan yang asam juga indah sekali untuk dikenang. Maka tak mengherankan bila Ibu dan Ayah memiliki album foto khusus si Kecil.

Judul Album Foto Anak

Album foto anak alangkah lebih manis bila diberi judul. Judulnya tidak perlu panjang-panjang. Cukup 3-4 kata saja, namun memiliki makna mendalam yang dapat mewakili segala kenangan di album foto tersebut. Berikut ini adalah contoh judul album foto anak yang bisa ditiru atau dimodifikasi:

  • Kenangan Manis si Kecil
  • Tawa Riang Buah Hati
  • Hari-Hari Penuh Tawa
  • Simpan Kenangan Indah
  • Bayi Bahagia
  • Sumber Kebahagiaan Keluarga
  • Canda Tawa si Kecil
  • My Best Sunshine
  • Our Good Mood
  • My Little Princess
  • God's Greatest Gift

Boleh juga bila judul album fotonya disertakan nama si kecil. Supaya si kecil merasa memiliki album foto itu bila ia besar nanti. Sebab album foto adalah penyimpan kenangan terbaik yang tak akan bisa terulang kembali.

Jenis Album Foto

Apabila hendak mengumpulkan kenangan dalam sebuah album foto, sebaiknya memilih jenis album foto sesuai karakter Ibu dan Ayah. Hal ini dikarenakan masing-masing jenis album foto memiliki keunikan tersendiri yang disesuaikan dengan pemiliknya.

Secara garis besar, terdapat 3 jenis album foto yang ada di dunia, antara lain pocket folder, self adhesive dan scrapbook. Album foto ini dibedakan berdasarkan kemudahan penyimpanan dan kelebihannya masing-masing.

1. Pocket Folder

Jenis album foto ini sering dimiliki banyak orang karena amat sederhana dan mudah digunakan. Bentuknya kecil seperti dompet lipat atau buku ukuran A5-A6. Di dalamnya sudah ada plastik-plastik yang apabila ditarik lalu diselipkan foto, maka penyimpanan foto telah dinyatakan aman. Jenis album foto ini sederhana karena bentuknya simetris dan tidak perlu menambahkan teks maupun ilustrasi.

2. Self Adhesive

Apabila Ibu dan Ayah hendak menyimpan foto dalam berbagai ukuran, maka album foto jenis self adhesive adalah solusinya. Album foto jenis ini memiliki plastik lengket yang kokoh untuk menjaga foto agar tidak keluar dari album foto. Biasanya album foto ini ukurannya besar seperti ukuran A4 maupun F4. 

3. Scrapbook

Bila hendak menyimpan foto dengan dekorasi yang indah, maka album foto berjenis scrapbook sangat disarankan. Dengan menggunakan jenis album foto ini, maka Ibu dan Ayah dapat mengatur posisi foto, menempel stiker, bahkan menulis pesan atau kalimat mutiara di halaman yang poles. 

Di scrapbook tidak ada poket atau halaman yang lengket sehingga membuat kegiatan menghias album menjadi lebih mudah. Lalu untuk menempel foto, Ibu dan Ayah dapat menggunakan washi tape. Bahkan Ibu dan Ayah dapat mengajak si kecil untuk membuat foto album sendiri. Amat berharga untuk mengasah kemampuan dan kreativitas si kecil.

Album Foto Kekinian

Kini album foto dapat dibuat sendiri sesuai selera masing-masing. Tidak lagi kaku seperti zaman dulu yang 1 lembar 1 foto atau 1 lembar berisi 3 foto dengan tatanan simetris. Album foto kekinian sekarang ini lebih trendy. Banyak ornamen dan hiasan yang menarik perhatian. Hiasan-hiasan itu juga dapat menyemarakkan si kecil yang penuh tawa bahagia.

Apabila Ibu dan Ayah hendak membuat album foto sendiri atau secara otodidak, gampang kok caranya. Bahkan Ibu dan Ayah bisa membuat album foto dengan hitungan menit. Bagaimana itu bisa terjadi? Yakinlah bahwa teknologi yang canggih mempermudah segalanya termasuk dalam hal membuat album foto.

Lalu, bagaimana cara membuat album foto kekinian? Cara paling gampang adalah memanfaatkan aplikasi yang ada untuk membuat desain foto. Bisa menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Design, Inkscape dan sebagainya. Namun sepertinya aplikasi tersebut berat dan tidak semua orang tua memiliki laptop yang mumpuni untuk memasang software-software desain tersebut.

Maka dari itu bisa menggunakan aplikasi desain grafis yang bisa diakses secara online. Beberapa website penyedia desain grafis yang bisa diandalkan adalah Canva, Picsart, Sketchbook, Afterlight, dan sebagainya.

Pilih salah satu saja aplikasi desain grafis yang dirasa mudah untuk digunakan. Biasanya aplikasi tersebut menyediakan beberapa template foto yang dapat digunakan dan dipilih sesuka hati. Ayah dan Ibu juga dapat memadupadankan template tersebut untuk membuatnya fleksibel dan serbaguna. Biasanya disediakan pula desain template yang mendukung seperti tema kelahiran bayi, ulang tahun, makanan, dan lainnya. Jadi manfaatkan template desain yang ada untuk menambah keindahan album foto anak.

Setelah memilih template, maka hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menambahkan foto. Foto dapat diunggah secara mudah. Cukup tarik dan lepaskan dari desktop, lalu gambar akan muncul di layar. Kemudian foto tersebut diarahkan ke template foto yang telah dipilih. Lakukan hal tersebut untuk beberapa foto lainnya supaya terbentuk sebuah album.

Untuk membuat album foto tampak bercerita, maka Ibu dan Ayah bisa menambahkan teks atau kalimat pemanis di beberapa lembar foto. Entah tentang tanggal lahir, warna dominan, makanan favorit, hewan favorit, dan lainnya. 

Alangkah lebih indah bila di akhir album, diberi teks tentang kata mutiara atau harapan. Kelak bila si kecil melihat album foto ini suatu hari nanti, kemungkinan besar kata-kata mutiara atau harapan tersebut akan membangkitkan semangatnya.

Album foto yang dibuat secara online, maka bisa dibagikan secara online melalui media sosial pribadi atau boleh bila hendak dicetak. Apabila album foto hendak dicetak, maka gunakan kertas foto khusus supaya warna foto lebih jelas dan tetap awet hingga si kecil sudah dewasa. Beberapa jenis kertas foto digital yang banyak digunakan antara lain canvas paper, premium glossy photo paper, double side paper, laster photo paper, glossy photo paper, inkjet paper, dan lainnya. 

Dalam pencetakan album foto, alangkah lebih mudah bila Ibu dan Ayah menyerahkan urusan mencetak foto kepada percetakan yang tengah berpengalaman. Jadi Ibu dan Ayah tidak perlu repot-repot menunggu cetakan yang hasilnya belum tentu maksimal. Jadi serahkan saja urusan percetakan kepada ahlinya, sehingga Ibu dan Ayah tinggal menerima hasil jadinya yang dipastikan akan memenuhi ekspektasi.

Ibu dan Ayah pasti senang saat melihat hasil album foto yang dibuat atas kreasi sendiri. Pasti tersirat rasa bangga karena mampu mengabadikan kenangan si kecil dengan baik. Sebab, kenangan si kecil amat berharga karena waktu tidak dapat diulang.

Oh iya, ada kabar baik nih untuk bunda, bunda bisa menerapkan tips di artikel ini lewat cerita fabel. Lewat cerita fabel, si kecil bisa mengenal beraneka ragam hewan. Bunda hanya tinggal menginstal aplikasi ICANDO, di dalam aplikasinya, ada banyak buku cerita menarik dan ensiklopedia. Yuk install ICANDO sekarang.

Referensi:

Arum Sutrisni Putri (Penulis Artikel), (2020, Oktober 19). Macam-Macam Software Desain Grafis. Retrivied February, 2021. https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/19/100000469/macam-macam-software-desain-grafis

Maulana Adieb (Penulis Artikel), (2020, April 6). 5 Aplikasi Desain Grafis yang Dapat Mempercantik Foto Kamu. Retrivied February, 2021. https://glints.com/id/lowongan/aplikasi-desain-grafis/#.YC5zADLis2w

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel