Rekomendasi

5 Hewan Peliharaan yang Aman Untuk si Kecil

Admin ICANDO30 Apr 2021

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang harus dikenalkan kepada si Kecil sejak dini. Ayah dan Ibu dapat memperkenalkan beragam jenis hewan melalui gambar dua dimensi, mainan berbentuk hewan, ataupun mengajak si Kecil berwisata ke kebun binatang. 

Yakin deh, si Kecil pasti akan antusias saat melihat hewan-hewan di dalam kandang. Mereka akan melihat gajah yang besar, jerapah yang tinggi, buaya yang panjang, dan lainnya. Tak hanya itu, berbagai jenis kucing dan ikan juga ada di kebun binatang. 

Tak jarang ada beberapa sudut di kebun binatang yang menyediakan spot bermain bersama hewan, seperti kelinci, burung kakak tua, kura-kura dan lainnya.

Jika sudah keasyikan bermain dengan hewan-hewan lucu tersebut, biasanya si Kecil enggan pulang. Tentu saja ini akan merepotkan Ibu dan Ayah karena harus membujuk si Kecil pulang ke rumah tanpa membawa hewan-hewan tersebut.

Namun tenang saja, Ayah dan Ibu dapat membujuk si Kecil dengan cara lain, kok. Coba tawarkan kepada si Kecil untuk memelihara hewan sendiri di rumah. Niscaya si Kecil akan langsung mengangguk dan bersedia untuk pulang.

Perlunya Edukasi yang Matang Sebelum Si Kecil Memelihara Hewan

Tentu saja, untuk memelihara hewan peliharaan bagi si Kecil, butuh pelatihan atau edukasi yang panjang. Ayah dan Ibu dapat mengenalkan hewan-hewan yang cocok untuk dipelihara si Kecil di rumah. 

Selain itu, Ayah dan Ibu juga dapat mengedukasi si Kecil terlebih dahulu bagaimana cara merawat binatang, bagaimana bersikap baik kepada binatang, dan sebagainya. Dalam hal ini, Ayah dan Ibu menanamkan sikap tanggung jawab kepada si Kecil.

Apabila si Kecil merasa diberi kepercayaan dan tanggung jawab, maka ia tidak akan segan-segan untuk merawatnya dengan baik. Namun tentu saja Ayah dan Ibu tidak lepas tangan dalam merawat hewan peliharaan ya.

Tak lupa, saat memberi hewan peliharaan kepada si Kecil, pastikan hewan tersebut sudah bebas dari virus dan bakteri supaya kesehatan si kecil tetap terjaga. Alangkah lebih baik bila membeli hewan peliharaan di toko yang khusus menyediakan hewan peliharaan. Ajak saja si Kecil untuk memilih hewan peliharaan favoritnya. 

Tentu saja Ibu dan Ayah dapat memberlakukan aturan atau syarat untuk si Kecil. Misalnya, harus rajin memberi makan setiap pagi dan sore, harus sayang dan tidak boleh dilukai, dan sebagainya.

5 hewan peliharaan yang aman untuk yemani si Kecil bermain

Ada berbagai jenis hewan peliharaan yang bisa dibawa pulang untuk menjadi teman main si Kecil. Pastikan memilih hewan peliharaan yang aman untuk si Kecil ya, Ayah dan Ibu. Sebab keamanan anak-anak adalah prioritas utama yang harus diperhatikan. Berikut ini terdapat 5 binatang peliharaan yang aman dan disukai anak kecil.

1. Ikan

Pilihan pertama yang paling aman untuk dijadikan teman main si kecil adalah ikan. Hewan yang hidup di air ini dapat dibawa pulang ke rumah dengan menempatkannya di dalam akuarium. Ayah dan Ibu bisa memilih ikan koi yang kecil atau ikan cupang sebagai hewan peliharaan si kecil. Dijamin si Kecil pasti suka sekali dengan gerak-gerik ikan yang berenang bebas di dalam akuarium!

Apabila Ayah dan Ibu hendak memberi makan ikan, maka ajaklah si Kecil untuk memberi makan ikan juga. Sampaikan bahwa ikan itu sama dengan manusia yang membutuhkan makan seperti manusia.

2. Kura-kura

Kura-kura merupakan salah satu hewan yang cukup populer di cerita fabel ataupun buku dongeng anak-anak. Maka tidak mengherankan bila si kecil akan merasa antusias ketika ada kura-kura yang tinggal di rumahnya. 

Tidak perlu kura-kura besar yang beratnya melebihi manusia. Ada beberapa jenis kura-kura kecil sebesar telapak tangan manusia yang biasa dipelihara di rumah.

Selain itu, Ibu dan Ayah juga dapat mengajarkan bahwa kura-kura adalah salah satu hewan yang tangguh karena kesabarannya. Meskipun jalannya lambat, namun apabila konsisten maka ia akan sampai ke tujuan. Jadi, kura-kura dapat mengajarkan sifat konsisten dan ketekunan kepada si kecil.

3. Kucing

Hewan peliharaan yang sangat populer di Indonesia adalah kucing. Di mana-mana ditemukan kucing. Entah di taman, jalan, gedung, mall dan sebagainya ditemukan kucing beraneka jenis yang lucu dengan bulu-bulunya. 

Biasanya si Kecil akan teralih perhatiannya bila ia mendapati kucing di dekatnya. Jangan kaget bila si Kecil berani menggendong kucing sekuat yang ia bisa.

Tidak ada salahnya bila si kecil memelihara kucing di rumah. Tenang saja, kucing yang ramah dengan manusia akan turut merasa menjaga si Kecil bila sudah berkawan baik. Namun pastikan saja kucing sudah disteril dan dirawat setiap hari supaya si Kecil tetap aman dan sehat.

4. Hamster

Hewan pengerat berukuran mini ini sangat aman bila dijadikan hewan peliharaan oleh si kecil. Ia yang memiliki tingkah lucu dan menggemaskan, tentu akan menarik perhatian si kecil untuk bermain-main dengannya. Apalagi bulunya yang lembut, sangat menyenangkan untuk dielus-elus.

Ayah dan Ibu dapat memelihara hamster sebagai hewan peliharaan si Kecil di rumah. Cukup 1 atau 2 hamster yang dimasukkan ke dalam kandang. Lengkapi dengan permainan yang disukai hamster serta makanan kuaci yang cukup supaya hamster mau beradaptasi di rumah baru. 

Apabila si kecil sudah akrab dengan hamster, pastikan diajarkan untuk tidak meremas-remas hamster karena tubuhnya yang kecil. Jadi, Ayah dan Ibu harus memantaunya dengan baik.

5. Kelinci

Hewan bertelinga panjang ini merupakan salah satu hewan yang disukai anak-anak karena tampak lucu dan menggemaskan. Ayah dan Ibu dapat memelihara kelinci di halaman belakang dengan kandang yang nyaman dan wortel yang cukup. 

Biarlah kelinci dilepas di halaman rumah untuk menjadi teman berlari si Kecil. Si Kecil akan sangat senang bila ia memiliki teman bermain yang bisa diajak berlarian. Bermain bersama kelinci adalah salah satu cara yang baik untuk menyalurkan energi si Kecil.

Itulah 5 hewan peliharaan yang aman untuk menjadi teman main si Kecil. Masing-masing hewan memiliki perannya sendiri dan dapat menjadi contoh nyata bagi si Kecil tentang berperilaku. Misalkan, kura-kura mengajarkan konsistensi, kelinci mengajarkan untuk rajin makan sayur, kucing mengajarkan kebersihan diri, dan seterusnya. 

Hewan peliharaan yang ada di rumah dapat menjadi contoh yang baik bagi si Kecil. Tidak perlu terheran-heran bila mendapati bahwa si Kecil akan lebih patuh karena teman bermainnya itu telah memberikan contoh nyata yang baik bagi kehidupannya.

Nah, ada rekomendasi aplikasi menarik nih untuk Ayah dan Ibu. Lewat aplikasi pendidikan ICANDO, si Kecil bisa belajar mengenal hewan dan berbagai macam hal lainnya. Terdapat banyak mini games yang seru dan edukatif di dalamnya. Yuk unduh ICANDO sekarang!

Referensi:

Annastasya (Penulis Artikel). (2020, September 28). Nih Gaes! Sederet Hewan Peliharaan yang Baik Untuk Anak-Anak. Retrieved February, 2021. https://www.minews.id/gaya-hidup/nih-gaes-sederet-hewan-peliharaan-yang-baik-untuk-anak-anak

Niken Widya Yunita (Penulis Artikel). (2018, September 30). 5 Hewan Kecil Terbaik Untuk Dipelihara Anak-Anak. Retrieved February, 2021.  https://www.haibunda.com/parenting/20180930181258-61-26056/5-hewan-kecil-terbaik-untuk-dipelihara-anak-anak

Rita Nariswari (Editor). (2018, Maret 10). 7 Hewan Peliharaan yang Cocok Untuk Anak. Retrieved February, 2021. https://cantik.tempo.co/read/1068459/7-hewan-peliharaan-yang-cocok-untuk-anak/

Artikel Populer

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

8 Rahasia Anak Tumbuh Ceria yang Wajib Diketahui

07 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Guru Nasional 2021: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

05 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Anak Sedunia Diperingati 20 November, Intip Temanya Tahun Ini!

22 Nov 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Kenalkan Hari Kesehatan Nasional 12 November pada si Kecil, Yuk!

12 Nov 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel