Parenting

Wajib Tahu, Inilah 5 Hak Anak di Rumah yang Harus Dipenuhi!

Admin ICANDO20 Apr 2021
anak perempuan bahagia melihat makanannya datang

Sejak usia dini, biasanya anak-anak telah diberi tahu tentang kewajibannya. Namun tahukah Ayah dan Ibu? Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga tentunya memiliki hak yang wajib dipenuhi, termasuk hak-hak anak ketika berada di rumah.

Agar tumbuh dan berkembang secara optimal, penting bagi orang tua untuk menyeimbangkan antara hak dan kewajiban.

Hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan oleh seseorang sejak lahir. Setiap individu memiliki hak, tidak terkecuali dengan anak-anak. Hal ini diatur pada UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Jadi apa saja sih hak anak di rumah yang wajib dipenuhi oleh Ayah dan Ibu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memperoleh kesehatan

Anak memiliki hak untuk mendapatkan memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual, dan sosial. Hal tersebut sesuai dengan yang disebutkan di pasal 8.

Hal yang paling mendasar terkait dengan hak kesehatan anak adalah orang tua harus menyediakan asupan bergizi dan bernutrisi untuk menunjang pertumbuhan anak. Seperti pada enam bulan awal kehidupannya, anak berhak mendapatkan ASI yang dilanjutkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Kemudian, pemenuhan nutrisi bisa diberikan dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Selain dari segi makanan dan minuman, orang tua harus selalu sigap untuk memberi pertolongan ketika anak sedang sakit. Hal ini tidak hanya berlaku pada kesehatan fisik saja. Orang tua juga perlu memerhatikan perkembangan psikis anak. 

2. Mendapatkan pendidikan

Seorang anak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Hal ini disebutkan dengan jelas pada pasal 9 ayat 1, yaitu “setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya.”

Namun bukan hanya pendidikan yang didapatkan dari sekolah atau tempat bimbel, orang tua juga memiliki peran yang penting dalam perkembangan anak. Ketika anak mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran, orang tua dapat membantu anak dalam mengerjakan PR. 

3. Mendapatkan perlindungan

Pada pasal 13, dijelaskan bahwa anak-anak berhak mendapat perlindungan dari segala hal yang mengancam keselamatan anak. Ancaman tersebut tidak hanya berupa kekerasan fisik, namun juga kekerasan verbal yang berpengaruh pada mental anak.

Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menjamin keamanan dan memberikan perlindungan pada anak, baik anak perempuan maupun laki-laki. 

4. Menyampaikan dan didengarkan pendapatnya

Walaupun masih anak-anak, bukan berarti pendapat anak dapat diabaikan begitu saja. Hal ini terdapat pada pasal 10 yang berbunyi “setiap anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.”

Dengan memberikan ruang bagi anak untuk berpendapat, anak dapat mengembangkan keterampilan sosialnya dan mendorongnya untuk berpikir secara kritis. Selain itu, mendengarkan anak dapat memperkuat hubungan antara anak dan orang tua.

5. Hak untuk bermain dan berekreasi

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami stres dan kejenuhan. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk memberikan waktu untuk anak bermain dan berekreasi. Pikiran yang jernih dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

Pentingnya bermain dan berekreasi disebutkan dalam pasal 11, yaitu “setiap anak berhak untuk beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak yang sebaya, bermain, berekreasi, dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya demi pengembangan diri.”

Ayah dan Ibu dapat mengajak anak ke tempat rekreasi atau mendampinginya bermain permainan yang disukainya. Belajar sambil bermain juga dapat meningkatkan keterampilan anak.

Ketika hak-hak seorang anak terpenuhi dengan baik, ia akan mengerti bahwa hak tersebut juga melekat pada anak-anak lain di sekitarnya. Pemahaman ini tentunya menghadirkan dampak positif bagi anak, seperti:

  • Membuat anak lebih toleran dan berempati terhadap sesama
  • Menjauhkan anak dari perilaku buruk, seperti rasisme, streotyping, bullying, maupun prasangka terhadap orang lain
  • Mendorong anak untuk lebih menghargai keberadaan dan usaha orang lain

Rumah merupakan lingkungan pertama tempat anak belajar segalanya. Respon orang tua terhadap upaya pemenuhan hak anak di rumah sangat krusial untuk membangun kemampuan sosialnya di kemudian hari. Dengan memenuhi hak anak sejak dini, orang tua secara tidak langsung berkontribusi untuk menanamkan kebaikan dalam taraf yang lebih besar, yakni komunitas dan masyarakat pada umumnya.

Nah, itulah macam-macam hak anak di rumah yang sangat mendasar dan wajib dipenuhi. Dari 5 hak utama di atas, ICANDO bisa banget lho membantu Ayah dan Ibu memenuhi hak si Kecil untuk mendapatkan pendidikan dan bermain. Caranya mudah sekali, Ayah dan Ibu bisa langsung download aplikasi pendidikan anak ICANDO. 

Di ICANDO, anak akan menemukan ribuan permainan edukasi yang telah dirancang khusus sesuai jenjang usia anak untuk menstimulasi seluruh aspek perkembangannya. Hanya dengan satu aplikasi, anak langsung mendapatkan serunya bermain dan mudahnya akses pendidikan berkualitas. 

Jadi tunggu apa lagi? Ayo penuhi hak si kecil bersama ICANDO sekarang!

Artikel Populer

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

8 Rahasia Anak Tumbuh Ceria yang Wajib Diketahui

07 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Guru Nasional 2021: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

05 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Anak Sedunia Diperingati 20 November, Intip Temanya Tahun Ini!

22 Nov 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Kenalkan Hari Kesehatan Nasional 12 November pada si Kecil, Yuk!

12 Nov 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel