Parenting

5 Cara Mudah untuk Menanamkan Nilai Pancasila pada Anak

Nadhira Ryana12 Nov 2021
anak pancasila

Sebagai warga Indonesia, penting bagi kita untuk berpegangan pada Pancasila sebagai pedoman hidup dan berperilaku. Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, nilai-nilai Pancasila perlu ditanamkan sejak masa kanak-kanak. Ayah dan Ibu bisa memulai menanamkan nilai Pancasila sejak anak masih berusia dini.

Saat anak masih berada pada fase golden age, anak akan lebih mudah untuk menangkap sesuatu yang diajarkan. Fase tersebut adalah fase yang paling tepat untuk mulai menanamkan nilai-nilai Pancasila pada anak.

Lalu, bagaimana cara menanamkan nilai Pancasila pada anak yang masih berusia dini? Berikut adalah lima cara menanamkan nilai-nilai Pancasila pada anak berdasarkan masing-masing sila.

1. Mengajak anak untuk berdoa dan beribadah bersama

Sila pertama mengandung nilai-nilai ketuhanan di dalamnya. Orang tua perlu menanamkan pada anak-anak untuk mengenalkan dan mengajarkan agama pada anak sejak dini.

Mengenalkan agama dapat dimulai dari mengajak anak beribadah bersama-sama, sehingga anak sudah terbiasa beribadah sejak dini. Ayah dan Ibu juga bisa mengajarkan doa-doa sehari-hari. Misalnya doa sebelum makan, doa sebelum tidur, dan doa-doa lainnya.

2. Berkumpul bersama keluarga dan teman

Untuk menerapkan sila kedua yang mengandung nilai kemanusiaan, anak perlu diajarkan tentang rasa persaudaraan, saling membantu, dan bergotong-royong. Penting bagi Ayah dan Ibu untuk menanamkan empati pada anak.

Salah satu caranya adalah dengan berkunjung ke rumah saudara ataupun teman, serta mengajarkan anak untuk membantu saudara atau teman yang sedang mengalami kesulitan.

3. Mengajak teman bermain, apapun latar belakangnya

Sila yang ketiga mengandung nilai-nilai persatuan. Untuk menerapkan nilai ini, Ayah dan Ibu perlu mengajarkan anak untuk berteman tanpa pandang bulu. Ajari anak untuk mengajak teman bermain tanpa memandang latar belakangnya, baik ras, agama, dan status sosial. Dengan bermain bersama, anak juga akan memahami makna pentingnya kebersamaan.

4. Memberikan anak kesempatan untuk berpendapat dan menghargai pendapat orang lain

Sila keempat berkaitan dengan demokrasi dan musyawarah. Untuk menanamkan nilai pada sila keempat, Ayah dan Ibu perlu memberi kesempatan bagi anak untuk berpendapat dan menentukan keputusannya sendiri.

Ayah dan Ibu dapat memulainya dengan hal-hal kecil, seperti membiarkan anak memilih menu makanan, atau memilih baju yang hendak anak pakai sebelum pergi jalan-jalan.

5. Berbagi dengan orang lain

Sila kelima memiliki makna keadilan. Ayah dan Ibu bisa membiasakan anak untuk berbagi dengan teman atau saudaranya. Misalnya saat bermain sebuah mainan, ajarkanlah anak untuk bergantian bermain. Berbagi juga bisa diterapkan saat anak membawa makanan. Ayah dan Ibu bisa mengajari anak untuk berbagi makanan pada temannya.

Menanamkan nilai Pancasila pada anak dapat dimulai sejak dini, dan dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Membiasakan hal-hal kecil tersebut sejak dini dapat membuat anak terbiasa sampai ia dewasa nanti.

Mengajarkan anak tentang nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan di sekolah dan di rumah. Tetapi tidak hanya itu, Ayah dan Ibu juga bisa mengajarkan anak lewat game, seperti aplikasi belajar anak usia dini ICANDO. Terdapat game-game yang mengajari anak tentang toleransi, kebiasaan baik, dan hal-hal lain yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan anak. Download aplikasi permainan anak ICANDO di App Store atau Google Play!

Referensi

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2020). MENTERI PPPA : AJAK ANAK PRAKTIKKAN NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN NYATA . Retrieved from Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2824/menteri-pppa-ajak-anak-praktikkan-nilai-pancasila-dalam-kehidupan-nyata

Badan Pendidikan Kristen Penabur. (2021). Langkah Mudah Menanamkan Nilai-nilai Pancasila Sejak Usia Sekolah . Retrieved from Badan Pendidikan Kristen Penabur: https://bpkpenabur.or.id/news/blog/langkah-mudah-menanamkan-nilai-nilai-pancasila-sejak-usia-sekolah

Artikel Populer

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

8 Rahasia Anak Tumbuh Ceria yang Wajib Diketahui

07 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Guru Nasional 2021: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

05 Dec 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Hari Anak Sedunia Diperingati 20 November, Intip Temanya Tahun Ini!

22 Nov 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Kenalkan Hari Kesehatan Nasional 12 November pada si Kecil, Yuk!

12 Nov 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel