Tips & Trik

Cara Mudah Membuat Pesawat Kertas, Yuk Praktekkan Bersama si Kecil!

Admin ICANDO03 Jun 2021

Wah, si Kecil sudah semakin bersemangat dan aktif, ya. Ayah dan Ibu pun harus semakin cermat dalam memilih permainan bagi si Kecil. Tentunya agar permainan yang diberikan tidak hanya menyenangkan, tapi sekaligus mampu mengasah motorik dan juga sensoriknya. 

Permainan sederhana seperti melipat kertas (origami) menjadi sebuah pesawat juga bisa, lho, dijadikan sebagai permainan seru bersama si Kecil di rumah. Permainan pesawat kertas bisa dimainkan oleh si Kecil, dengan rentang usia yang cukup luas. Bahkan bisa dimulai ketika si Kecil mulai merangkak dan mengamati sekitar. 

Membuat dan menerbangkan pesawat kertas memang permainan yang sangat sederhana dan tidak membutuhkan biaya mahal. Plus, Ayah dan Ibu serta si Kecil tetap bisa merasakan banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Ayah dan Ibu juga bisa memilih, mengajak di Kecil bermain pesawat kertas di dalam rumah atau di halaman. Mudah dan tetap seru, bukan? 

Nah, bermain bagi si Kecil memang sangat penting. Berikut informasi tentang pentingnya bermain bagi si Kecil dan manfaat bermain pesawat kertas.

Mengapa si Kecil harus bermain?

Ayah dan Ibu perlu tahu bahwa dunia si Kecil adalah dunia bermain. Mengapa? Karena bermain bisa membantu si Kecil dalam mengekspresikan perasaan dan ide-ide, sehingga si Kecil bisa menjadi lebih kreatif. Bermain juga bisa melatih kemampuan kognisi pada si Kecil, serta mengembangkan kemampuan belajar sesuai dengan pengalaman dan pengamatan terhadap sekelilingnya. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh American Academy of Pediatrics, bermain memungkinkan anak-anak untuk menggunakan kreativitas mereka sambil mengembangkan imajinasi, ketangkasan, dan kekuatan fisik, kognitif, dan emosional mereka. 

Ketika si Kecil bermain permainan yang seru dan menantang, si Kecil jadi memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah (problem solving). Belajar sambil bermain memang terbukti ampuh membentuk si Kecil menjadi pribadi yang lebih baik.

Bagaimana cara bermain pesawat kertas yang seru bersama si Kecil?

  • Kini saatnya mulai melipat dan membuat pesawat kertas! Ajak si Kecil duduk bersama dan siapkan beberapa kertas lipat. Biarkan si Kecil memilih warna kertasnya sendiri.
  • Setelah pesawat kertas jadi, yuk, mulai bermain dengan pesawat kertasnya. Ayah dan Ibu bisa mengawali kegiatan bermain dengan cara mengajak si Kecil memerhatikan bentuk dan warna pesawat kertas.
  • Berpura-puralah menerbangkan pesawat kertas tersebut, sambil membuat gerakan-gerakan yang seru.
  • Jelaskan pada si Kecil bagian-bagian pesawat dan bagaimana cara memegangnya.
  • Lalu, Ayah dan Ibu bisa mulai memeragakan cara menerbangkan pesawat. Terbangkan ke arah si Kecil, lalu biarkan ia mencoba untuk menggapainya sambil merangkak. Atau menangkapnya ketika pesawat sudah mendarat ke lantai.
  • Ayah dan Ibu juga bisa ikut merangkak dan berlari agar si Kecil semakin bersemangat, lho.
  • Ketika si Kecil berhasil menangkap pesawat atau berhasil menerbangkannya, Ayah dan Ibu bisa memberikannya apresiasi. Bisa dengan pujian atau bahkan tepukan tangan. Bentuk apresiasi dari Ayah dan Ibu, sangat bermanfaat bagi si Kecil dalam menumbuhkan kepercayaan dirinya.
  • Ajak si Kecil bergantian menerbangkan dan menangkap pesawat. Ayah dan Ibu sebaiknya tetap mendampingi si Kecil, agar bisa membantunya bermain.
  • Terakhir, jangan lupa mengabadikan keseruan dan keceriaan si Kecil saat bermain pesawat kertas, ya.

Bagaimana cara membuat pesawat kertas?

  • Siapkan selembar kertas origami dengan warna sesuai pilihan si Kecil
  • Lipat kertas menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama panjang
  • Lipat dua sudut atas (kanan dan kiri) ke arah tengah (ke garis lipatan tengah). Tekan dengan jari agar lipatan menjadi rapi
  • Lipat lagi bagian yang baru membentuk sudut di kanan dan kiri, ke arah tengah (ke garis lipatan tengah)
  • Lipat lagi seluruh kertas menjadi dua bagian dengan lipatan tengah yang sama
  • Lipat bagian sisi kanan dan kiri agar membentuk sayap. Rapikan lipatan dengan kuku agar bentuk sayap sempurna
  • Selesai dan selamat bermain

Manfaat yang bisa didapat oleh si Kecil

Bermain pesawat kertas memberikan beragam manfaat, tidak hanya bagi si Kecil tapi juga bagi Ayah dan Ibu yang menemaninya bermain. Berikut manfaat bermain pesawat kertas:

1, Meningkatkan kecerdasan kognitif 

Melipat dan menerbangkan pesawat kertas bisa membantu si Kecil memahami cara kerja sederhana dari aerodinamika.

2. Membantu proses penguatan otot dan menjaga kesehatan fisik si Kecil

Ketika si Kecil menerbangkan pesawat kertasnya, ia akan bebas bergerak. Berlari-lagi gembira dan kadang melompat-lompat dengan lincah. Melakukan aktivitas menggerakkan anggota badan seperti itu, bisa menyehatkan, lho. Ayah dan Ibu juga bisa berlari dan melompat bersama si Kecil, agar kegiatan bermain menjadi lebih seru dan menyenangkan.

3. Melatih syaraf motorik si Kecil

Bermain pesawat kertas bisa membantu si Kecil dalam melatih gerakan tangan dan kaki dengan selaras. Sehingga, syaraf-syaraf motorik pada tangan dan kaki, serta keseimbangan tubuh pun terlatih dengan optimal. Ketika si Kecil mengayunkan tangan untuk menerbangkan pesawat, ia akan menyelaraskan gerakan seluruh tubuhnya, agar pesawat bisa terbang semakin tinggi.

Manfaat yang bisa didapat oleh Ayah dan Ibu dan si Kecil

Bermain pesawat kertas bersama-sama, bisa membentuk kedekatan (bonding) antara Ayah dan Ibu dengan si Kecil. Ayah dan Ibu juga mengajarkan kesabaran dan ketekunan untuk bisa menghasilkan bentuk pesawat yang diinginkan. Selain itu, dengan mendampingi si Kecil ketika bermain, Ayah dan Ibu akan merasakan bentuk kedekatan yang semakin erat dengan si Kecil.

Bermain bersama si Kecil bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa dengan menggunakan mainan mahal yang khusus Ayah dan Ibu belikan, bisa juga dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Termasuk origami, yang memang sudah terbukti memiliki banyak manfaat, sekaligus jenis permainan yang murah dan mudah didapat. Ayah dan Ibu pun bisa berkreasi sepuasnya bersama si Kecil kesayangan.

Eits, kegiatan melipat kertas dan membuat pesawat kertas tidak hanya permainan yang bisa dilakukan di rumah, lho. Yanda Bunda Guru di sekolah juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain pesawat kerta bersama. Seru, bukan? 

Nah, ingin menemukan ide-ide seputar konten kreatif untuk anak lainnya? Ayah dan Ibu dan Yanda Bunda guru bisa langsung download aplikasi belajar anak usia dini ICANDO. Di ICANDO, Ayah dan Ibu dapat mengajak si Kecil bermain ribuan game pendidikan anak yang akan mengembangkan setiap aspek kemampuannya. Download ICANDO sekarang, ya!

Referensi

Ginsburg, K. R., Committee on Communications, & Committee on Psychosocial Aspects of Child and Family Health. (2007, January). The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds. Pediatrics, 119(1), 182-191. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2697

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel