Tips & Trik

Ketahui Cara Menciptakan Suasana Belajar Kondusif di Rumah

Admin ICANDO30 Mar 2021

Sejak adanya pandemi COVID-19, segala kegiatan yang awalnya dilakukan dengan tatap muka jadi dilakukan secara online. Ayah dan Ibu juga mungkin mengalami work from home atau bekerja dari rumah. Begitu juga dengan si Kecil yang belajar dari rumah.

Ketika belajar di rumah, si Kecil belajar melalui platform yang tersedia secara online seperti Zoom, Google Classroom, dan sebagainya. Tentu saja banyak perubahan yang dirasakan ketika belajar online dibandingkan dengan belajar tatap muka.

Biasanya, rumah adalah tempat untuk pulang dan beristirahat. Oleh karena itu, banyak anak-anak yang merasa belajar di rumah tidak seserius belajar di sekolah. Di rumah juga banyak gangguan yang dapat mendistraksi si Kecil, terlebih kalau Ayah dan Ibu juga sedang melaksanakan work from home.

Kalau sudah begitu, sudah pasti Ayah dan Ibu khawatir dengan performa akademik si Kecil di sekolah. Bagaimana cara agar membuat suasana belajar di rumah menjadi kondusif seperti belajar di sekolah? Yuk, simak tips-tips berikut ini!

Membuat jadwal harian

Bantu si Kecil untuk menyusun jadwal rutinnya menyesuaikan dengan jadwal sekolah. Tidak hanya jadwal belajar saja, tentukan jadwal dari bangun tidur, mandi, belajar, sampai tidur di malam hari lagi seperti ketika anak masih belajar secara tatap muka di sekolah.

Melakukan rutinitas di waktu yang sama setiap hari berguna untuk membuat si Kecil merasa bahwa ia sedang berada di sekolah, bukannya di rumah. Merasa ada di sekolah akan mendorong si Kecil untuk lebih fokus belajar dan mengerjakan tugas-tugas hariannya.

Mencari tempat yang nyaman untuk belajar

Ketika sekolah tatap muka, lebih mudah bagi si Kecil untuk berkonsentrasi dalam belajar karena suasana di sekolah sudah dirancang sedemikian rupa untuk membuat anak-anak belajar tanpa distraksi. Berbeda halnya dengan di rumah yang memiliki banyak gangguan untuk membuat si Kecil terdistraksi, baik dari gadget maupun kakak atau adiknya.

Untuk mengatasi hal tersebut, carilah tempat belajar yang tenang dan bebas dari gangguan apapun. Tentukan tempat yang sama setiap harinya baik untuk sekolah online maupun belajar dan mengerjakan tugas.

Atur waktu istirahat

Sekolah secara online menuntut si Kecil untuk duduk dan menatap layar selama berjam-jam. Pastikan si Kecil memiliki waktu istirahat dari menatap layar sesekali. 

Suruhlah si Kecil untuk meninggalkan tempat belajar sejenak untuk sekadar bergerak dan melakukan peregangan atau memakan camilan. Jika memungkinkan, ajak si Kecil ke halaman atau sekitar rumah untuk menghirup udara segar, sehingga ia merasa lebih rileks untuk melanjutkan kegiatan belajarnya.

Berikan pengawasan sesekali

Ketika si Kecil mendapat kesulitan memahami materi atau tugas tertentu, biasanya ia bisa langsung menanyakannya pada guru atau teman sekelasnya. Namun di situasi sekolah online, terkadang banyak hal yang menyebabkannya lebih sulit atau kurang leluasa dalam bertanya.

Penting bagi Ayah dan Ibu untuk mengawasinya sesekali dan membantu si Kecil ketika ia mengalami kesulitan. Bantu juga si Kecil untuk membuat to-do list sebagai pengingat tugas-tugas yang harus dikerjakannya, sehigga ia tidak merasa kewalahan.

Tetap bersosialisasi dengan teman-temannya

Di situasi seperti ini, si Kecil juga butuh bersosialisasi. Ayah dan Ibu tentu tidak mau si Kecil merasa terisolasi secara sosial. Walaupun tidak bisa berinteraksi secara tatap muka, doronglah si Kecil untuk mengobrol dengan teman sebayanya baik melalui chat atau video call.

Jika si Kecil jenuh dengan rutinitas belajar, Ayah dan Ibu bisa mencoba aplikasi edukasi ICANDO. Aplikasi ini memiliki banyak permainan-permainan yang tidak hanya seru, tetapi juga bisa mengasah kemampuan si Kecil, lho!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel