Tips & Trik

Lakukan Ini agar Anak Rajin Gosok Gigi!

Admin ICANDO04 May 2021
anak gosok gigi bersama ibu

Menggosok gigi secara rutin adalah bagian yang esensial dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sama halnya seperti orang dewasa, gosok gigi tentunya juga penting untuk anak-anak.

Menggosok gigi membantu menghilangkan bakteri dan plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Setiap orang disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

Penting bagi anak untuk membiasakan rutinitas menggosok gigi sejak dini, sehingga ia akan terbiasa melakukannya hingga dewasa.

Menurut BetterHealth, menggosok gigi anak dapat dimulai sejak pertama kali gigi anak muncul, yaitu di sekitar usia 6 bulan. Di usia ini cara membersihkan giginya adalah dengan menggunakan kain basah yang lembut, atau sikat gigi kecil yang lembut yang dibasahi dengan air.

Pemilihan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat sesuai usia anak juga penting untuk kesehatan giginya. Pilihlah sikat gigi khusus untuk anak yang berkepala kecil dan bulu-bulunya lebih halus.

Sedangkan untuk pasta gigi, inilah pilihan sikat gigi yang tepat sesuai dengan usia anak menurut BetterHealth:

  • Usia 0-18 bulan – gunakan hanya air tanpa pasta gigi.
  • Usia 18 bulan-6 tahun – gunakan pasta gigi rendah fluorida, dengan jumlah sebesar kacang polong.
  • Usia 6 tahun ke atas – gunakan pasta gigi fluoride standar, dengan jumlah sebesar kacang polong.

Namun terkadang, ada saja saatnya ketika anak tidak mau gosok gigi. Padahal gigi susu juga perlu dijaga kesehatan layaknya gigi dewasa. Memotivasi anak untuk rajin gosok gigi dapat menjadi tantangan tersendiri untuk orang tua.

Jika anak tidak suka dan benar-benar menolak untuk gosok gigi, ada beberapa cara yang Ayah dan Ibu bisa lakukan untuk mengatasinya.

1. Gosok gigi bersama-sama

Anak suka meniru orang-orang di sekitarnya, terutama orang tuanya dan orang-orang terdekatnya. Ayah dan Ibu bisa memanfaatkan hal ini untuk menjadikan kegiatan gosok gigi menjadi kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama. 

Dengan gosok gigi bersama-sama, anak bisa menjadi lebih termotivasi untuk menggosok giginya, karena ia juga melihat orang lain melakukan hal yang sama.

2. Beri anak pilihan

Buatlah anak merasa ia memiliki andil dalam kegiatannya dengan melibatkannya dalam pemilihan sehari-hari. Misalnya, dengan membiarkannya memilih sikat gigi dan pasta giginya sendiri. 

Apalagi banyak sikat gigi anak yang memiliki gambar karakter-karakter lucu. Anak akan jadi lebih bersemangat untuk gosok gigi jika menggunakan sikat gigi yang bergambar karakter favoritnya.

3. Lakukan sambil mendengarkan lagu

Ayah dan Ibu bisa membuat suasana gosok gigi menjadi lebih menyenangkan dengan menyetel lagu. Lagu yang dipilih bisa lagu anak-anak tentang menggosok gigi atau lagu apa saja yang disukai anak.

4. Gunakan sistem penghargaan

Terkadang, anak membutuhkan sedikit motivasi lebih untuk melakukan sesuatu. Misalnya, anak boleh menonton film kartun kesukaannya setelah menggosok giginya selama 2 menit hingga bersih. 

5. Buatlah cerita yang menginspirasi

Anak biasanya memiliki karakter favorit yang dijadikan panutan. Buatlah cerita yang menginspirasi, misalnya tentang tokoh pahlawan super favoritnya yang rajin gosok gigi, sehingga ia tetap segar sepanjang hari saat melawan penjahat.

Jika anak sudah terbiasa menggosok gigi secara rutin, lama-kelamaan ia akan menggosok giginya sesuai dengan jadwal tanpa harus disuruh-suruh lagi.

Nah, Ayah dan Ibu penasaran bagaimana seharusnya cara anak gosok gigi dengan benar untuk menghindari gigi berlubang? Download aplikasi pendidikan anak ICANDO!

ICANDO telah menyediakan ribuan game edukasi anak, salah satunya adalah cara menggosok gigi melalui permainan seru dan interaktif. Dijamin anak pasti suka dan tidak lupa lagi untuk menggosok gigi dengan benar!

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel