Tips & Trik

Coba 7 Cara Ini agar Anak Tumbuh Tinggi dengan Maksimal!

Admin ICANDO30 Mar 2021

Ayah dan Ibu pasti selalu berusaha untuk membuat si Kecil tumbuh sehat dan kuat. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa ia tumbuh tinggi secara optimal sesuai dengan usianya.

Menurut penelitian Genetics Home Reference, 80% tinggi manusia ditentukan oleh varian urutan DNA yang diwarisi. Namun, genetik bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi tinggi pada manusia. Itu artinya Ayah dan Ibu masih dapat melakukan beberapa hal untuk mendorong si Kecil agar mencapai potensi maksimal untuk tumbuh tinggi.

Cara agar anak tumbuh tinggi secara optimal

Ayah dan Ibu dapat mencoba cara-cara sederhana berikut ini agar si Kecil dapat tumbuh tinggi secara optimal.

1. Nutrisi yang seimbang

Anak membutuhkan energi dalam tumbuh kembangnya. Untuk mendukung pertumbuhannya, penting bagi Ayah dan Ibu untuk memberikan si Kecil makanan dengan nutrisi seimbang. 

Pola makan yang seimbang mencakup protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Keempatnya perlu dipenuhi dengan proporsi yang tepat. Hindarilah makanan yang berkalori tinggi namun rendah nutrisi seperti junk food

Pola makan yang seimbang tidak hanya membuat si Kecil dapat tumbuh tinggi saja, tetapi juga akan membuatnya menjadi sehat dan kuat.

2. Tidur yang cukup dan konsisten

Pola tidur yang baik sangatlah penting bagi semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Dari usia anak-anak sampai remaja, perkembangan yang luar biasa terjadi pada pertumbuhan otak, tubuh, maupun emosi dan perilaku.

Untuk tumbuh dengan seimbang, anak membutuhkan jam tidur yang cukup dan konsisten setiap harinya, karena hormon pertumbuhan atau human growth hormone (HGH) pada anak paling banyak dilepaskan ketika sedang tidur.

Menurut National Sleep Foundation (NSF), inilah jumlah jam tidur yang direkomendasikan untuk anak-anak berdasarkan usianya:

TahapanRentang UsiaJam Tidur 
Bayi baru lahir0-3 bulan14-17 jam
Bayi4-11 tahun12-15 jam
Balita1-2 tahun11-14 jam
Prasekolah3-5 tahun10-13 jam
Usia sekolah6-13 tahun9-11 jam

 

3. Konsumsi telur

Pada tahun 2015, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics mengamati pertumbuhan 83 bayi berusia 3-9 bulan di Provinsi Cotopaxi, Ekuador yang mengonsumsi satu butir telur setiap hari dalam kurun waktu enam bulan. 

Hasilnya, anak-anak yang mengonsumsi telur mengalami penurunan penurunan prevalensi stunting sampai dengan 47 persen. Pengenalan telur sejak dini secara signifikan meningkatkan pertumbuhan pada anak.

4. Latihan peregangan secara rutin

Melakukan stretching atau latihan peregangan tubuh secara rutin sejak kecil dapat berpengaruh besar pada pertumbuhan si Kecil. Latihan peregangan dapat membantu si Kecil untuk memanjangkan tulang belakang dan memperbaiki posturnya. Ayah dan Ibu dapat mengajari si Kecil mulai dari gerakan-gerakan peregangan sederhana, yoga, sampai senam gimnastik.

5. Olahraga

Ayah dan Ibu dapat mendorong si Kecil untuk melakukan jenis-jenis olahraga yang dapat meningkatkan tinggi tubuh. Olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh seperti berenang, basket, dan bulu tangkis dapat membantu memanjangkan tulang-tulang yang ada di tubuh. 

6. Bermain Hanging Bar

Selain melakukan gerakan-gerakan peregangan dan olahraga, si Kecil juga bisa bermain hanging bar untuk memanjangkan tulang belakang. Selain berguna untuk tumbuh tinggi, bermain hanging bar juga dapat memperkuat otot lengan.

7. Menjaga postur yang baik

Ayah dan Ibu mungkin pernah menegur si Kecil agar tidak membungkuk saat dalam posisi berdiri atau duduk agar posturnya tetap baik. Postur yang tidak baik bukan hanya kurang enak dilihat, tetapi juga berdampak negatif pada pertumbuhan. Postur tubuh yang tidak baik dapat memengaruhi tulang belakang sehingga dapat menghambat pertumbuhannya.

Kebiasaan-kebiasaan baik ini perlu diajarkan ke si Kecil sedini mungkin agar petumbuhannya optimal ya, Ayah dan Ibu! Nah, Ayah dan Ibu bisa mengunduh aplikasi ICANDO untuk mengajari kebiasaan-kebiasaan baik lainnya yang berguna bagi perkembangan si Kecil. Selain itu, masih ada banyak pilihan game edukasi anak lainnya, lho!

 

Referensi

Lora L. Iannotti, et al. (2017). Eggs in Early Complementary Feeding and Child Growth: A Randomized Controlled Trial.  Pediatrics.

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel