Tips & Trik

9 Cara Cerdik Agar Anak Mau Minum Obat dengan Mudah

Admin ICANDO24 Apr 2021

Ketika si Kecil sakit, sudah menjadi naluri alami Ayah dan Ibu untuk ingin segera memberikan pertolongan. Namun, tidak jarang si Kecil tidak mau untuk minum obat, apalagi jika obat tersebut rasanya pahit atau berbentuk pil. 

Sebuah studi di The official journal of the American Academy of Pediatrics menemukan bahwa 50% anak-anak memiliki masalah dalam menelan obat berbentuk pil yang berukuran sedang.

Membujuk anak untuk mau minum obat dapat menjadi hal yang tidak mudah. Segala tangisan, rengekan, dan penolakan telah dilalui. Tentu melelahkan, bukan?

Jadi, bagaimana cara membuat anak mau minum obat? Berikut adalah trik-trik yang dapat dicoba oleh Ayah dan Ibu ketika si Kecil berkeras tidak mau minum obat.

1. Bersikap positif

Pembawaan dari orang tua sangatlah berpengaruh bagi anak, sebab mereka bisa membaca bahasa tubuh orang tua. Jika Ayah dan Ibu terlihat frustasi, si Kecil juga akan menganggap waktu minum obat adalah sesuatu yang negatif. Bersikaplah positif dan buat waktu minum obat seakan-akan menjadi waktu yang menyenangkan. 

2. Jelaskan pentingnya minum obat

Terkadang, anak tidak mau minum obat semata-mata karena rasanya yang pahit, tanpa mengetahui apa fungsinya. Jika anak sudah cukup besar untuk mengerti, coba edukasi mengenai kenapa ia harus meminum obat dan bahwa ia akan merasa lebih baik seteleahnya. 

3. Berikan pilihan

Anak akan merasa aman dan memiliki kendali jika ia diberikan peran aktif. Misalnya, berikan si Kecil pilihan untuk memilih sendok atau cangkir mana yang ingin digunakan saat meminum obat.

4. Ajari menelan pil sedini mungkin

Menurut Kimberly Giuliano, MD, dokter anak di Cleveland Clinic Children’s di Ohio, anak-anak mulai dari usia 4 tahun sudah bisa diajari untuk menelan obat berbentuk pil. Cara yang dapat digunakan adalah. Ayah dan Ibu dapat membasahi obat dengan air agar lebih licin atau membelah obat menjadi bagian-bagian kecil.

5. Sembunyikan obat di dalam makanan atau minuman

Terkadang anak tidak mau menelan obat karena rasanya yang tidak enak. Untuk mengatasi hal ini, Ayah dan Ibu dapat menyembunyikan obat di dalam makanan dan minuman atau makanan. 

Misalnya, Ayah dan Ibu bisa menyembunyikan obat di bawah saus cokelat, puding, atau yogurt. Sehingga, yang dirasakan oleh si Kecil adalah rasa makanan di atasnya, bukan obatnya. 

Namun penting bagi Ayah dan Ibu untuk mengkonsultasikan pada dokter terlebih dahulu, sebab ada obat yang tidak boleh dibuka atau dihancurkan.

6. Menjilat es terlebih dahulu

Untuk mengurangi rasa pahit obat, Ayah dan Ibu bisa menyuruh si Kecil untuk menjilat es batu atau membiarkannya di atas lidah untuk beberapa waktu. Es dapat mematikan perasa pada lidah untuk sementara, sehingga obat tidak terasa terlalu pahit ketika diminum oleh si Kecil.

7. Siapkan madu 

Banyak anak tidak mau meminum obat dikarenakan trauma akan rasa pahitnya yang betah berlama-lama berada di lidah. Nah, agar rasa pahit ini tidak membandel, Ayah dan Ibu bisa terlebih dahulu menyiapkan madu. Berikan madu pada si Kecil segera setelah ia menenggak habis obatnya agar rasa manis madu langsung menetralisir rasa pahit obat. 

8. Berikan hadiah kecil setelah mau minum obat

Anak-anak tentu menyukai hadiah, apalagi jika diberikan oleh Ayah dan Ibu. Hadiah tersebut dapat berupa pujian atau hal-hal sederhana seperti makanan kecil atau stiker. Sedikit penghargaan dapat memacu anak untuk meminum obatnya.

9. Minta bantuan dokter

Jika segala cara sudah dicoba dan anak tetap tidak bisa menelan obat yang berbentuk pil, Ayah dan Ibu bisa meminta bantuan dokter untuk meminta alternatif lain. Misalnya mengganti obat dengan tablet kunyah atau meminta obat dengan dosis yang lebih tinggi, sehingga dapat diminum dengan frekuensi yang lebih sedikit.

Nah, setelah membaca 8 trik di atas, Ayah dan Ibu tidak usah bingung lagi untuk mendorong si Kecil agar mau minum obat.

Setelah selesai meminum obatnya, Ayah dan Ibu bisa langsung mengajak si Kecil belajar dan bermain seru bersama ICANDO lho! ICANDO adalah aplikasi pendidikan yang menyediakan ribuan game untuk anak dengan mengusung tema permainan pelajaran sekolah, permainan kehidupan sehari-hari, budi pekerti, dan masih banyak lagi. 

Yuk, download aplikasi game edukasi anak terpopuler sekarang juga!

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel