Rekomendasi

Busy Book: Alternatif Hiburan Bermanfaat untuk Isi Waktu si Kecil

Admin ICANDO09 May 2021

Di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini, semua orang menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk kebutuhan kerjaan, sekolah, maupun hiburan. Menggunakan gadget memang memudahkan aktivitas kita sehari-hari. Tidak hanya orang dewasa atau remaja, anak-anak pun turut merasakannya. 

Ketika digunakan dengan bijak, gadget memang menjadi salah satu sarana hiburan dan pembelajaran yang bermanfaat. Namun, menggunakan gadget berlebihan juga dapat berdampak negatif bagi si Kecil. Itulah mengapa aplikasi game edukasi anak yang sangat populer seperti ICANDO memberikan fitur batasan waktu layar. Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindarkan anak dari dampak negatif penggunaan gadget secara berlebihan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Ayah dan Ibu perlu mencari alternatf untuk hiburan si Kecil. Salah satu alternatif yang bisa dicoba oleh Ayah dan Ibu adalah busy book.

Apa itu busy book?

Banyak sebutan untuk benda yang satu ini seperti busy book, quiet book, soft book, dan lain-lain. Busy karena dapat membuat anak sibuk mengerjakan aktivitas yang ada di dalam buku tersebut, quiet karena dapat menenangkan anak yang rewel, serta soft karena dibuat dari bahan yang lembut.

Walaupun memiliki banyak sebutan, semua nama itu mengacu pada benda yang sama, yaitu buku yang terdiri dari halaman-halaman yang terbuat dari kain atau flanel.

Busy book ini berisi aktivitas-aktivitas interaktif dan menghibur yang dirancang khusus untuk membantu belajar dan mengasah kemampuan anak. Jenis aktivitas yang ada di dalam busy book bermacam-bermacam, ada mengeja, menghitung, melatih motorik halus (mengancing, mengikat tali sepatu), dan masih banyak lagi.

Buku ini sempurna untuk menjaga anak agar tetap terhibur tanpa terhubung dengan teknologi. Ketika si Kecil rewel ketika sedang berada di perjalanan panjang atau saat berada di situasi yang membutuhkan ketenangan, Ayah dan Ibu bisa memberikannya busy book sebagai pengganti gadget.

Manfaat busy book untuk perkembangan anak

Selain dapat menggantikan fungsi gadget sebagai hiburan, busy book juga memiliki manfaat lainnya.

1. Mengembangkan kemampuan kognitif

Dengan busy book, si Kecil dapat mengembangkan kemampuan kognitifnya. Misalnya dengan belajar mengeja, mengenali warna, bentuk, konsep berhitung, dan sebagainya. Buku ini menyediakan tantangan yang dapat melatih kemampuan berpikir dan memecahkan masalah si Kecil.

2. Melatih motorik halus

Motorik halus adalah koordinasi antara otot-otot kecil dengan mata. Anak dapat mengembangkan kemampuan mototik halusnya melalui aktivitas mengancing, mengikat tali, mengepang dan berbagai bacam aktivitas yang ada di busy book.

3. Belajar keterampilan hidup

Melalui busy book, si Kecil dapat mempelajari keterampilan-keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-sehari seperti mengikat tali sepatu dan mengancing baju.

Di mana Ayah dan Ibu bisa mendapatkan busy book?

Sekarang, sudah banyak toko online yang menjual berbagai macam jenis busy book untuk si Kecil lho, Ayah dan Ibu! Harganya pun bervariasi. Ayah dan Ibu juga dapat membuat busy book sendiri dan menyesuaikan isinya dengan kebutuhan si Kecil, banyak ide-ide yang dapat ditemukan di internet.

Setelah mengenal busy book, sekarang Ayah dan Ibu tidak usah khawatir lagi jika si Kecil rewel. Nah, selain menggunakan busy book, Ayah dan Ibu juga bisa mengunduh aplikasi edukasi ICANDO untuk si Kecil. Aplikasi ini memiliki banyak sekali mini games yang seru dan edukatif, lho! Tidak usah khawatir, aplikasi ini memiliki fitur yaitu Ayah dan Ibu bisa mengatur screen time si Kecil agar tidak menggunakan gadget terlalu lama.

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel