Rekomendasi

4 Kreasi Bentuk Plastisin yang Mudah Dibuat Anak-Anak

Admin ICANDO01 Jun 2021

Plastisin adalah bahan pemodelan yang terbuat dari garam kalsium, petroleum jelly, dan asam alifatik. Tidak seperti keramik, plastisin tidak mengeras ketika didiamkan, sehingga bisa kembali dibentuk sesuka hati.

Biasanya, plastisin digunakan untuk mainan anak, namun tidak terbatas pada itu saja. Karena sifatnya yang non-drying, plastisin juga sering dipakai untuk membuat film stopmotion seperti Shaun the Sheep dan Wallace & Gromit yang dibuat oleh Nick Park.

Manfaat bermain plastisin

Walaupun terkadang bermain plastisin bisa menjadi sangat berantakan, bermain plastisin dapat memberikan manfaat untuk perkembangan si Kecil, lho.

1. Meningkatkan kemampuan motorik halus

Membuat berbagai bentuk dari plastisin dapat melatih kekuatan otot-otot kecil di tangan anak, serta melatih koordinasi tangan dan mata. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan motorik halus si Kecil yang sangatlah penting untuk masa depannya.

2. Memberikan efek menenangkan

Memencet dan meremas plastisin dapat memberikan efek menenangkan bagi si Kecil. Bermian plastisin juga baik untuk menyalurkan emosinya.

3. Mendorong kreativitas dan imajinasi

Plastisin dapat dibentuk menjadi apa saja. Bermain plastisin dapat mendorong kreativitas dan imajinasi anak saat ia berusaha membuat plastisin menjadi bentuk-bentuk yang ia inginkan.

Cara membuat plastisin

Plastisin dapat ditemukan di toko. Tapi Ayah dan Ibu juga bisa membuat plastisin sendiri di rumah, lho. Bahan-bahan yang digunakan juga dapat ditemukan di rumah. Berikut adalah resep membuat plastisin dari BBC Goodfood.

Bahan:

  • 8 sdm tepung
  • 2 sdm garam
  • 60 ml air hangat
  • Pewarna makanan
  • 1 sdm minyak sayur

Cara membuat:

  1. Campur tepung dan garam di dalam mangkuk besar. Campur air, beberapa tetes pewarna makanan dan minyak di dalam mangkuk terpisah.
  2. Tuang campuran air berwarna ke dalam adonan tepung dan aduk dengan sendok.
  3. Taburi permukaan meja dengan sedikit tepung dan keluarkan adonan. Uleni selama beberapa menit untuk membentuk adonan yang halus dan lentur. Jika ingin warna yang lebih pekat, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan.
  4. Simpan dalam kantong ziploc (keluarkan udaranya) di lemari es agar tetap segar.

Contoh bentuk plastisin yang mudah dibuat:

1. Plastisin bentuk hewan dua dimensi

(Sumber: Books and Giggles)

Jika si Kecil baru belajar bermain plastisin, ia bisa memulai dari membuat bentuk plastisin dua dimensi, ini jauh lebih mudah daripada membuat bentuk hewan tiga dimensi. 

Untuk membuat bentuk gajah, buat plastisin menjadi bola untuk bagian tubuhnya, lalu tekan sampai bola tersebut menjadi datar. Kemudian tambahkan kepala, mata, telinga, belalai, kaki, dan ekor. 

Si Kecil juga bisa membuat hewan-hewan lainnya dengan cara ini, tinggal sesuaikan warna dan bentuknya dengan jenis hewan yang diinginkan.

2. Plastisin bentuk es krim sundae

(Sumber: Toys”R”Us)

Untuk membuat es krim sundae, siapkan plastisin dengan berbagai macam warna. Pertama, buat dulu piring dan mangkuknya. Untuk piringnya, buatlah bola dari plastisin, kemudian ratakan dengan tangan. Ulangi langkah yang sama untuk membuat mangkuknya, kemudian tekuk sampai berbentuk mangkuk.

Gunakan tiga warna untuk es krimnya. Gulung masing-masing menjadi bola lalu tekan dengan lembut ke bawah dan ratakan agar menyerupai sendok sambil mempertahankan bagian atas yang membulat. Setelah selesai, lanjutkan dan letakkan ini ke dalam mangkuk.

Untuk membuat whipped cream, gulung plastisin berwarna putih menjadi panjang, lalu cubit ujungnya agar berbentuk agak runcing. Lilit, kemudian letakkan di atas es krim. 

Gulung bola-bola kecil dari senyawa plastisin ungu untuk membuat sprinkles dan taburkan di atas es krim. Buat bush ceri dengan menggulung plastisin menjadi bentuk bola dan gulung plastisin berwarna hitam menjadi kecil untuk digunakan sebagai batang. 

3. Plastisin bentuk teddy bear

(Sumber: Krokotak)

Walaupun berbentuk tiga dimensi, membuat beruang ini sangatlah mudah. Si Kecil bisa menggunakan satu warna atau beberapa warna sekaligus. 

Potong plastisin menjadi tiga bagian yang sama, satu untuk kepala, dan dua lainnya untuk tangan dan kaki.

Gulung kedua bagian dengan tangan, dan ambil tiga bola kecil dari yang ketiga untuk membuat telinga dan moncong.

4. Plastisin bentuk emoji

(Sumber: Woo! Jr)

Membuat emoji dari plastisin sangatlah sederhana. Buatlah bola dari plastisin berwarna kuning, lalu ratakan untuk kepalanya. Kemudian ambil plastisin berwarna hitam, potong kecil dan gulung untuk mata dan mulutnya.

Nah, itulah ide-ide kreasi dari plastisin yang dapat dicoba oleh si Kecil di rumah. Tidak hanya bermain plastisin, si Kecil juga bisa mengembangkan berbagai macam kemampuannya lewat aplikasi pendidikan anak ICANDO, lho! Di situ, si Kecil bisa bermain berbagai macam permainan seru. Tapi bukan seru aja nih, permainan-permainan di ICANDO juga edukatif dan dapat melatih berbagai kemampuan yang dibutuhkan oleh si Kecil.

Referensi

https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/playdough-recipe

https://booksandgiggles.com/craft-strictly-no-elephants/

https://www.toysrus.com/playdoh-how-to-make-sundae.html

http://krokotak.com/2015/01/a-plasticine-teddy/

https://www.woojr.com/polymer-clay-emoji-faces-tutorial/

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel