Parenting

Catat, 5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Snack Time Anak!

Admin ICANDO22 May 2021

Merawat si Kecil dan memastikan tumbuh kembangnya berjalan optimal bukan lah tugas yang mudah bagi orang tua. Asupan gizi dan nutrisi yang tepat tampaknya menjadi momok yang sulit untuk dipenuhi apabila si Kecil punya kebiasaan memilih-milih makanan. Sudah menjadi rahasia umum kalau si Kecil menolak untuk makan sayuran. Makanan berat seperti nasi pun juga sering dilewatkan si Kecil.

Untuk menyiasatinya, Ayah dan Ibu bisa kok menaikkan nafsu makan si Kecil dengan menerapkan snack time. Snack time merupakan waktu camilan yang diadakan pada sela-sela waktu makan berat. 

Snack time bisa diadakan 2 hingga 3 kali dalam sehari, biasanya memiliki jeda kurang lebih 3 ja di antara makan berat. Untuk menerapkan snack time, 5 hal berikut ini ternyata harus dihindari oleh Ayah dan Ibu loh:

1. Melanggar jadwal snack time yang telah dibuat

Menurut penelitian dari Universitas Indonesia, sebesar 59% orang tua memiliki kecenderungan untuk mengabulkan permintaan camilan atau jajan jika si Kecil menangis. 

Tentu saja hal tersebut akan membuat Ayah dan Ibu melanggar jadwal pemberian snack time. Akibatnya, si Kecil akan menggunakan cara jitu menangisnya untuk memperoleh snack dalam waktu yang lebih cepat.

2. Membiarkan si Kecil memilih camilan secara sembarangan

Masih erat kaitannya dengan kebiasaan si Kecil yang menangis, Ayah dan Ibu tidak boleh lengah. Jangan biarkan si Kecil meminta jenis camilannya secara sembarangan. Ayah dan Ibu tetap harus memilih apakah camilan tersebut bisa memenuhi asupan gizi atau justru memancing datangnya penyakit. Namun sesekali, Ayah dan Ibu juga bisa memberikan free time atau bebas pilih camilan sebagai bentuk penghargaan kepada si Kecil.

3. Tidak memperhatikan kondisi psikis si Kecil

Meskipun Ayah dan Ibu tidak boleh menuruti si Kecil sembarangan ketika menangis, tentu saja kondisi psikis si Kecil tetap harus diperhatikan. Ayah dan Ibu perlu memberikan perhatian yang lebih spesial untuk membuat si Kecil merasa nyaman. 

Pola snack time yang tidak diatur secara benar akan membuat si Kecil merasa tertekan. Si Kecil juga bisa mengalami trauma terhadap suatu jenis snack tertentu apabila dipaksa secara berlebihan.

4. Memberi contoh snack time yang tidak sehat

Kebiasaan snack time si Kecil juga bisa terpengaruh oleh kebiasaan snack time Ayah dan Ibu. Apabila Ayah dan Ibu terbiasa mengkonsumsi camilan yang tidak sehat dan dengan jadwal berantakan, maka si Kecil akan mencontoh dan melakukan protes apabila dilarang. Oleh karena itu, Ayah dan Ibu perlu menahan diri apabila memiliki keinginan snack time yang tidak sesuai jadwal.

5. Melarang tanpa menjelaskan alasan kebaikan

Dalam melarang si Kecil untuk mengonsumsi jenis camilan tertentu, Ayah dan Ibu perlu mencari tahu alasan tepat yang bisa mengedukasi si Kecil. Sehingga, si Kecil bisa memahami bahwa larangan tersebut dilakukan untuk kebaikannya. Ayah dan Ibu perlu menghindari sikap melarang yang terlalu otoriter karena hal tersebut justru akan membuat si Kecil merasa semakin penasaran dan tidak menurut. 

Demikian lah 5 hal yang perlu Ayah dan Ibu harus hindari terkait snack time untuk si Kecil. Pastikan nafsu makan si Kecil terjaga dengan asupan bergizi dan nutrisi yang tepat. Karena pertumbuhan di masa emas si Kecil harus Ayah dan Ibu perhatikan secara optimal. Yuk, jadikan waktu snack time menjadi berkualitas dan disiplin demi tumbuh kembang si Kecil.

Ayah dan Ibu juga bisa mengajarkan si Kecil mengenai banyak hal melalui aplikasi pendidikan ICANDO. Lewat ICANDO, si Kecil bisa mengasah kemampuannya baik dari aspek kognitif hingga moral dan budi pekerti dengan ribuan pilihan game pendidikan anak yang menyenangkan. Yuk, download games anak terbaik hanya di ICANDO!

Referensi:

Istadi, Irawati. (2006). Mendidik Dengan Cinta. Bekasi: Pustaka Inti.

Kantja, Irmayuli. (2015). Pengaruh Pola Makan Pada Anak Sekolah Dasar Terhadap Status Kesehatan Gigi dan Mulut: Penelitian dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Matako Kecamatan Tojo Barat, Kabupaten Tojo Una-Una. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/77623805.pdf

Safriana. (2012). Perilaku Memilih Jajanan Pada Siswa Sekolah Dasar di SDN. Garot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2012. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/77623805.pdf

Artikel Populer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Discovery Learning: Model Pembelajaran Aktif & Efektif

28 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Bikin Kreatif, 5 Kerajinan Tangan untuk Anak yang Wajib Dicoba!

21 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Permainan Anak yang Mendidik Ini Wajib Dicoba!

17 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Contoh Empati yang Harus Ditanamkan pada Anak

15 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Belajar dari Rumah Kembali Diperpanjang? Simak Tipsnya!

11 Jul 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel