Tips & Trik

Ajari Sikap Menolong Teman Kepada Anak di Rumah, Yuk!

Admin ICANDO11 Jun 2021

Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, pasti membutuhkan satu sama lain untuk membantu kebutuhannya. Sikap tolong-menolong seharusnya diajarkan sedini mungkin pada anak. Anak yang memiliki empati tinggi akan menjadi sosok yang baik di kehidupan masa depannya. 

Tolong-menolong bisa dilakukan kepada apa saja. Kepada keluarga, tetangga, hewan, bahkan yang lebih sering anak jumpai mungkin teman sebayanya. Pada dasarnya, tolong-menolong adalah simbiosis mutualisme. Jika anak menolong temannya yang sedang mengalami hal sulit, pastinya ia pun akan dibantu juga jika terjadi sesuatu. 

Menurut penelitian, mempertahankan persahabatan yang kuat dapat membantu mengatasi stres dengan lebih efektif dan membantu menurunkan peluang menghadapi beberapa jenis stres sejak awal.

Maka dari itu, menjaga hubungan baik dengan sesama manusia adalah hal yang sangat diperlukan. Di bawah ini kita akan kupas tuntas tentang menolong teman. Mulai dari arti, manfaat, sampai cara menumbuhkannya. Tentunya bertujuan agar Ayah dan Iu di rumah paham dan bisa sesegera mungkin mengajarkannya pada anak. Yuk, disimak!

Arti menolong teman

Di dunia ini siapa sih orang yang tidak punya teman? Interaksi sosial akan membuat banyaknya teman di sisi anak. Apalagi jika anak pandai bergaul, tentu kehidupan sosialnya tidak perlu diragukan lagi. 

Namun anak terkadang tidak paham, terkadang teman juga tidak selamanya baik atau bisa saja terkesan memanfaatkan. Walaupun tidak boleh memilih-milih teman, setidaknya Ayah dan Bunda harus membantu  mengawasi mana teman yang baik dan mana yang buruk. 

Kehadiran teman pastinya memberi warna tersendiri bagi anak. Hidupnya akan menjadi lebih cerah dan bersemangat. Mereka mengeksplorasi dan menghabiskan waktu bersama. Nah, tentu berteman tidak selamanya mulus, kadang ada saja hal-hal sulit yang dialami. Misalnya teman sedang kesusahan dan butuh bantuan terkait PR-nya yang sulit dimengerti, sedangkan anak kebetulan lebih paham dan bisa bantu, tekankan anak untuk menolong temannya tersebut. 

Walaupun bantuan sepele, tetapi bisa berdampak besar. Kasus lain, ketika teman lupa membawa alat tulis ke sekolah, ajarkan juga anak untuk meminjamkannya. Banyak contoh lain seperti menemani teman ketika sendirian, membelanya ketika dihina, mentraktir teman ketika tidak membawa uang. Semua itu adalah bentuk tolong-menolong pada teman yang harus bunda terapkan. 

Dalam Islam dianjurkan untuk umatnya saling tolong-menolong dalam memudahkan urusan orang lain, maka Allah akan memudahkannya pula di hari kiamat kelak. Bahkan dalam hadis pun disebutkan bahwa manusia yang paling banyak berguna bagi manusia lainnya adalah manusia yang sangat dicintai oleh Allah S.W.T.  Tidak main-main bukan ganjarannya? Dan yang harus Ayah dan Ibu ketahui, sikap tolong menolong bukanlah bawaan lahir. 

Peran orang tua sangatlah penting dalam hal ini. Ayah dan Ibu bisa bekerja sama untuk menumbuhkan sikap tersebut. Berikan pemahaman yang baik secara detail sejak dini. Seperti agaimana kata-kata yang baik menolong teman agar tidak tersinggung, action seperti apa yang harus dilakukan, memahami apa yang dirasakan orang lain, bahkan membayangkan diri si anak ada di posisi si teman-pun perlu untuk dijelaskan. 

Karena jika acuh, tidak menutup kemungkinan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang egois dan keras kepala. Tentu setiap orang tua tidak mau hal itu terjadi. Maka dari itu, jelaskan arti menolong teman itu sendiri secara lugas pada si anak ya, Ayah dan Ibu!

Manfaat menolong teman

Menolong teman akan sangat banyak memberikan manfaat. Bahkan pancasila sebagai dasar negara memberi penjelasan dalam sila keduanya yang berbunyi “kemanusiaan yang adil dan beradab.” Yang secara tersirat artinya memanusiakan manusia lainnya adalah sesuatu yang beradab dan dianjurkan. Berikut ini adalah manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari :

1. Mempererat tali persaudaraan

Manfaat menolong teman yang paling utama adalah mempererat tali persaudaraan. Jika temannya mengalami suatu masalah dan si anak menolong, tentu itu adalah suatu hal yang tidak akan dilupakan oleh temannya. 

Empati yang diberikan akan memberi dampak baik bagi kehidupan selanjutnya. Tali persaudaraan diantara mereka akan semakin erat. Hubungan sosial pun akan semakin terjaga dengan baik. Sehingga vibe positif akan ada di persahabatan mereka.

2. Melatih kepekaan

Tahukah Ayah dan Ibu jika sering menolong teman otomatis kepekaan si anak akan terlatih dengan sendirinya? Ketika melihat teman tidak seperti biasanya anak akan peka dan bertanya ada masalah apa. Tentu itu adalah hal baik. 

Tidak hanya dalam lingkup teman saja, anak akan lebih mudah peka terhadap lingkungan sekitarnya. Ia akan berani bertindak ketika manusia lainnya butuh bantuan. Dengan sikap terpuji, interaksi sosial dengan manusia lain akan semakin berkembang secara baik.

3. Membuat bahagia

Ketika anak menolong temannya, akan ada muncul rasa bahagia bisa membantu sesama. Akan muncul rasa bahwa ia berguna bagi orang lain. Tentu perasaan bahagia itu akan membuat sisi positif dalam dirinya. 

Biasanya anak-anak sudah diatur dan semaunya sendiri bukan? Dan  jika ia mengalami perasaan bahagia tentu membuat mood baik, dan Ayah dan Ibu sebagai orang tua akan bahagia juga tentunya.

4. Menurunkan tingkat stress

Kata siapa stress hanya terjadi pada orang dewasa saja? Jangan salah ya Ayah dan Ibu, stress pun bisa terjadi pada anak. Entah karena masalah dirumah seperti orang tua sering bertengkar, ataupun masalah di sekolah seperti pr yang banyak. Anak – anak tidak akan bisa untuk mengontrol tubuh dan pikirannya sendiri, jadilah mereka stress dan sering marah – marah. 

Maka dari itu, pengalihan stress salah satunya bisa dengan menolong teman. Selain tidak ada waktu untuk overthinking, anak juga akan merasa bahwa dari banyaknya masalah yang ia alami, ia masih bisa membantu orang lain. Dan akhirnya ia akan lebih menghargai hidup dan dewasa dengan sendirinya.

5. Memperpanjang usia

Manfaat menolong teman yang terakhir adalah memperpanjang usia. Mungkin terdengarnya hal mustahil. Tapi dari beberapa penelitian, menemukan bahwa anak yang sering membantu sesama memiliki umur yang panjang. Mungkin jika disangkut-pautkan dengan medis menjadi hal wajar. Karena perasaan setelah menolong tersebut akan memberikan efek baik, sehingga akan terhindar dari beberapa penyakit. 

Cara menumbuhkan rasa tolong menolong

Empati atau menumbuhkan sikap peduli pada orang lain sejatinya perlu dilatih oleh orang tua, misal yang paling sederhana adalah menolong teman. Bagaimana melatih agar empati itu muncul? Di bawah ini uraiannya :

  1. Tekankan anak untuk selalu menjadi pendengar yang baik.
  2. Biarkan anak untuk menganalisis bagaimana menempatkan diri sendiri di posisi tersebut.
  3. Jelaskan sudut pandang jika anak suatu saat berada di posisi teman yang membutuhkan bantuan, tentunya ia juga ingin ditolong orang lain.
  4. Biarkan anak untuk berteman dengan latar belakang apapun. Jangan terlalu mengekang anak di rumah.
  5. Jelaskan pada anak untuk selalu memperhatikan bentuk komunikasi non verbal pada orang lain.

Itulah penjelasan mengenai menolong teman yang harus Ayah dan Ibu ketahui. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Ayah, Ibu, dan si Kecil, ya!

Tolong-menolong merupakan perilaku yang perlu diterapkan si Kecil, begitu dengan perilaku-perilaku baik lainnya. Lewat ICANDO, si Kecil bisa belajar tentang perilaku baik dan berbagai macam hal lainnya lewat game interaktif untuk anak. Yuk, download aplikasi pendidikan anak usia dini ICANDO!

Referensi :

Liputan6.com (Writer), (2018, August, 21). Intip Cara Membantu Teman yang Kesusahan agar Tepat Sasaran. Retrieved February, 2021 from; https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3619854/intip-cara-membantu-teman-yang-kesusahan-agar-tepat-sasaran 

Wecare.id (Writer), (2020, November 14). 5 Manfaat Tolong Menolong Untuk Kesehatan. Retrieved February, 2021 from; https://blog.wecare.id/2020/11/manfaat-tolong-menolong/ 

Jevi Nugraha (Writer(, (2020, December 15). Mengenal Apa Itu Empati Beserta Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari.  Retrieved February, 2021 from; https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-apa-itu-empati-beserta-manfaatnya-untuk-kehidupan-sehari-hari-kln.html 

Artikel Lainnya

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 2 Tahun

14 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Mari Mengenal Seni Melipat Kertas (Origami) Bersama si Kecil!

13 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pererat Hubungan Keluarga dengan 5 Ide Kerjasama di Rumah Ini

12 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Ajari Sikap Menolong Teman Kepada Anak di Rumah, Yuk!

11 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel