Parenting

Gambar 4 Sehat 5 Sempurna dan Penjelasannya, Yuk Kenalkan ke si Kecil!

Admin ICANDO05 May 2021
gambar 4 sehat 5 sempurna

4 sehat 5 sempurna merupakan tagline dari sebuah kampanye yang digalakkan oleh pemerintah kepada para orang tua di Indonesia. Tujuannya sederhana, yaitu agar nutrisi masyarakat  terpenuhi dengan baik, sehingga terwujud manusia Indonesia yang sehat dan kuat.

Tagline 4 sehat 5 sempurna ini telah diperkenalkan oleh Ayah dan Ibu sejak si Kecil masih balita. Kemudian, si Kecil akan diingatkan lagi oleh Bunda dan Yanda Guru di sekolah mengingat pentingnya makan makanan bernutrisi yang lengkap dengan panduan 4 sehat 5 sempurna.

Pengertian 4 Sehat 5 Sempurna

4 sehat 5 sempurna didefinisikan sebagai makanan sehat yang mengandung makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur dan buah serta ditutup oleh susu sebagai penyempurnanya. Dengan makan makanan selengkap ini, maka kebutuhan nutrisi tubuh terjamin. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. 

Tagline ini dikampanyekan sejak tahun 1950 oleh pemerintah Indonesia. Supaya masuk dan mudah dicerna oleh masyarakat, maka pemerintah mengkampanyekannya secara visual. Dibuatlah gambar yang mampu memvisualisasikan wujud makanan 4 sehat 5 sempurna.  

Gambar 4 Sehat 5 Sempurna dan Penjelasannya

Gambar 4 sehat 5 sempurna divisualisasikan dalam sebuah piring yang di atasnya terdapat nasi, sayuran, ikan, daging, dan buah, yang di samping piringnya terdapat segelas susu. Kurang lebih itulah gambaran 4 sehat 5 sempurna.

Namun sejatinya, makanan 4 sehat 5 sempurna tidak hanya sebatas pada nasi-sayuran-ikan-buah-susu. Nasi juga bisa diganti dengan ubi yang memiliki karbohidrat tinggi, ikan bisa diganti dengan udang yang berprotein tinggi, dan sebagainya.

Menu makanan 4 sehat 5 sempurna dapat dikombinasikan oleh Ayah dan Ibu sesuai selera, asalkan tetap memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh si kecil. Dalam menetapkan menu makanan bernutrisi, maka Ayah dan Ibu harus benar-benar tahu tentang kandungan nutrisi dari unsur-unsur makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Hal ini bertujuan agar Ayah dan Ibu tidak salah langkah dalam mengganti menu makanan si Kecil bila ingin makanan yang bervariasi. Maka dari itu, perlu diketahui penjelasan masing-masing gambar 4 sehat 5 sempurna secara detail dan terperinci.

1. Makanan Pokok

Makanan pokok merupakan sumber energi yang paling dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Menjadi sumber energi bagi si Kecil yang sedang aktif berlarian ke sana kemari untuk mengeksplorasi dunianya. Maka dari itu, Ayah dan Ibu harus menyiapkan makanan pokok untuk si Kecil supaya tetap aktif bergerak dan lincah seharian.

Sumber energi makanan pokok didapatkan dari karbohidrat. Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, jagung, mie, umbi-umbian, gandum serta oat. Ibu dan Ayah dapat mengganti menu makanan pokok si Kecil supaya bervariasi. Nasinya pun boleh diganti nasi merah, nasi jagung, dan sebagainya. Mengenalkan berbagai jenis makanan sedari dini juga bagus untuk pertumbuhan si kecil.

2. Lauk Pauk

Lauk pauk mewakili golongan makanan yang mengandung protein tinggi. Protein berguna untuk tumbuh kembang si Kecil, memperkuat sistem imun dan kekebalan tubuh si Kecil serta membangun dan memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Protein dibedakan menjadi protein hewani dan protein nabati. Protein hewani merupakan sumber protein yang berasal dari hewan seperti ikan, ayam, kambing, sapi, bebek, seafood, dan lainnya. Sedangkan protein nabati bersumber dari kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe dan telur.

Untuk si Kecil, alangkah lebih baik bila selalu disediakan protein hewani. Hal ini dikarenakan di dalam protein hewani terdapat asam amino lengkap yang bermanfaat untuk tahap pertumbuhan si Kecil. Salah satu protein hewani yang paling kaya akan protein adalah ikan. 

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mendukung perkembangan otak si Kecil. Selain itu, ikan juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh si Kecil. Misalnya, vitamin B kompleks, vitamin D, magnesium, kalsium, dan lainnya. Jadi jangan lewatkan protein untuk si Kecil yang sedang dalam tahap pertumbuhan.

Selain ikan, sumber protein juga dapat diwakili oleh tahu dan tempe. Tahu dan tempe merupakan makanan khas Indonesia yang selalu ada di tukang sayur. Harga yang merakyat menjadikan tahu dan tempe sebagai lauk pauk favorit orang Indonesia.

3. Sayur Mayur

Sayur mayur merupakan bagian dari 4 sehat 5 sempurna yang krusial. Sayuran mengandung berbagai jenis vitamin, mineral dan antioksidan. Kandungan serat dalam sayur berguna untuk melancarkan pencernaan. Antioksidan dalam sayuran bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Seringkali sayuran menjadi makanan yang paling tidak disukai oleh si Kecil. Namun, Ayah dan Ibu tidak boleh membiarkannya berlarut-larut karena sayuran memiliki nutrisi yang penting bagi si Kecil. Maka dari itu, Ayah dan Ibu dapat menyiasatinya dengan mengganti jenis sayuran.

Berbagai jenis sayuran yang dapat diperkenalkan kepada si kecil antara lain bayam, wortel, kangkung, sawi, brokoli, daun pepaya, dan sebagainya. Ayah dan Ibu dapat mengemas sayur mayur menjadi sop bening, cah kangkung, dan sebagainya. Selain itu, Ayah dan Ibu dapat mengkombinasikan sayuran dengan ikan atau daging ayam supaya semakin memikat si Kecil untuk makan sayur.

4. Buah-Buahan

Buah-buahan merupakan sumber mineral, vitamin dan serat yang paling disukai si Kecil. Karena rasanya yang manis, tidak mengherankan bila si Kecil mau memakannya hingga habis. Ayah dan Ibu dapat menyajikan buah-buahan dalam bekal si Kecil saat hendak berangkat sekolah. Buah juga dapat menjadi camilan sehat yang mengenyangkan dan kaya akan vitamin.

Beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi si Kecil antara lain jeruk, apel, manggis, sirsak, anggur, buah naga, kelengkeng, alpukat, buah pir, jambu, kiwi dan sebagainya. Ayah dan Ibu dapat memberikan wawasan kepada si Kecil mengenai manfaat buah supaya si Kecil semakin suka mengonsumsi buah. 

Sebaiknya diperkenalkan juga bahwa buah dapat dijadikan camilan yang sehat, jadi si Kecil bisa menghindari makanan ringan seperti ciki-ciki yang mengandung bahan pengawet buatan dan pemanis buatan. Dengan mengerti pentingnya buah sebagai camilan sehat sejak dini, maka si Kecil dapat bertindak lebih cerdas untuk memenuhi asupan hariannya.

5. Susu

Susu dijadikan penutup setelah sarapan pagi, menjadi penyempurna setelah si Kecil usai menghabiskan santap makannya. Susu dijuluki sebagai penyempurna karena mengandung protein, energi, kalsium serta berbagai zat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Umumnya, si Kecil diberikan susu sapi. Susu sapi kaya akan kalsium dan protein. Varian rasa-rasa juga dapat menambah kelezatan susu sehingga meningkatkan nafsu makan si Kecil. Selain susu sapi, si Kecil juga bisa diberi susu kambing dan susu kedelai. Susu kedelai cocok untuk si Kecil yang alergi susu sapi dan susu kambing. Meminum susu segelas setiap hari dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil sepanjang hari.

Itulah penjelasan lengkap mengenai 4 sehat 5 sempurna. Terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan dilengkapi dengan susu. Sebagai orang tua, Ayah dan Ibu sebaiknya memenuhi kebutuhan si Kecil dengan memberikannya makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ayah dan Ibu juga bisa lho mengenalkan tentang makanan 4 sehat 5 sempurna melalui aplikasi ICANDO. Wow, bagaimana caranya? Mudah saja, Ayah dan Ibu tinggal mencari ICANDO di playstore dan install aplikasinya. Lewat aplikasi ini, si Kecil dapat menemukan ribuan game edukasi seru, salah satunya game mengenali kelompok-kelompok makanan sehat dan bernutrisi. Yuk, download ICANDO sekarang!

Artikel Populer

Sains Seru: Coba 5 Eksperimen Sederhana Ini Bersama si Kecil

22 Apr 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Judul Album Foto Anak Kekinian dan Cara Membuat Album Foto Sendiri

12 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

8 Manfaat Permainan Petak Umpet untuk Anak

19 Jun 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Pengertian, Jenis, dan Contoh Cerita Fabel untuk si Kecil

02 May 2021

Admin ICANDO

Lihat Artikel

Artikel Terkini

Extensive Reading: Cara Mudah Anak Kuasai Bahasa Asing

26 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Discovery Learning dan Inquiry-Based Learning: Apa Perbedaannya?

22 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

Strategi Jitu Anak Belajar Mengeja dan Mengenal Huruf

06 Oct 2021

Nadhira Ryana

Lihat Artikel

4 Faktor Kunci Pembelajaran Online yang Efektif

22 Sep 2021

Devi Harvens

Lihat Artikel